Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotwaras108Avatar border
TS
pilotwaras108
Buya Yahya soal Ceramah Yusuf Mansur: Nabi Tidak Mengajarkan Seperti Itu
tim detikhot - detikHot
Minggu, 17 Apr 2022 15:27 WIB
Buya Yahya soal Ceramah Yusuf Mansur: Nabi Tidak Mengajarkan Seperti Itu
Jakarta -
Buya Yahya ikut mengomentari cara ceramah Yusuf Mansur soal sedekah. Buya Yahya menilai apa yang disampaikan oleh Yusuf Mansur bukan cara sedekah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.


Hal itu disampaikan oleh Buya Yahya dalam ceramahnya. Video ceramah tersebut kemudian di upload ke media sosial.


"Kemudian 'jika kau pria siapa yang begini kemudian berinfaq pahalanya begini, bersedakahlah begini' itulah cara nabi. Bukan menunjuk 'ente, kasih sedekah ya. Cincinmu bagus jual ya' nggak ada begitu. Nabi tidak mengajarkan begitu," kata Buya Yahya dilihat detikcom, Minggu (17/4/2022).

Ajakan Yusuf Mansur untuk bersedakah bisa membuat para jamaah kabur. Mereka bisa saja jadi malas untuk berbagi kepada sesama karena di hatinya ada rasa tidak ikhlas.


"Itu bikin orang lari dari kebaikan jika dengan cara menunjuk, meminta. Itu seperti merampok, rampok pakai malu itu. Rampok kan pakai pedang dengan rasa malu, kalau nggak ngasih kan malu," imbuh Buya Yahya.


Misalnya kita minta 'itu jamnya bagus buat saya ya' 'aduh'. Itu sama kayak 'kasih buat saya! Ayo!' Sa itu cuma karena dia punya makom seorang ustaz pakai atas nama Allah, atas nama nabi. Sama itu, bahaya itu. Kok ustaz minta-minta kerjaannya," lanjutnya.

Selama ini, Yusuf Mansur dinilai mengajak jamaah bersedekah seperti orang menodong. Apalagi hal itu dilakukannya di depan orang banyak.


Mau tak mau, orang yang dipaksa untuk bersedekah menyerahkan hartanya. Jika tidak, ia bisa malu di depan orang banyak.

"Kalau memberikan imbauan sedekah (nggak apa-apa). Tetap nggak boleh kalau kita bikin malu. Bikin malu nggak diajarkan oleh nabi SAW. Atau bikin orang lari, ini masalah sedekah. Maka lihat, ikhlas harus kita ajarkan untuk diri kita sendiri, akhlas kita ajarkan kepada orang lain," papar Buya Yahya.


"Bagaimana cara mengajarkan ikhlas? Cara mengambilnya pun yang cantik dan yang manis. Maka tim-tim pengurus masjid yang cari dana tolong yang cantik mainnya," tukasnya.


Detik.com
skiesman
beeSide
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.1K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.