skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Sri Mulyani Anggap Utang Rp7.000 Triliun Masih Aman


PIKIRAN RAKYAT – Pengamat politik, Rocky Gerung ikut memberikan tanggapan terkait utang negara yang kini sudah mencapai Rp7.014,58 triliun, serta pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang dia anggap selalu berkilah dan menyebut angka itu masih aman untuk Indonesia.

Selain itu, Rocky Gerung menyebut Sri Mulyani tidak mau Indonesia dibandingkan dengan Sri Lanka yang bangkrut akibat utang.
Menurutnya, di atas kertas memang utang Indonesia saat ini tidak membahayakan dan wajar dianggap aman.

"Ibu Sri Mulyani tentu agregat makronya dikumpulkan, lalu dibagi dengan PDB kita, dan lalu dianggap ‘oke ini belum membahayakan’. Ya memang di atas kertas tidak membahayakan, tetapi mikro problem di rakyat itu, yakni daya beli, ukuran-ukuran kekayaan, disparitas, nggak bisa terbaca di dalam statistik," ujar Rocky Gerung, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Senin, 18 April 2022.

Menurutnya, mungkin saja statistik menunjukkan perbandingan utang negara dan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) bagus. Namun, disparitas alias perbedaan pendapatan di masyarakat sangat tinggi.

Hal ini menurut Rocky, dapat mempengaruhi rakyat-rakyat kecil yang berusaha dengan usaha minimum.
"Itu berefek pada rakyat kecil tadi. Pak Ojek, penjual gorengan segala macam. Masyarakat akan bingung, orang bahan-bahan harganya naik ya sama sang penjual dipotong 3 gorengannya," ujar Rocky Gerung.

Menurut Rocky Gerung, penggunaan data dan kata aman tadi harus ditelusuri lebih lanjut lagi oleh pemerintah. Karena walaupun dikatakan aman secara makro, namun secara mikro bisa saja tidak.

"Jadi basis ini yang tidak dipelajari pemerintah, atau dia tahu tapi takut akan kenyataan itu, karena itu dia bermain di ‘pletora’ atau dataran yang seolah-olah aman segala macem," ujar Rocky Gerung.

Dalam hal ini, Rocky Gerung menyatakan untuk tidak menyepelekan Jusuf Kalla. Justru mantan wakil presiden tersebut dinilai menjadi yang paling mengerti dan peka akan hal ini.

"Apa Pak Jusuf Kalla juga tidak mengerti, kan beliau yang menjalankan sektor rills, dan korporasi sekaligus," tutur Rocky Gerung.

Rocky Gerung juga mengingatkan bahwa perekonomian sedang tidak aman-aman saja, bahkan kesulitan juga akan segera datang.

"Kesulitan ekonomi ada di depan mata, namun Jokowi dan kabinetnya menganggap bahwa itu bisa diselesaikan kalau ibu kota udah pindah tuh," ucap Rocky Gerung.


SUMUR

indrastrid
dsbbxw5txj654
viniest
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.