Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dvs22Avatar border
TS
dvs22
Apa Itu Aphasia Yang Diderita Oleh Bruce Willis?

foto: NEW YORK POST

Siapa yang tidak kenal dengan Bruce Willis? Aktor keren yang namanya melambung sebagai bintang aksi setelah memerankan John McClane di film Die Hard.


foto: The Guardian

Bruce Willis yang saat ini menginjak usia 67 tahun baru saja menyatakan akan mundur dari dunia akting setelah terdiagnosa dengan Aphasia.

Apa itu Aphasia?

Dilansir di laman ALODOKTER, Aphasia atau Afasia adalah gangguan komunikasi yang terjadi akibat adanya kerusakan pada otak. Seseorang yang terdiagnosa dengan Aphasia akan mengalami kesulitan saat berbicara, menulis, dan memahami kata-kata ketika membaca atau mendengar.

Walaupun seringkali keliru ketika memilih dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat, tapi jangan salah, Aphasia tidak akan memengaruhi tingkat kecerdasan dan daya ingat penderitanya.

Biasanya, Aphasia bisa terjadi tiba-tiba pada penderita cedera kepala atau stroke. Tapi Aphasia juga bisa terjadi secara bertahap pada penderita tumor otak dan demensia.

Aphasia dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Aphasia Wernicke di mana penderitanya akan kesulitan memahami kata-kata yang didengar atau dibaca. Aphasia Broca di mana penderitanya tahu akan apa yang ingin disampaikan tapi kesulitan saat mengutarakannya kepada lawan bicara. Aphasia Global yang merupakan jenis Aphasia paling berat ketika penderitanya tidak sanggup membaca, menulis, dan memahami perkataan orang lain. Aphasia Progresif Primer yang mengakibat penurunan bertahap secara perlahan pada kemampuan membaca, menulis, berbicara. Dan satu lagi, Aphasia Anomik yang penderitanya kesulitan untuk memilih dan menemukan kata-kata yang tepat saat menulis dan berbicara.

Dokter pertama akan melakukan pemeriksaan sistem saraf, pemeriksaan penilaian komunikasi, dan pemindaian otak seperti MRI, CT scan, dan PET scan sebelum mendiagnosa seseorang menderita Aphasia.

Untuk pengobatannya bisa dengan beberapa cara seperti terapi wicara, obat-obatan, juga prosedur operasi apabila Aphasia ternyata disebabkan oleh tumor otak.

Walaupun untuk pencegahannya sendiri masih belum tersedia cara yang pasti, namun satu yang harus diingat, untuk tetap menjalani gaya hidup yang sehat.



Sumber:
NEW YORK POST
NBC NEWS
The Guardian
ALODOKTER
iyan.raambo123
provocator3301
deddydded
deddydded dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5.6K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.