• Beranda
  • ...
  • Movies
  • Perbedaan The Batman vs Batman Begins, Mana yang Lebih Baik?

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Perbedaan The Batman vs Batman Begins, Mana yang Lebih Baik?

The Batman yang dirilis pada bulan Maret 2022 yang lalu mendapatkan pujian di sana-sini, mendapatkan apresasi dari para penggemar ataupun para kritikus. Matt Reeves selaku sutradara memang menjadikan Batman dalam film ini ke dalam level yang berbeda. The Batman yang temponya lambat lebih menekankan Batman sebagai detektif yang memecahkan suatu kasus yang disebabkan oleh orang yang sakit di Kota Gotham.

Kesuksesan The Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson ini tak ayal dibanding-bandingkan dengan film pertama triloginya Nolan yaitu Batman Begins yang dirilis pada 2005 yang lalu. Sama-sama film pertama, The Batman dan Batman Begins memang berbeda nuansanya walaupun sama-sama sukses. Menariknya, keduanya punya penilaian masing-masing dari fans sehingga terjadi perdebatan yang mana yang paling unggul.

Batman Begins


Batman Begins yang dibintangi oleh Christian Bale menceritakan asal-usul kisah Bruce Wayne menjadi Batman secara detil. Mulai dari kecil, melihat pembunuhan kedua orang tuanya, mengembara menjadi orang miskin, sampai berguru ke Ra's Al Ghul agar dapat menghilangkan trumanya dan menemukan cara bagaimana memperbaiki Gotham. Dalam film ini Bruce Wayne menyamarkan dirinya sebagai konglomerat kaya raya yang playboy dan ketika malam hari beraksi sebagai Batman.

Hampir separuh film, Batman Begins menyoroti karakter Bruce Wayne dan separuhnya lagi adalah keadaan Kota Gotham yang dikuasai para mafia. Di sini saat Batman beraksi dia menemukan bahaya yang sebenarnya.

Karakter Ra's Al Ghul yang diperankan oleh Liam Neeson adalah sosok villain yang motivasinya mirip dengan The Riddler. Bedanya, Ra's sangat banyak pengikutnya dan misinya to the point yaitu pembersihan Gotham City secara menyeluruh karena menurutnya Gotham sudah sangat rusak dan tak bisa diperbaiki.

Inti dalam film ini adalah tujuan Bruce Wayne melawan rasa takutnya dan misi seorang Ra's Al Ghul yang ingin menghabisi Kota Gotham yang terlanjur korup parah.

Meskipun ceritanya agak sedikit berat, namun Batman Begins tetap menyuguhkan beragam adegan aksi namun minim CGI.

The Batman

Mari kita bahas perbedaannya dengan The Batman. Film yang nyaris berdurasi 3 jam ini memiliki pendekatan berbeda jika dibandingkan dengan Batman Begins. Cerita langsung melompat ke Batman yang sudah bekerja di tahun keduanya di Gotham. Sosok karakter Bruce Wayne tidak terlalu disorot, mungkin karena penonton sudah hafal bagaimana origin Batman dan tak perlu mengulanginya lagi. Kita sudah disuguhkan adegan pembunuhan Thomas dan Martha Wayne dalam Batman (1989), Batman Begins (2005), Batman v Superman (2016), dan Joker (2019) dan rasanya memang akan sangat reptitif kalau diperlihatkan lagi.

Temponya jelas lebih lambat dibandingkan dengan Batman Begins karena The Batman ini lebih ke arah film detektif. Karakter Bruce Wayne-nya Robert Pattinson terlihat lebih dingin dari Christian Bale.

The Riddler jelas memberikan keunikan dan keunggulan jika dibandingkan dengan Ra's Al Ghul yang merupakan pimpinan ormas gelap terbesar di dunia. The Riddler jauh lebih membumi, realistis, dan relate dengan jaman sekarang. Seseorang yang tersisih dan menderita akibat sistem sosial yang korup dan rusak. The Riddler adalah tipikal orang sudah kacau dan tak percaya lagi dengan hukum sehingga beraksi sendiri untuk membantai orang-orang menurutnya sudah kotor.

Di sisi lain, Batman yang sedang mencari jatidiri justru sadar akan kehadirannya yang tak mendapatkan kepercayaan dan di akhir film menjadi sebuah simbol harapan. Batman sadar jika balas dendam bukanlah hal yang dibenarkan. Sementara Batman versi Nolan, sudah sadar akan hal itu sebelum dia menjadi Batman (ingat adegan saat Joe Chil, pembunuh orang tuanya dibunuh oleh anak buah Falcone).

Intinya, walaupun berbeda, The Batman dan Batman Begins sebenarnya mempunyai benang merah yang sama. Yaitu betapa kotornya Gotham dan bagaimana cara pandang Batman dan musuhnya untuk memperbaiki Gotham.

Di akhir film, The Riddler memiliki rencana yang hampir sama dengan Ra's Al Ghul dalam Batman Begins yaitu "pembersihan". Bedanya, para pengikut Riddler memang tak sebanyak dan tak secanggih Ra's Al Ghul. Namun di situlah letak menariknya.

Nah, gan. Gimana menurut agan? Kalau menurut ane sih sangat sulit membandingkan keduanya dan menilai mana yang lebih baik juga sama sulitnya.

Referensi
jlamp
zeenanju18
opicke
opicke dan 4 lainnya memberi reputasi
5
5.4K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.