• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • 7 Aturan Pemandian Air Panas Di Jepang, Salah Satunya Pengunjung Wajib tanpa busana!

yogapranata0008Avatar border
TS
yogapranata0008
7 Aturan Pemandian Air Panas Di Jepang, Salah Satunya Pengunjung Wajib tanpa busana!
Hai.. agan-agan semu, selamat datang di thread saya emoticon-Hai emoticon-Hai


Quote:

    Pemandian air panas atau biasa disebut Onsen di Jepang, merupakan salah satu wisata relaksasi yang banyak digemari. Onsen sendiri merupakan sumber air panas yang berasal dari dalam perut bumi terbentuk akibat proses vulkanisme. Sumber air panas tersebut mengandung berbagai macam mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan berendam didalam onsen ini., mulai dari menghilangakan stres, menghilangkan pegal di tubuh setelah bekerja, melancarkan peredaran darah, terapi psikologis dan sarana rekreasi.
    Di Jepang sendiri, onsen terbuka untuk umum dan siapa saja boleh mencobanya mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa sampai manula. Meski begitu terdapat beberapa aturan yang wajib dipatuhi oleh pengunjung apabila ingin berendam di onsen ini. Aturan apa saja itu ? berikut telah ane rangkum tujuh aturan yang wajib kita patuhi ketika berkunjung ke tempat onsen di Jepang emoticon-thumbsup.


1. Membilas Tubuh

    Satu hal penting sebelum memasuki pemandian air panas adalah pengunjung terlebih dahulu diharuskan untuk membilas tubuhnya. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran dan bau keringat yang masih menempel di badan. Karena pada umunya, kolam pemandian yang disediakan hanya ada satu atau dua kolam saja yang digunakan beramai-ramai. Jadi jangan sampai orang-orang di sekeliling agan tutup hidung mencium bau keringat agan emoticon-Winkemoticon-Wink

2. Tidak boleh membawa handphone 

    Ketika hendak memasuki onsen, pengunjung diharuskan untuk meninggalkan peralatan elektronik seperti handphone atau kamera didalam loker yang sudah disediakan. Pengunjung dilarang berfoto, merekam dan berselfie di kolam onsen. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan dan aksi bejad dari orang-orang jahat. Seperti merekam tanpa ijin lalu menyebarkannya secara sengaja di media sosial. Karena onsen itu merupakan tempat yang sangat privat.

3. Wajib tanpa busana

    Agan-agan disini pasti sangat mendukung aturan yang satu ini kan, ngaku aja emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Stick Out Tongue. Saat memasuki kolam onsen pengunjung diharuskan untuk melepas semua pakaiannya alias tanpa busana. Bahkan memakai celana dalam saja tidak diperbolehkan. Palingan hanya handuk kering yang ditaruh di atas kepala saja. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, kolam onsen akan terjaga kebersihannya karena tidak bercampur dengan kotoran yang menempel pada pakaian. Karena tidak seperti kolam renang yang dapat dijernihkan dengan kaporit, onsen ini murni bersumber dari mata air. 

4. Menguncir Rambut

   Bagi agan-agan yang memiliki rambut panjang dan mudah rontok, maka diharuskan untuk menguncir rambutnya dan menutupinya dengan handuk kecil terlebih dahulu. Menguncir rambut dilakukan untuk mencegah helai rambut yang mudah rontok terjatuh ke dalam air. Karena pada umumnya orang berendam di onsen hanya sampai leher saja.

5. Keringkan Badan Sebelum Keluar

    Setelah selesai berendam, kita tidak boleh langsung begitu saja lari ke ruang ganti dengan keadaan air yang masih kocar-kacir. Kita diharuskan mengerinkan badan terlebih dahulu dengan handuk kering yang sudah disediakan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah lantai menjadi becek dan lembab.

6. Harus Sopan dan Jangan Berenang

    Onsen tidak seperti kolam renang yang pengunjungnya bebas mau bertingkah dan berenang sesukanya. Onsen ini adalah pemandian relaksasi yang memang mengedepankan ketenangan dan kesopanan. Kita diharuskan untuk menjaga kesopanan dan dilarang berenang supaya tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya emoticon-Blue Guy Peace.

7. Orang Bertato Ditenpatkan Tersendiri

    Ternyata oh ternyata, tidak semua onsen di jepang menerima orang bertato dan bertindik loh.. Hal ini karena orang jepang memganggap tato sebagai bentuk irezumi yang identik dengan orang anti sosial atau gangster. Meski begitu terkadang ada onsen khusus bagi mereka yang bertato, jadi buat agan-agan yang punya tato ditubuhnya sebaiknya tanya dulu apakah onsen tersebut dapat menerima atau tidak.

Itulah tujuh aturan yang harus kita patuhi ketika ingin berendam di onsen atau pemandian air panas. Jika agan-agan ingin mencoba sensai relaksasi onsen harap mematuhi aturan diatas ya gan, sekian dan terimakasih, salam cendolss.. emoticon-Cendol (S) 

Sumber123


Spoiler for Bonus Mulustrasi:

sarjuu5
servesiwi
unyilunyil.uuy
unyilunyil.uuy dan 8 lainnya memberi reputasi
9
8.5K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.