Kita pasti pernah window shopping dan melakukan transaksi belanja di online market. Supaya tidak ada kesalahpahaman informasi dan memastikan ketersediaan stok biasanya fitur chat kita gunakan untuk bertanya ke penjual.
Menjual secara online sebetulnya tidak beda dengan menjual secara konvensional, offline toko, hanya bedanya pembeli dan penjual bertemu secara online, termasuk barang jualannya yang hanya bisa dilihat gambarnya dan videonya (kalau ada) saja.
Namun, mungkin karena penjual tidak bertemu calon pembeli secara langsung adakalanya penjual melayani jadi kurang sepenuh hati, yang tadinya calon pembeli sudah tertarik jadi timbul rasa kecewa karena pelayanan penjual yang tidak profesional seperti misalnya beberapa hal dibawah ini.
Quote:
Dua hari lalu saya yang mengalaminya, tertarik dengan kemeja denim sesuai selera saya tapi akhirnya saya batalkan karena penjualnya tidak menguasai barang dagangannya.
PERTAMA
Di deskripsi memang sudah dicantumkan tentang: ukuran, lebar dada, panjang. Tapi saya bertanya soal panjang lengan dari bahu kebawah penjual hanya menjawab sesuai deskripsi. Sulitkah atau begitu rahasianya kah hanya untuk menyebut ukuran lengan kemeja ke calon pembelinya?
Quote:
Pernah saya melihat sebuah toko online yang barangnya juga saya suka. Saya sempat klik iklannya untuk tahu lebih jauh lagi, mampir ke sebuah toko variasi mobil, disitu saya tertarik dengan foto pompa angin elektrik yang jelas terpajang.
KEDUA
Tapi sayang disayang ketika saya membaca deskripsi iklannya berkesan penjualnya arogan atau nggak mau repot melayani dengan cara menyantumkan kalimat apatis SK (Syarat dan Ketentuan) nya versi mereka. Yang intinya kalau berminat silahkan langsung transaksi, dan jangan banyak bertanya karena dideskripsi sudah lengkap. Lengkap apanya, lah wong nggak dijelaskan cara merakitnya seperti apa.
Quote:
Ini juga ngeselin bin bikin kecewa calon pembeli potensial seperti kita, misalnya kita sudah amat tertarik dengan sebuah celana yang kamu incar selama ini tapi saat kita bertanya di fitur chat eh, cuma dibaca saja nggak ada balasan samasekali
KETIGA
Padahal dideskripsi iklannya tertulis jelas "silahkan tanyakan dulu ketersediaan barang dan ukuran". Kalau sudah begini calon pembeli seperti kita pasti jadi ragu dong, bagaimana mau melayani nanti saat kita mengajukan komplain, ya?
Quote:
Ini hampir sama tapi ada bedanya. Kalau tadi chat kita cuma dibaca saja nah, kalau ini calon pembeli cuma di PHP in doang. Dibilang suruh menunggu mau dicek ke gudang dulu, alasannya, padahal saya yakin dia nggak punya gudang, hehe.
KEEMPAT
Ternyata ditunggu sejam dua jam sampai besok siang si penjual belum juga bisa kasih jawaban. Eh, setelah menunggu lama dibalasnya dengan kalimat mengecewakan karena ternyata dia tidak menyimak pertanyaan saya di chat dengan benar ujung-ujungnya simple aja dia menjawab, "Maaf kak, barangnya kosong".
Quote:
Mungkin tipe penjual kali ini memiliki mental dan daya juang yang tinggi, tapi buat saya tidak akan mempan kalau dipaksakan harus membeli barang yang mirip meski si penjual merayu katanya barangnya sama-sama bagus, satu merek pula.
KELIMA
Apapun alasan penjual tidak akan mempan buat saya. Lah, wong barang yang saya taksir benar-benar sudah suka, masa mau diganti model lain yang kebetulan bukan selera saya, skip aja deh.
Quote:
Kasus ini sebetulnya saya cuma mau ngetest kejujuran pedagangnya saja. Ya, sebuah sepatu yang lagi trend dikalangan remaja saat ini dan harga originalnya pun terbilang mahal yang masuk diangka jutaan, itu di toko resminya.
KEENAM
Kecurigaan awal adalah toko ini menjual sepatu tersebut harganya dibawah harga resminya, tapi yang tak kalah mencurigakan adalah berani memajang foto galery nya adalah foto original produk, bukan versi lainnya. Awal chat dibalas cepat dan berjalan normal, tapi ketika saya tanya apakah ini original si penjual tidak menjawab, diam membisu, sekalinya menjawab dia bilang "Sesuai deskripsi iklan, ya kak" atau hanya membalas pertanyaan berikutnya saja. Pinter mengalihkan perhatian.
Quote:
Poin terakhir juga pernah saya alami. Penjual menjawabnya pertanyaan saya di fitur chat tapi sangat lama, sekalinya jawab hanya kalimat pendek "Ya, kak?", "Kami cek dulu, ya, kak" dan tidak menjawab pertanyaan saya, sekalinya membalas dengan auto kalimat, ngeselin.
KETUJUH
Mungkinkah dia sedang sibuk melayani pembeli lain? Sepertinya tidak karena setelah saya cek reputasi penjual dan jumlah produk yang berhasil dia jual bisa dihitung dengan jari dan sepi juga review-reviewnya.