Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hal dan Kegiatan Ini Hanya Bisa Ditemui di Bulan Ramadhan, Apakah Itu?

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Hal dan Kegiatan Ini Hanya Bisa Ditemui di Bulan Ramadhan, Apakah Itu?
Hai, Gansist!

Pertama-tama aku ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini.

Membicarakan bulan Ramadhan, tentunya banyak sekali keistimewaannya. Tapi kali ini aku akan membahas tentang hal yang mungkin hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan. Meskipun kemungkinan kegiatan ini akan ditemukan pada bulan lain tetapi hal ini sudah semacam trade mark dari bulan Ramadhan.

Apakah hal atau kegiatan tersebut? Mari simak thread aku, yang akan menyajikan hal dan kegiatan lumrah ada di saat bulan Ramadhan. Kegiatan itu adalah sebagai berikut:

1. Salat Taraweh


Ini hal yang sudah pasti dan tentu hanya ada di bulan Ramadhan, yakni salat Taraweh. Salat yang dilakukan setelah melaksanakan salat Isyak. Salat Taraweh memang hanya dilakukan di bulan puasa. Kalau masjid di dekat rumah aku salat tarawih sebanyak 8 rakaat ditambah salat witir 3 rakaat.

2. Minta tanda tangan imam taraweh


Kegiatan minta tanda tangan ini sering dilakukan oleh anak SD dan SMP sebagai tugas dari sekolah yang diberikan oleh guru agama. Biasanya, mereka disuruh meminta tanda tangan dari iman dan khotib salat Taraweh juga menuliskan tentang ceramah yang disampaikan saat kultum.

3. Kentongan sahur

{thread_title}


Gerebek sahur, kentongan sahur, gugah sahur mungkin di daerah Gansist beda penamaannya. Kegiatan ini dilakukan dengan mengelilingi kampung sambil membunyikan bunyi-bunyian dengan alat seadanya. Galon air, ember, Kaling, kentongan dan lain-lain yang dipukul sehingga memberikan nada yang cukup harmonis.

4. Ngabuburit


Ngabuburit atau menunggu bedug Magrib. Kegiatan ini pun hanya ada di bulan Ramadhan. Biasanya dilakukan oleh kalangan remaja dan muda-mudi. Kegiatan ngumpul-ngumpul sambil nunggu bedug magrib bisa dilakukan di halaman stadion, di alun-alun, di pantai, di taman, jalan-jalan pasar tiban ramadhan, atau pun di tempat umum lainnya.

5. Bukber


Bukber atau singkatan dari buka bersama. Kegiatan buka puasa bersama yang sering dilakukan oleh teman sekolah, teman gank atau teman kerja yang dilakukan di rumah makan atau warung makan, dll. Kalau buka bareng di rumah dengan keluarga, bisa disebut bukber, nggak, sih?

6. Meriam bambu


Meriam bambu, dulu waktu kecil aku juga selalu bikin meriam bambu ini. Dibunyikan di kebon dan biasanya sore sambil nunggu buka puasa. Bahanya cuma dari bambu yang dilubangi sedemikian rupa lalu dimasukan minyak tanah, kemudian dinyalakan pakai korek. Kalau bunyi kenceng bisa mengunakan air lalu masukkan batu karbit.

Nah, itulah hal atau kegiatan yang ada di bulan Ramadhan. Dari ke 6 hal tersebut mungkin dari Gansist ada yang mempraktekkan. Silakan kasih testimoni di kolom komentar.

Sekian dari aku sampai jumpa pada thread aku selanjutnya. Terima kasih atas atensinya.

Gambar: google.com
Narasi: opini pribadi

Diubah oleh dalledalminto 03-04-2022 14:07
jicho22
sihasbismart
nomorelies
nomorelies dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.9K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.