telomendutAvatar border
TS
telomendut
Negara Paling Aman di Dunia, Indonesia kah?
Beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali kejadian atau musibah yang terjadi di dunia ini, baik itu karena factor alam atau karena ulah manusia sendiri. Salah satu yang paling berdampak adalah Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah di dunia.


Dan baru-baru ini terjadi serangan Rusia ke Ukraina yang efeknya secara tidak langsung juga berpengaruh  terhadap negara-negara lain, selain itu masih banyak juga peristiwa yang terjadi seperti terorisme, pembunuhan dan lain-lain. Dari semua kejadian itu, menimbulkan sebuah pertanyaan apakah ada tempat yang paling aman di dunia ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Vision of Humanity mempublikasikan data peringkat negara teraman di dunia, yaitu Global Piece Index(GPI). GPI diproduksi oleh Institute for Economics and Peace (IEP), dimana GPI adalah data tingkat kemanan di 163 negara dengan skala 1-5 dimana semakin rendah penilaian maka semakin baik. Penilaian itu difokuskan pada beberapa indikator, salah satunya tingkat keamanan dan keselamatan masyarakat, tingkat konflik internal dan eksternal dan militerisasi atau kondisi militer.

Dari data GPI yang dipublikasikan pada tahun 2021, Islandia adalah negara paling aman di dunia. Islandia sendiri terletak di benua eropa tepatnya di Eropa Utara dengan luas wilayah 103. 592 km2 dari luas wilayah itu hanya 20% saja yang bisa ditinggali oleh penduduk. Jumlah penduduk Islandia sebanyak 366.425 jiwa dan menjadi negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di Benua Eropa.


Islandia menjadi negara paling aman di dunia karena tingkat kriminalitas di masyarakat yang rendah, Tingkat kejahatan pembunuhan sekitar 0-1,5 per tahun dan skala kejahatan yang terjadi terbilang tidak membahayakan dan mengancam kehidupan komunitas secara keseluruhan, sehingga polisi disana tidak dilengkapi senjata api, jumlah orang yang dipenjara sedikit, akses masyarakat untuk memperoleh senjata minim, dan masih banyak lagi poin penilaian dari GPI yang membuat Islandia menjadi negara paling aman di dunia.


Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakah Indonesia salah satu negara yang tingkat keamanannya baik?

Indonesian berada di peringkat ke 42 negara teraman di dunia dan menjadi negara ke 3 paling aman di Asia tenggara setelah Singapura dan Malaysia.


Dengan segala permasalahan yang ada ternyata baik secara ekonomi, politik dan lain halnya, ternyata Indonesia masih masuk kedalam 3 besar negara teraman di Asia Tenggara. 3 indikator penting yang memiliki penilaian tinggi yang berarti kurang aman, yaitu pada indikator Demonstrasi Kekerasan (3), Kejahatan (3) dan Teror Politik (3). Sementara Penilaian terendah (baik) ada di poin Kematian karena konflik eksternal.


Semoga kedepannya Indonesia bisa memperbaiki kondisi yang ada sehingga bisa memperbaiki tingkat keamanan yang ada. Analisa sederhana dari ane, mungkin tingkat keamanan suatu negara menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi suatu negara. Ketika suatu negara tersebut dianggap aman maka bisa menarik orang untuk datang ke negara tersebut, bisa jadi sebagai turis, investor dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya adalah dapat mendukung kemajuan negara tersebut, salah satunya INDONESIA

 
Sumber :

1,2,

Gambar


1,2,3,4

Diubah oleh telomendut 11-04-2022 16:53
mamduh1985
areszzjay
jupiewan
jupiewan dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.2K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.