• Beranda
  • ...
  • Android
  • 4 Cara Instan Buat Upgrade Skill Fotografimu dengan Kamera Smartphone

jakartadogdownAvatar border
TS
OWNER
jakartadogdown
4 Cara Instan Buat Upgrade Skill Fotografimu dengan Kamera Smartphone


Persaingan produk teknologi yang semakin ketat tiap harinya mampu melahirkan berbagai inovasi baru dalam gadget terkini. Namun hanya gadget berkualitas dan terbaik yang akan memberikan hasil maksimal terhadap penggunanya.

Seperti OPPO yang belum lama ini merilis lini smartphone terbaru yaitu OPPO Reno7 Series 5G. Smartphone ini hadir dengan fitur-fitur canggih yang terletak pada sektor kameranya yang mampu menciptakan foto dan video berkualitas profesional. Di antaranya adalah teknologi berbasis Artificial Intelligence atau AI.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna tidak akan dipusingkan dengan pengaturan kamera secara manual, sebab AI bisa secara otomatis memahami pengaturan pemrosesan gambar untuk menghasilkan kualitas visual yang maksimal.

Apalagi, saat ini skill fotografi begitu diminati, terlebih di zaman digital yang memudahkan orang untuk mengunggah foto lewat media sosial. Momen berharga yang tertangkap kamera dalam sudut yang sempurna akan menjadi media yang tepat untuk berbagi cerita. 

Maka dari itu, saat ini banyak orang yang ingin meningkatkan skill fotografi yang mereka miliki. Sebab jika ditekuni, skill ini dapat menjadi prospek kerja yang cukup menjanjikan. Untuk meningkatkan skill fotografi menggunakan smartphone, kalian bisa menerapkan 4 cara efektif di bawah ini.

1. Membuat perencanaan yang matang

Seorang fotografer profesional biasanya memiliki peralatan-peralatan canggih dan cara khusus agar potret yang dihasilkannya memukau. Peralatan fotografi, seperti kamera DSLR, lensa khusus 35-50mm, tripod, reflektor, dan lightning. Namun, untuk mobile photography, peralatan yang diperlukan yaitu hanya perangkat smartphone saja.

Meski terkesan mudah dan gampang karena menggunakan perangkat yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terkini, untuk pengambilan foto menggunakan smartphone tetap punya tantangan tersendiri.



Kalian perlu menyiapkan perencanaan secara matang. Sebagai langkah awal, siapkan konsep foto yang akan diambil. Kalian bisa mencari inspirasi lewat media sosial. Dengan melihat berbagai unggahan kreatif, kalian bisa menentukan konsep foto terbaik untuk ditampilkan. 

2. Pahami teknis dasar fotografi

Untuk menghasilkan foto berkualitas, kalian harus memahami hal-hal teknis terkait komposisi foto. Salah satunya adalah pencahayaan (lighting) yang menjadi salah satu kebutuhan penting dalam fotografi serta dapat mengubah nuansa sebuah foto. 

Sumber cahaya untuk fotografi terbaik tidak selalu datang dari lampu tambahan atau blitz. Kalian bisa mencari sumber cahaya dari sinar matahari, waktu terbaik adalah saat pagi dan sore hari.

Terlebih jika menggunakan smartphone, kalian akan lebih bebas mencari sumber cahaya dibandingkan memotret objek di dalam ruangan yang sudah dikondisikan dengan blitz dan relfektor.

Kalian juga perlu memperhatikan arah cahaya sebelum memotret. Hal ini akan memengaruhi gambar yang dihasilkan. Sebagai contoh, ketika terhalang sumber cahaya, obyek foto menjadi gelap atau yang lebih dikenal dengan istilah siluet.

Selain itu, kalian perlu mengetahui angle-angle apa yang pas dalam memotret suatu objek. Sebab angle atau sudut pandang sangat menentukan kesan. 

3. Rajin berlatih

Memotret dengan kamera smartphone memang tidak serumit menggunakan kamera profesional, yakni DSLR. Salah satu hal penting yang perlu dilatih adalah kestabilan tangan ketika menggenggam smartphone.

Jika tangan kalian bergetar atau bergoyang, foto yang dihasilkan cenderung blur atau tidak jelas. Hal ini memang bisa disiasati dengan menggunakan tripod. Namun, sebagai mobile photographer, momen-momen terbaik kerap terjadi secara spontan. 

Ketika momen ini tiba, kalian mungkin tidak selalu membawa tripod. Tanpa kemampuan menggenggam smartphone secara stabil, kalian bisa saja melewati momen tersebut. Selain berlatih, memotret dengan smartphone juga akan memudahkan kalian membuat konten lebih cepat.

Kalian tidak perlu memindahkan foto dari penyimpanan kamera ke komputer atau smartphone, kalian bisa langsung mengunggahnya ke media sosial. 

4 .Kenali kemampuan kamera smartphone

Kemampuan kamera pada smartphone menjadi kunci dalam menghasilkan foto yang berkualitas. Oleh sebab itu, kalian harus memahami kemampuan kamera dan fitur-fitur unggulan smartphone tersebut. 

