Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wa2n43Avatar border
TS
wa2n43
Pertalite Mulai Langka, Ceritanya Bakal Kayak Minyak Goreng?

Pertalite Mulai Langka, Ceritanya Bakal Kayak Minyak Goreng?


Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
NEWS 05 April 2022 14:10

Suasana antrian pengemudi motor untuk mengisi BBM di SPBU Pertamina Kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (31/3/2022) Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dinilai sudah saatnya naik. (CNBC Indonesia/ Muhamaad Sabki)
Foto: SPBU Pertamina (CNBC Indonesia/ Muhamaad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia -



Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 92 naik menjadi Rp 12.500-Rp 13.000 per liter, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dikabarkan mengalami kelangkaan BBM jenis RON 90 atau Pertalite.

Kejadian kelangkaan Pertalite yang terjadi baru-baru ini mengingatkan akan kejadian di mana masyarakat Indonesia menghadapi hilangnya minyak goreng di pasar.

Minyak goreng menjadi mahal, karena mengikuti perkembangan harga minyak kelapa sawit internasional. Hal ini membuat pemerintah akhirnya menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng untuk semua jenis sebesar Rp 14.000 per liter selama 6 bulan.

Namun kemudian, pasokan minyak goreng kembali langka dan susah didapatkan. Selang beberapa lama kemudian, pemerintah memutuskan untuk mencabut aturan HET minyak goreng, dan akhirnya membuat harga minyak goreng kini menjadi mahal, dibanderol Rp 24.000-Rp 26.000 per liter di pasaran.

Fenomena kelangkaan minyak goreng yang pernah terjadi, seperti kelangkaan Pertalite yang saat ini ramai diperbincangkan. Entah apakah ini kesalahan kebijakan pengaturan harga yang dilakukan pemerintah atau hanya permainan industri belaka untuk mengerek cuan atau keuntungan.

Menurut Ekonom Senior Chatib Basri, di pengaturan harga atau price control memang selalu tidak berbanding lurus dengan realita di lapangan. Di banyak negara, salah satunya Amerika Latin kebijakan price control selalu gagal.

"Price control dimana-mana gak bisa jalan. Jangan coba melakukan di bawah set harga produksi, itu barangnya akan hilang," ungkapnya dalam acara Indonesia Macroeconomic Updates 2022, Senin (4/4/2022).

"Itu yang menjelaskan mengapa HET kemarin barangnya hilang minyak gorengnya, karena memang price control itu tidak bisa dilakukan," tuturnya.

Chatib bilang, langkah pemerintah sudah tepat dengan melepas harga minyak goreng mengikuti mekanisme pasar, kemudian mengucurkan BLT minyak goreng kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kenapa ini saya katakan benar? karena beban dari BLT itu lebih kecil dibandingkan subsidi dari seluruh barang. Bayangkan kalau seluruh minyak gorengnya disubsidi? atau seluruh BBM-nya disubsidi? itu yang kaya juga menikmati," sambungnya.
Baca: Kenaikan Harga BBM Bisa Ngerem Konsumsi Sih, Tapi Sementara

Nah, pernyataan Chatib Basri tersebut kemudian selaras dengan rencana pemerintah yang juga ingin menaikan harga Pertalite dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran tabung 3 kilogram (kg).

Mengingat, dua komoditas ini merupakan komoditas yang disubsidi pemerintah. Bahkan, LPG tabung 3 kg sejak 2007 tidak pernah mengalami kenaikan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kenaikan harga LPG tabung 3 kg dan Pertalite akan dilakukan secara bertahap.

"Jadi overall ya akan terjadi nanti (kenaikan), karena itu Pertamax, Pertalite. Premium belum. mengenai gas (LPG) yang 3 kg itu kita bertahap. Jadi 1 April, nanti Juli, nanti bulan September, itu semua bertahap dilakukan oleh pemerintah," tutur Luhut usai uji coba pengoperasian Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (1/4/2022)


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-minyak-goreng

nomorelies
muhamad.hanif.2
MasterSims
MasterSims dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.3K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.