lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Balada Subsidi BBM dari Masa ke Masa
Baca trit ini, harap nggak usah pakai panas-panasan. Apalagi sedang bulan puasa, jadi harus bisa menjaga emosi. Ane kali ini nggak ada opini apa-apa. Nggak ada pertanyaan apa-apa.

Hanya sekedar mengumpulkan dan menyajikan judul-judul berita yang berkaitan dengan subsidi BBM dari masa ke masa.

Kalau ada salah kata, mohon dimaafkan.

Gbr diambil dr tirto.id

Jadi sebagai generasi yang sudah terhitung tua, ane sempat mengalami jamannya Eyang Harto sampai sekarang. Waktu membaca berita tentang BBM, subsidi, dsb; ane jadi berpikir, "Memangnya perjalanan BBM dan subsidi BBM itu bagaimana ya? Aku kok lupa."

Maka ane pun berusaha mengumpulkan berita dan judul-judul berita yang berkaitan dengan masalah subsidi BBM.

Di akhir pemerintahan Pak Harto, harga bensin premium ada di Rp 1200/liter. Kenaikan harga BBM hampir 50% lebih, di saat suasana tuntutan reformasi, seperti menambahkan BBM ke api yang sedang menyala-nyala. Demo mahasiswa yang didukung oleh sebagian besar rakyat, makin lama makin meluas ke berbagai kota dan propinsi.

Jadi jangan lupa, isu kenaikan BBM adalah termasuk salah satu isu (di antara sekian banyak isu lainnya), yang akhirnya membuat Pak Harto terguling. (CMIIW)

Tidak aneh kalau isu BBM ini dari pemerintahan ke pemerintahan, selalu menjadi isu yang sensitif.

Sepanjang catatan pergantian presiden ke presiden, hanya saat masa pemerintahan BJ Habibie yang tercatat harga BBM turun. Sementara dalam masa pemerintahan presiden-presiden lain setelah dia, Gus Dur, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo, harga BBM secara keseluruhan mengalami kenaikan (kalaupun turun, akhirnya terpaksa naik lagi).

Isu kenaikan BBM ini pula yang suka dimainkan oleh beberapa tokoh politik, atau partai politik, yang mengaku dirinya sebagai wakil rakyat kecil. Lucunya, kalau kenaikan itu terjadi di masa-masa pemerintahan di mana mereka tidak menjadi oposisi, mereka biasanya akan memilih diam.

Baru pada masa pemerintahan Joko Widodo, sebuah gebrakan yang berani dilakukan. Subsidi BBM dihapuskan. Dengan berbagai macam perhitungan dan janji, bahwa subsidi yang dihapuskan itu akan dialihkan pada hal-hal yang lebih penting untuk rakyat kecil. Tentunya ini sebuah keputusan yang sangat berani, menimbang sensitifnya isu BBM, bila dilihat dari pengalaman pemerintahan sebelumnya.

Ada harapan besar (termasuk dari TS waktu itu), bahwa dengan penghapusan subsidi BBM ini, bukan saja anggaran bisa dihemat, tapi juga masalah penyelundupan BBM keluar negeri bisa berhenti terjadi.

Lebih penting lagi, subsidi BBM bisa dialihkan ke program-program yang benar-benar membantu mengangkat rakyat kecil (bantuan pendidikan, kesehatan, dsb).

-------------------------------------

Kurang lebih sudah delapan tahun sekarang, sejak pertama kali subsidi BBM dihapuskan. Dana ratusan trilliun tentunya berhasil diselamatkan atau dihemat dari anggaran negara kita.

Kita mestinya sebagai rakyat tentu bisa merasakan, bagaimana uang hasil penghematan yang ratusan trilliun itu, membuat negara kita menjadi negara yang lebih kuat dan makmur. Sesuai dengan tujuan dihapuskannya subsidi BBM.

Semoga anggaran negara makin sehat! Semoga pertamina makin berkembang! Semoga negara Indonesia makin jaya!
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Berikut kumpulan judul berita terkait BBM dari masa ke masa (ane googling nemunya berita paling lama tahun 2012an emoticon-Nohope, kalau ada yg mo nyumbang foto berita tentang BBM di tahun sebelumnya, boleh taruh di kolom komentar) :

2012

Gbr diambil dr OkeZone.com


Gbr diambil dr SS laman di yukepo.com

2013

Gbr diambil dr ss laman solopos.com


Gbr diambil dr ss laman merdeka.com

2014

Gbr diambil dr ss laman CNN Indonesia

2018

Gbr diambil ss dr laman Merdeka.com

2021

Gbr diambil dr ss laman detik finance

2022
Gbr diambil dr ss laman suara.com


Gbr diambil dr ss laman CNN Indonesia





Sumber referensi
1. https://finance.detik.com/energi/d-5...i-masa-ke-masa
2. https://nasional.kompas.com/read/200....1998?page=all
laksanama maido
garpupatah
screamo37
screamo37 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.3K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.