Sebagai contoh, kamera pada OPPO  Reno7 Series 5G. Kamera ini memiliki mode Portrait yang dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran bukaan lensa (aperture) mulai dari F/0,95 hingga F/16. 



Hadirnya lensa bukaan besar ini juga membuat pengguna bisa menghasilkan karya visual dengan efek bokeh flare layaknya profesional hanya dengan menggunakan sebuah smartphone.

Fitur Bokeh Flare Portrait yang tertanam juga bisa dioptimalkan untuk kamu penyuka foto estetik. Kombinasi fitur ini dengan lensa beresolusi tinggi akan menghasilkan kualitas foto dan video yang nggak kalah dengan kamera profesional seharga puluhan juta. 

Bokeh Flare Portrait juga sangat efektif dalam menghadirkan efek bokeh layaknya diproduksi menggunakan kamera profesional pada sebuah perangkat smartphone.

Pada OPPO Reno7 dari lini OPPO Reno7 Series 5G juga punya fitur unggulan yaitu kamera Microlens yang biasanya hanya disematkan pada smartphone flagship kelas atas. 

Fitur Microlens yang dihadirkan di OPPO Reno7memungkinkan penggunanya dapat merekam dunia mikroskopis yang tak terlihat untuk mengambil foto menggunakan perbesaran 15x atau 30x. 



Selain itu, hadirnya sensor IMX 709 hasil kolaborasi OPPO dengan Sony juga turut menunjang kebutuhan mobile photography. Sensor tersebut mampu membantu mengurangi noise hingga 35 persen. Dengan begitu, kamera dapat memberikan gambar yang lebih jelas dan cerah pada kondisi minim pencahayaan.

Tak hanya berbekal kamera yang mumpuni, kamu juga perlu meningkatkan kemampuan dan teknik mengambil foto dan video dengan menggunakan smartphone, OPPO saat ini telah meluncurkan OPPO Reno AcademyPhoto Competition 2022 yang berlangsung hingga 8 Mei 2022 dengan tema #EverybodyIsAPortrait sebagai bagian dari program global OPPO untuk para generasi muda kreatif.



Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan karya seni unik dengan mengangkat berbagai genre fotografi seperti fashion, editorial, beauty, produk, hingga human interest. Proses penjurian nantinya akan dilakukan oleh beberapa fotografer ternama seperti Anton Ismael, Sharon Angelia, serta Hilarius Jason.

Para pemenang akan berkesempatan mendapatkan masing-masing satu unit OPPO Reno7 Series 5Gdan kelas intensif OPPO Reno Portrait Class bersama Kelas Pagi Jakarta untuk memperdalam karya fotografinya serta menjadi bagian dari pameran dan event OPPO secara offline dan online. 



Bagi kalian yang ingin berbagi karya seni portrait dan ikut meramaikan challenge ini caranya mudah sekali :

Spoiler for RenoAcademy:


Dibekali spesifikasi premium


Bukan hanya dari segi kamera,OPPO Reno7 Series 5G juga dibekali dengan spesifikasi mumpuni untuk multitasking sehari-hari. OPPO Reno7 5G dimotori oleh Mediatek Dimensity 900 serta OPPO Reno7 Z 5G yang mengusung prosesor Snapdragon® 695 5G.

Dengan spesifikasi mumpuni ini, maka sudah jelas bahwa OPPO Reno7 Series 5G adalah smartphone yang wajib dimiliki tahun ini. Terlebih, dukungan 5G yang telah tertanam juga membuat smartphone ini sudah kompatibel dengan operator telekomunikasi penyelengara jaringan 5G di Indonesia terutama pada dukungan band N1, N3 dan N40.

Untuk urusan kapasitas penyimpanan, OPPO Reno7 5G didukung RAM 8GB dengan teknologi ekspansi hingga 5GB dan penyimpanan internal 256GB. Sementara itu, OPPO Reno7 Z 5G juga membawa RAM 8GB dengan opsi ekspansi hingga 5GB dan juga penyimpanan Internal 128GB.

OPPO juga membekali Reno7 5G dengan baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC, yang membuat perangkat dapat diisi daya hingga 100% dalam waktu sekitar 31 menit. 

Tak hanya itu, OPPO Reno7 Z 5G juga dilengkapi baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOC sehingga perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit.


Jadi sudah tahu kan seberapa canggihnya OPPO Reno7 Series 5G? Dapakan OPPO Reno7 5G sekarang juga yang dibanderol seharga Rp7,499 juta, serta Reno7 Z 5G yang bisa didapatkan seharga Rp5,999 juta. Dapatkan pula paket bundling eksklusif dari Telkomsel di setiap pembeliannya ya!

Diubah oleh jakartadogdown 14-04-2022 07:15
rubah007
mamduh1985
gunturmustanir
gunturmustanir dan 24 lainnya memberi reputasi
7
8.9K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
AndroidKASKUS Official
29.4KThread12.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.