• Beranda
  • ...
  • Bromo
  • Mau Touring Perjalanan #BikinBanggaIndonesia ke Bromo? Persiapkan Ini Dulu Gan!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mau Touring Perjalanan #BikinBanggaIndonesia ke Bromo? Persiapkan Ini Dulu Gan!
Hobi touring dan mau lakukan
Perjalanan #BikinBanggaIndonesia
ke Bromo?
Eits, jangan lupa persiapkan ini dulu GanSis!

emoticon-nulisahemoticon-nulisahemoticon-nulisah


Tempat-tempat pariwisata di Indonesia sudah mulai kembali dibuka setelah turunnya kasus Covid-19.

Masyarakat menyambut dengan bahagia kabar ini karena artinya dengan dibukanya kembali tempat wisata, itu akan membuka kembali lapangan pekerjaan yang sempat hilang dan juga memberikan kesempatan agenda jalan-jalan yang sempat tertunda untuk dilakukan.

Bagi para komunitas-komunitas motor yang sebelum pandemi sudah mengagendakan untuk touring dan tertunda pun juga sudah mulai bisa touring kembali GanSis.

Tempat wisata seperti Gunung Bromo yang sering dijadikan sebagai tujuan touring sekarang telah dibuka dan boleh dikunjungi untuk para bikers yang sudah gatal kepengen melakukan
Perjalanan #BikinBanggaIndonesia
.

Ane pun juga memiliki keinginan untuk touring ke Bromo bersama teman-teman GanSis, itulah sebabnya kemarin secara eksklusif nonton TAG (Tanya Ane Gan)di KASKUS dengan bintang tamu Fadel Muhammad yang merupakan seorang bikers, influencer dan Youtubers, untuk mencari ilmu seputar touring.


Quote:


Pada TAG (Tanya Ane Gan)live Instagram KASKUS kemarin, Agan Fadel Muhammad menjelaskan berbagai macam persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh seorang bikers saat akan melakukan sebuah perjalanan.

Berdasarkan apa yang ane simak dari Agan Fadel Muhammad, berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan saat akan touring
Perjalanan #BikinBanggaIndonesia
.


Spoiler for Vespa Bellissima di Bromo:


1. Mental

Paling utama dan penting untuk dipersiapkan saat akan melakukan touring baik itu ke Bromo atau ke wilayah tempat wisata yang lain, yang paling penting adalah Mental GanSis.

Perjalanan jauh dengan medan yang tak menentu seringkali akan membuat bikera baru akan goyah mental karena merasa lelah untuk menghadapi medan-medan yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Jika mental telah terbentuk maka Agan dan Sista bisa melakukan touring dengan tidak takut gagal di tengah jalan dan memutuskan putar balik.

2. Kendaraan

Tentu tidak mungkin melakukan touring tapi tidak memiliki kendaraan atau tidak mempersiapkan kendaraan GanSis.

Agan dan Sista harus mempersiapkan kendaraan sendiri jika memang punya atau kalau tidak punya tapi pengen ikut bisa bonceng bareng teman atau sewa kendaraan yang dikhususkan untuk touring.

3. Membawa Mekanik

Saat Agan dan Sista pergi touring bersama dengan rombongan atau komunitas maka disarankan mengajak satu mekanik untuk berjaga-jaga saat kemungkinan di jalan motor macet atau mogok. Jangan sampai Agan dan Sista gagal touring karena ada salah satu kendaraan yang mogok dan tidak tega untuk meninggalkan teman bikers yang kendaraannya mogok.

4. Ganti Oli Mesin

Mengganti oli mesin kendaraan ini juga sangat penting untuk dilakukan GanSis. Jika ingin di perjalanan merasa nyaman, mesin motor tidak panas saat dibawa perjalanan jauh, maka ganti oli sebelum berangkat touring ini sangat ane sarankan.

Tambahan saran dari ane, alangkah baiknya jika Agan dan Sista menggunakan oli mesin motor dari Federal Oil. Selain memiliki banyak keunggulan, Federal Oiljuga memiliki beberapa jenis atau tipe oli yang dikhususkan untuk kendaraan tertentu.

Untuk motor matic, Federal Matic 30 10W-30 merupakan oli mesin khusus yang bisa Agan dan Sista gunakan.
Keuntungan dari menggunakan Federal Matic 30 10W-30 ini motor tidak akan mengalami panas mesin berlebih karena adanya advanced active moly yang bisa mengurangi gesekan agar suhu mesin tetap stabil.

Banyak lagi keuntungan lain yang bisa didapatkan saat Agan dan Sista menggunakan oli Federal Matic 30 10W-30 tanpa gonta-ganti merk, salah satunya yaitu mencegah keausan mesin agar mesin memiliki usia pakai lebih panjang.

Quote:


5. Riding Gear

Selamat dan aman adalah tujuan dan keinginan dari semua bikers yang melakukan perjalanan touring. Itulah sebabnya semua harus dipersiapkan dengan matang.

Selain memastikan kendaraan dalam keadaan baik, Agan dan Sista juga harus membawa alat pelindung diri atau riding gear seperti helm full face, jaket anti angin, sepatu, dan perlengkapan surat-surat kendaraan lengkap.

Bekal uang juga sangat dibutuhkan saat akan touring jauh GanSis, karena saat touring tidak akan pernah ada yang tahu apa yang akan dihadapi.

Spoiler for Touring Bromo:


Berikut tadi beberapa hal yang harus dipersiapkan saat Agan Sista dan termasuk ane pribadi, ingin melakukan touring
Perjalanan #BikinBanggaIndonesia
ke Gunung Bromo.

Ikuti aturan main dan patuhi apa yang harus diperhatikan maka akan selamat sampai tujuan dan menjadi perjalanan penuh kesan yang dapat dikenang sebagai kenangan indah tak terlupakan.

Oke, mudah-mudahan keinginan untuk touring ke Gunung Bromo dapat tercapai dan tidak ada halangan ya GanSis.
Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
dalledalminto
dalledalminto memberi reputasi
1
847
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bromo
BromoKASKUS Official
372Thread262Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.