• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Negara Dengan Banyak Senja Tanpa Malam atau Sebaliknya, Bagaimana Puasanya?

machinAvatar border
TS
machin
Negara Dengan Banyak Senja Tanpa Malam atau Sebaliknya, Bagaimana Puasanya?

Ilustrasi Midnight Sun | Sumber

Apakah ada yang pernah mengira kalau di belahan bumi kita ada tempat yang memiliki waktu malam dan siang yang unik? Uniknya bagaimana? Uniknya adalah waktu malam bisa mencapai 20 jam dan bahkan 24 jam. Begitu juga dengan waktu siangnya, bisa mencapai 20 jam bahkan 24 jam penuh tanpa ada gelap sama sekali. Dalam artian, matahari tidak tenggelam seperti yang biasa kita nikmati di Indonesia.


Ilustrasi terjadinya 'Midnight Sun' | YouTube

Fenomena siang yang lebih lama daripada malam itu disebut 'Midnight Sun'. Sedangkan fenomena malam yan glebih lama dripada siang disebut dengan 'Polar Night'.


Ilustrasi terjadinya 'Polar Night' | YouTube

Fenomena ini jelas bukan suatu masalah jika dialami oleh penduduk sekitar sana yang sudah terbiasa. Namun, akan jadi masalah jika penduduk sana namun memeluk agama Islam. Sebenarnya bukan masalah sih, namun hanya perlu melihat sudut pandang yang baru saja.

Kebanyakan pemeluk agama Islam yang tinggal di sana adalah imigran dari Somalia, Irak, dan Pakistan. Mereka cukup kaget karena kondisi geografi di sana benar-benar berbeda dengan di negara asal mereka. Mereka menemui tempat yang sama sekali tidak sama dengan negara asal mereka. 


Peta negara di daerah Lingkaran Arktik | Sumber

Namun, mereka menggunakan cara dengan mengikuti waktu buka dan sahur di negara Islam terdekat. Atau, kalau tidak, mereka mengikuti waktu buka dan sahur Mekah. Namun, ada juga yang melakukan puasa mengikuti waktu terbit dan terbenamnya matahari di sana. Itu khusus bagi mereka yang memiliki kondisi tubuh yang sangat kuat. Kalau tidak, lebih baik menggunakan waktu opsi pertama dan kedua.


Ilustrasi terjadinya 'Midnight Sun' | YouTube

Namun, berbeda dengan Ramadhan tahun 2030 sampai 2031. Ada kemungkinan pada tahun-tahun ini, Ramadhan di sana akan dilaksanakan pada saat Polar Night. Artinya, Ramadhan akan dilaksanakan dengan kondisi hari-hari tanpa matahari.


Polar Night | Google Images

Tak lengkap rasanya kalau hanya membahas bagaimana penduduk di sana menentukan waktu buka dan sahur saat berpuasa. Aku akan menunjukkan beberapa lokasi yang bisa dijadikan tujuan untuk menikmati dua fenomena alam yang unik ini, agan aganwati. Siapa tahu ada crazy rich kaskuser yang mau mengunjungi tempat ini. Kalau aku sendiri, masih terbiasa berimajinasi online aja. Belum ada uang untuk bisa mengunjungi tempat-tempat mewah seperti ini. Berikut ini beberapa tempat yang ada di negara-negara di sekitar Lingkaran Arktik.

Berdasar rekomendasi National Geographic, ada sembilan tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat dan merasakan sensasi Midnight Sun.

Reykjavik, Islandia


Pemandangan Midnight Sun di Reykjavik | Sumber

Selama musim dingin, kota ini akan mengalami fenomena Midnight Sunpada tanggal 16 - 29 Juli. Di kota ini bisa menikmati sensasi berendam di Blue Lagoon saat malam hari ditemani sinar matahari. Di lokasi yang dingin berendam di dalam kolam air hangat, akan menjadi pilihan yang sangat tepat menikmati Midnight Sun.

Konten Sensitif

Blue Lagoon | Sumber

Atau, bisa juga merencanakan pendakian malam hari ke Air Terjun Öxarárfoss di Taman Nasional Thingvellir, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.


