newsmerahputihAvatar border
TS
newsmerahputih
Mpok Minah 'The Queen' of Minta Maaf


Merahputih.com - Anak-anak generasi 90-an tentunya sudah tidak asing lagi dengan sinetron komedi yang sangat ikonik dan legendaris, yakni Bajaj Bajuri.

Sinetron yang tayang dari tahun 2002 hingga 2007-an tersebut sangat memorable. Khususnya sejumlah karakter-karakter pada sinetron tersebut sangat unik, salah satunya sosok Mpok Minah yang diperankan oleh Leslie Sulistiowati.

Sosok perempuan yang satu ini merupakan ibu-ibu yang selalu meminta maaf sebelum dia berkata sesuatu. Misalnya seperti 'Maaf Mpok Oneng ada emak enggak di rumah, maaf soalnya tadi emak minjem uang Rp50 ribu sama saya buat beli baju, maaf katanya nanti diganti di rumah'.

Padahal, di Negeri Aing, kata maaf hanya digunakan pada momen-momen atau situasi tertentu. Biasanya kata maaf digunakan untuk meminta izin, dan ketika berbuat kesalahan. Karena keunikan dan ciri khas minta maaf itulah sosok Mpok Minah tentu layak disebut sebagai 'Queen of Minta Maaf'.

Karakter Mpok Minah juga polos dan tidak enakan kepada siapapun yang dia temui. Dengan sopan dan ramah Mpok selalu minta maaf sebelum berbicara, kecuali dengan anak semata wayangnya, Sahili.

Namun, karena saking baik dan polosnya, Mpok Minah kerap diperdaya oleh orang-orang di sinetron tersebut, salah satunya Emak, ibu dari pasangan Oneng dan Bajuri. Karakter nenek-nenek yang licik dan rakus itu sering memanfaatkan kepolosan Mpok Minah. Tapi, meski kerap diperdaya, Mpok Minah tetap meminta maaf saat berbicara, dan tidak menyimpan dendam atau melawan si emak.



Sifat pemaaf Mpok Minah memang patut diacungi jempol dan layak dicontoh oleh masyarakat. Karena di zaman sekarang ini, mungkin sulit ditemui orang yang selalu memaafkan dan meminta maaf tanpa melihat siapa yang salah. Apalagi tidak menyimpan dendam meski telah ditipu atau disakiti.

Selain pemaaf dan selalu meminta maaf, Mpok minah juga merupakan sosok Ibu yang sangat sayang dengan anaknya. Bahkan, meski anaknya terkadang kerap jahil dan membuat masalah, Mpok Minah tak pernah memarahi Sahili.

Menariknya, tidak hanya kata-kata maaf yang selalu terlontar sebelum berkata sesuatu kepada seseorang. Mpok Minah yang selalu mengenakan kemeja longgar bermotif bunga-bunga juga dikenal dengan ciri khas gesturnya saat meminta maaf.

Mpok Minah selalu menggenggam tangannya ketika berbicara dengan seseorang, dan memasang muka yang memelas. Padahal Mpok Minah sedang tidak ada kebutuhan darurat atau tertimpa musibah.

Karena ciri khas Mpok Minah yang selalu minta maaf memicu bermunculan banyak meme viral di media sosial. Satu meme Mpok Minah yang paling epik dan populer di publik, terkait stigma kaum hawa tidak pernah salah dan minta maaf kalau ada masalah dalam hubungan dua sejoli.

Sosok Mpok Minah dalam meme itu seakan melawan stigma kalau ada persoalan dalam hubungan percintaan, selalu saja pihak cowok yang salah dan harus minta maaf lebih dulu, meskipun yang salah awalnya pihak perempuannya. Meme yang sekaligus membantah stigma negatif kalau cewek itu gengsi minta maaf ke pasangannya.

Pesan moralnya dalam hubungan yang sehat itu semua pihak setara, tidak perlu gengsi atau merasa yang satu lebih baik dari yang lain. Yuk petik nilai positif yang bisa diambil dari sosok Mpok Minah. Karena sejatinya, saling memaafkan itu indah. Apakah kamu sudah meminta maaf atas kekhilafanmu kepada orang lain hari ini? Terutama kepada orang-orang terdekat kita.


Sumber
newsbolaskor
side.id
kodokuper
kodokuper dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.2K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.