Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kardus2020Avatar border
TS
kardus2020
Wapres: Moderasi Beragama Kunci Menjaga Keutuhan Bangsa
Wapres: Moderasi Beragama Kunci Menjaga Keutuhan Bangsa

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai kunci untuk menjaga keutuhan bangsa sekaligus kebinekaan Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Demikian dikemukakan Wakil Presiden saat menerima jajaran panitia acara perayaan Hari Suci Nyepi, Dharmasanti Nasional, melalui konferensi video, di Jakarta, Jumat (8/4).

"Saya mengharapkan sikap moderat dapat menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk menjaga keutuhan bangsa," kata Wapres dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta.

Ma'ruf mengatakan upaya menjaga persatuan memang tidak mudah dan sangat membutuhkan kolaborasi dengan segenap pihak, termasuk para tokoh agama maupun masyarakat diharapkan agar memiliki satu pemahaman yang serupa.

Wapres pun mengajak masyarakat untuk dapat bangkit bersama dalam membangun Indonesia yang lebih baik, khususnya pascapandemi yang banyak memberikan dampak bagi masyarakat.


"Peran dan sinergi umat Hindu untuk membangun bangsa perlu dilakukan, di tengah upaya bangkit, terutama pascapandemi maupun bencana alam yang melanda berbagai wilayah. Kita perlu membangkitkan Indonesia secara bersama-sama," kata Wapres.

Kontribusi Bermakna

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga memberi apresiasi kepada jajaran pengurus Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) yang telah berkontribusi dalam menyukseskan program pemerintah, khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19, melalui pengadaan vaksinasi bagi masyarakat.

"Saya mengapresiasi aktualisasi nilai-nilai kepedulian, kebersamaan, dan gotong royong, khususnya pada pelaksanaan program vaksinasi booster (penguat) yang merupakan kontribusi bermakna bagi bangsa Indonesia yang dilakukan oleh PHDI," kata Ma'ruf.

Sementara itu, Sekretaris Umum PHDI Pusat, I Ketut Budiasa, menyampaikan komitmen umat Hindu yang akan memberikan dukungan secara penuh kepada pemerintah, khususnya dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Presidensi G20 di Indonesia.

"Kami siap mendukung program-program pemerintah. Dan sesuai pesan Bapak pada acara Mahasabha tahun lalu, kami siap menjaga kondusivitas umat dalam rangka menyukseskan G20 yang akan dilaksanakan di Bali," kata Budiasa.


Acara Dharmasanti Nasional dalam rangka peringatan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 akan diselenggarakan di Aula Gedung Nusantara IV DPR RI, Kompleks Senayan, Jakarta, pada Minggu (10/4). Acara tersebut mengangkat tema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kebersamaan umat Hindu dalam memberikan dukungan kepada bangsa dan negara Indonesia.


Sumber 

Komentar:

1. Apresiasi kepada masyarakat Hindu di Bali yang tidak minder untuk mempertahankan Budaya dan adatnya yang akhirnya manjadi contoh tradisionalisme suku lain di Indonesia kedepannya dari serangan Arabisasi.

2.  Moderasi Agama untuk Keutuhan bangsa : emoticon-Blue Guy Bata (L)
     Sekulerisasi untuk Keutuhan Bangsa: emoticon-Cendol Gan


Quote:


Quote:
Diubah oleh kardus2020 09-04-2022 21:33
37sanchi
MasterSims
T2Y
T2Y dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.