delapan3Avatar border
TS
delapan3
CIRI KHAS RADIO YANG TAK LEKANG JAMAN


Halo kaskuser generasi tua yang pernah jadi bocah atau remaja era 90'an sampai 2000an awal, tentu diantara kalian ada yang suka mantengin RADIO dong.

Sebelum Era serba digital seperti sekarang ini, tentu Radio adalah salah satu alternatif hiburan selain televisi.

Hari ini generasi milenial mungkin beberapa sudah jarang yang mendengarkan radio sebagai alternatif hiburan, tetapi sampai detik ini apa yang menjadi ke-khas-an  radio bisa dikatakan tak tergerus jaman loh, apakah itu, yuk simak gaes.....

01. Anonim Name



Dengan hadirnya facebook, twitter dan sosial media lainnya, sekarang banyak orang orang yang punya nama kedua setelah nama asli atau nama anonim.

Namun penggunaan nama anonim atau nama kedua, sudah digunakan oleh para pendengar RADIO kala itu hingga sekarang, jadi para pendengar radio yang aktif berkomunikasi dengan penyiar radio, kebanyakan menggunakan nama anonim.

Tapi nama anonim yang dipake pendengar radio bukan buat menghindar dari kang bakso yang bawa HT loh ya, tapi hanya sekedar buat lucu lucuan saja.

02. Tempat Titip Salam



“Mau titip salam buat Mayang yang lagi ujian akhir, semangat ya kamu!”

Siapa, nih, yang pernah kirim-kirim salam di radio seperti di atas?
Titip salam di radio memang jadi salah satu segmen yang paling ditunggu-tunggu. Kamu bebas menyampaikan pesan, tuh, mulai dari salam rindu sampai pesan yang absurd.

Uniknya lagi, di segmen titip salam ini ada saja momen saling berbalas salam. Kalau sudah kirim salam gitu, saatnya menunggu balasan pesan dari gebetan atau teman. Kalau pesannya tersampaikan dan terbalas, pasti rasanya senang banget!

Cara kirim salamnya pun lewat pesan singkat SMS atau telepon sebelum RADIO punya akun sosmed seperti sekarang ini.
Sekarang kalo mau kirim salam cukup mention akun sosmed radio tersebut.

03. Request Lagu

Konten Sensitif


Kalau sekarang ente mau denger lagu favorit, cukup dengan scroll scroll playlist via aplikasi musik di gadget kalian.
Tapi kalo ente dengerin Radio, kudu request dulu ke penyiarnya buat muterin lagu favorit ente.
Uniknya dengan request lagu ini, bisa loh ente pake buat ngungkapin perasaan terdalam ente ke gebetan atau mantan, atau kasih semangat buat genk kalian yang sama sama hobi dengerin radio.

04. Kuis Berhadiah



Nggak cuma bisa sebagai media untuk kirim pesan dan request lagu, ternyata radio juga sering bagi-bagi hadiah menarik.

Mekanisme kuis di acara radio nggak jauh berbeda dari kuis di televisi. Agan hanya perlu adu cepat untuk menelepon stasiun radio atau mengirim SMS. Hadiahnya juga nggak main-main, mulai dari merchandise sampai uang tunai!

Segmen ini sampe sekarang pun masih ada, meskipun caranya udah beda dengan radio jadul, kalau mau ikutan kuisnya radio, sekarang ente tinggal kunjungi website ato akun sosial media radio itu, seringnya sih di IG atau Twitter.

05. Sandiwara Radio



Sandiwara radio adalah salah satu segmen yang selalu ditunggu para pendengar radio.
Sebelum adanya podcast di berbagai layanan streaming seperti YouTube dan Spotify seperti sekarang ini, di acara radio zaman dulu banyak terdapat segmen drama radio. Mulai dari cerita wayang untuk radio khusus Jawa, cerita romantis, sampai cerita mistis.

Mendengarkan cerita via segmen radio zaman dulu, memberikan sensasi yang berbeda. Apalagi kalau mendengarkan cerita horor di tengah malam Jumat. Dijamin ente jadi takut ke kamar mandi sendirian saat malam hari.

06. Iklan



Gak cuma tv saja yang ada iklannya, di radio pun ada jeda buat siaran iklannya.
Dikarenakan radio gak bisa lihat gambar atau video iklan yang disiarkan, maka iklan iklan yang dinarasikan biasanya menggunakan bahasa bahasa yang lucu.
Yang bikin ngakak sih kalo ada iklan obat kuat atau pengobatan tradisional.
Salah satu iklan Legend yang bikin ngakak abis yaitu iklan salah satu obat herbal yang terkenal radio radio dijawa adalah yang berbunyi "PRING CAGAK RADIO, SOYO NJENGKING, SOYO JERO" (terjemahin sendiri ya ) emoticon-Ngakak (S)

Tentu ada sensasi tersendiri ketika gan sis mendengarkan radio, yang gak akan bisa dirasakan seperti hal nya saat kita nonton tv atau youtube, yaitu kita bisa berinteraksi dengan penyiar atau pendengar yang lain.

Demikin gan & sis beberapa kekhasan diradio yang gak lekang termakan jaman, Terimakasih.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-I Love Indonesia

Sumber : 01, 02, 03
Diubah oleh delapan3 17-04-2022 13:28
dmitryadam
nananinanunu
MasterSims
MasterSims dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.1K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.