Oxararfodd Waterfall | Sumber

Fairbanks, Alaska. Di kota ini terjadi Midnight Sun pada tanggal 17 Mei - 27 Juli. Pada tanggal-tanggal ini intensitas cahaya matahari sangat terang di malam hari. Di kota ini matahari tampak berjalan secara horizontal di permukaan Bumi. Karena itu, kota ini dikenal dengan sebutan ‘The Land of the Midnight Sun’.


Midnight Sun | Sumber

Foto tersebut bukanlah foto penampakan banyak matahari, namun foto tersebut adalah lintasan matahari yang terlihat saat terjadi Midnight Sun.


Fairbanks Alaska Midnight Sun| Sumber

Abisko, Sweden. Matahari menyinari kota ini selama 24 jam penuh pada saat bulan-bulan musim panas. Yaitu antara akhir Juni dan pertengahan Juli. Di kota ini, Ma Bos bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari Aurora Borealis di Aurora Sky Station.


Abisko, Swedia, Midnight Sun| Sumber

Longyerabyen, Svalbard, Norwegia. Tempat terbaik di Norwegia untuk menikmati sinar matahari adalah Longyearbyen di kepulauan Svalbard. Di kota ini matahari tidak terbenam selama empat bulan. Matahari terbenam di antara pertengahan April dan pertengahan Juli.


Longyearbyen, Norwegia. Midnight Sun| Sumber

Whitehorse, Yukon, Kanada. Diantara akhir Mei dan awal Juli, Ma Bos bisa menikmati fenomena Midnight Sun.


Whitehorse, Yukon, Kanada, Midnight Sun| Sumber

Helsinki & Beyond, Finland.  Pada bulan Mei, Juni, dan Juli, di kota ini mengalami sekitar 19 jam siang hari.


Helsinki, Finlandia| Sumber

Menikmati pemandangan bangunan kota di Finlandia di malam hari dengan sinar matahari yang masih ada.



Nuuk, Greenland. Midnight Sun di kota ini terjadi pada tanggal 17 - 29 Juni. Ma Bos bisa menikmati suasana Midnight Sun sambil melihat ikan paus dan gletser.


Nuuk, Greenland, Midnight Sun| Sumber

St. Petersburg, Rusia. Jika di beberapa tempat hanya menikmati fenomena ini dengan cara sederhana, berbeda dengan penduduk kota St. Petersburg. Mereka menikmati Midnight Sundengan menggelar festival seni tahunan selama minggu-minggu sekitar titik balik matahari di bulan Juni. 


St. Petersburg, Midnight Sun | Sumber

Midnight Sun di kota ini terjadi diantara awal Juni dan awal Juli. Namun, tidak ada waktu yang lebih baik untuk berkunjung selain White Night Festival, serangkaian konser yang diadakan pada tanggal 11 hingga 13 Juli.


St. Petersburg, Midnight Sun Sumber

Faroe Island, Denmark.  Kepulauan Faroe memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan kota-kota yang indah. Dan keindahan itu bisa dinikmati lebih lama saat Midnight Sun. Midnight Sun terjadi di antara awal Juni dan pertengahan Juli.


Faroe Island, Denmark. Midnight Sun | National Geographic

Itulah beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati Midnight Sun, agan aganwati. Jangan ke sana kalau sedang Polar Night. Adanya malah suram mulu suasananya. Para penduduk di sana kalau Polar Night akan sering istirahat daripada beraktivitas. Bahkan efeknya seringkali bikin mereka depresi. Karena suasananya gelap mulu. Namun berbeda dengan kondisi Midnight Sun. Suasanya jadi ceria selalu gitu.

--

Terimakasih sudah membaca trit sederhanaku ini

Semoga bisa ada kesempatan mengunjunginya.

Sehat & bahagia selalu buat pembaca.

Sumber 1,2,3,4,5,6,7

alifrian.
bromocool
evywahyuni
evywahyuni dan 22 lainnya memberi reputasi
23
6.2K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.