Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Hal yang Dirasakan Mahasiswa Ketika Ikut Demontrasi, GanSis Pernah Mengalaminya?

KokonataAvatar border
TS
Kokonata
7 Hal yang Dirasakan Mahasiswa Ketika Ikut Demontrasi, GanSis Pernah Mengalaminya?

Agan dan Sista pernah mengikuti demontrasi atau unjuk rasa. Pada umumnya massa demontrasi berasal dari kalangan mahasiswa. Nah, GasSis yang berstatus mahasiswa atau pernah menjadi mahasiswa pernah ikut demontrasi kan, ya?
 
Kenapa mahasiswa?
 
Mahasiswa merupakan golongan idealis dalam masyarakat. Sebagai kelompok terpelajar, sikap kritis mahasiswa diharapkan dapat mewakili masyarakat untuk menempatkan kebijakan sesuai tempatnya. Kebijakan yang merugikan masyarakat dapat dikoreksi atau diluruskan kembali.
 

Perasaan Saat Berdemontrasi
 
Mahasiswa yang umumnya berusia awal dewasa muda atau sekita 20 tahunan memiliki energi dan emosi yang bergelora. Ibarat mesin, masih baru dan gampang panasan. Usia yang mendukung tanpa tanggungan keluarga dan beban pekerjaan juga yang menyebabkan kelompok mahasiswa rajin berdemontrasi.
 
Apa yang terasa dalam diri kala demontrasi? Hal-hal inilah yang dirasakan mahasiswa kala berdemontrasi, berdasarkan pengalaman ane pribadi saat masih berstatus mahasiswa dulu.   
 
1. Bangga Setengah Mati
 
Bangga kala berdemotrasi karena menyuarakan kepentingan masyarakat luas. Merasa hebat karena memikul beban yang secara tidak langsung diamanahkan masyarakat. Terasa seperti pahlawan, bangganya minta ampun. Tidak heran, mahasiswa zaman now tidak lupa berfoto untuk mengabadikan saat-saat dirinya berdemontrasi.   
 
Konten Sensitif

2. Berani Dosis Tinggi
 
Timbul keberanian dosis tinggi dalam diri. Tidak takut dengan aparat kepolisian dan siapa saja yang menghadang demontrasi. Satu dampak dari kebersamaan, berada dalam massa berjumlah besar. Kalau sendirian, belum tentu seberani itu.
 
3/4. Solidaritas dan Setia Kawan yang Kuat
 
Sesama peserta demontrasi terkadang tidak selalu saling kenal. Ada kalanya berasal dari kampus yang berbeda. Namun solidaritas dan rasa setia kawan muncul karena sama-sama menjadi peserta demontrasi. Saling jaga dan peduli selama demontrasi berlangsung.
 

5. Naik Level ke Tingkat yang Berbeda dengan Mahasiswa yang Sekadar Kuliah Kejar Nilai
 
Baru ikut satu kali demontrasi saja, seorang mahasiswa sudah bisa merasa jadi aktivis kampus. Seolah naik level ke tingkat yang berbeda dengan mahasiswa yang sekadar kuliah mengejar nilai. Meski haruis bolos kuliah bahkan IPK hancur tetap saja bangga. Aktivis beda dengan mahasiswa biasa.    
 

6/7. Penuh Semangat dan Bahkan Siap Tempur
 
Suasana demontrasi yang panas, hingar bingar teriakan dan orasi, membakar semangat. Bahkan sebagian orang mudah sekali tersulut emosi kemarahannya. Tiada takut dengan aparat yang mengahadang bahkan berada dalam kondisi siap tempur. Di sinilah bahanyanya jika peserta termakan provokasi sehingga bentrok dengan aparat keamanan.


Nah, apakah Agan dan Sista pernah merasakan hal yang sama? Semoga tidak terjadi hal-hal yang berdampak negatif, ya. Demontrasi boleh-boleh saja, namun ingat kembali pada tujuan, jangan sampai malah merugikan diri dan almamater.



Hanya opini pribadi
Sumber foto  1234

Diubah oleh Kokonata 11-04-2022 10:32
murayh0
alifrian.
ahbayumarta
ahbayumarta dan 18 lainnya memberi reputasi
15
7K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.