• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Uniknya Generasi Serba Rekam, Ingat Bahayanya Jika Tidak Bisa Mengontrol Diri Sendiri

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Uniknya Generasi Serba Rekam, Ingat Bahayanya Jika Tidak Bisa Mengontrol Diri Sendiri
Konten Sensitif
Apapun aktifitas dan kegiatannya, generasi zaman now utamakan dokumentasi.
Apakah ada bahaya yang mengancam?


Unik, adalah satu kata yang dapat menggambarkan anak-anak zaman now. Apa yang membuat anak zaman now terlihat unik?

Agan dan Sista pasti merasakan sendiri dimana setiap saat dan setiap waktu, anak-anak selalu dekat dengan gadget dan merasa tidak dapat hidup tanpa benda canggih tersebut. Ditambah entah sadar atau tidak anak zaman sekarang lebih senang mengabadikan momen mereka dengan merekam dan meng-upload segala bentuk aktivitas atau kegiatan mereka ke media sosial.

Merekam segala bentuk aktivitas mulai dari bangun tidur, mandi, makan, beribadah, kerja, jalan-jalan, liburan, pacaran, mesra-mesraan, bahkan sampai tidur lagi semua didokumentasikan seolah-olah mereka akan lupa apa yang mereka lakukan jika semua tidak direkam dan dibagikan.

Lebih parahnya lagi banyak anak-anak atau bahkan orang dewasa zaman now yang sengaja merekam sesuatu yang tidak baik (perbuatan tercela) hanya untuk mengancam kekasihnya agar tidak berani macam-macam.

Kebiasaan unik merekam segala aktivitas ini terjadi setelah berkembangnya tekhnologi ya GanSis.
Jika dulu merekam atau mendokumentasikan sesuatu hanya pada momen-momen penting, saat ini semua momen dianggap penting sehingga tidak boleh dilewatkan untuk selalu diabadikan, disimpan, atau dibagikan.




Saat ditanyakan apakah kebiasaan merekam dan membagikan segala bentuk aktivitas ini normal atau tidak, tentu jawabannya tidak ya GanSis.
Sebab merekam dan membagikan semua momen tanpa melihat situasi dan kondisi ini juga dapat berbahaya bagi diri sendiri, orang lain, dan juga bisa menjadi penggambaran simpati serta empati seseorang terhadap lingkungan sekitar.

Lalu apa sih bahaya dari kebiasaan merekam dan membagikan momen tanpa kontrol diri yang baik?
Berikut beberapa bahayanya GanSis.


1. Tidak Ada Privasi

Tanpa sengaja saat Agan dan Sista merekam dan membagikan setiap momen di media sosial itu tandanya GanSis tengah membongkar tembok-tembok privasi yang seharusnya tidak dibongkar.

Dengan tidak adanya privasi yang dijaga maka akan ada orang-orang luar yang ikut campur dalam kehidupan Agan dan Sista seperti memberikan komentar, mengata-ngatai, atau nyinyir terhadap apa yang Agan dan Sista lakukan meskipun itu tanpa diminta.

2. Rawan Kejahatan

Ini adalah bahaya yang tidak bisa disepelekan GanSis. Banyak orang-orang jahat yang memantau target atau mangsa dari media sosial dan mereka akan mencari orang-orang yang sering membagikan momen untuk memantau dimana target berada.

Saat Agan dan Sista melakukan siaran langsung atau mengunggah foto di tempat tertentu, maka disitulah para pelaku kejahatan yang telah mengintai GanSis akan melancarkan aksi mereka.

3. Terjerat UU ITE

Merekam dan menyebarluaskan sebuah berita atau kejadian yang Agan dan Sista alami atau lihat secara langsung tanpa izin yang bersangkutan ini juga dapat membawa Agan dan Sista dalam masalah.

GanSis dapat dituntut dengan UU ITE saat merekam dan menyebarluaskan sesuatu yang membuat orang lain merasa namanya dicemarkan atau apa yang GanSis lakukan membuat orang lain dirugikan.

4. Banyak Iri Dengki

Menjadi bahan gunjingan juga tidak luput akan Agan dan Sista rasakan saat apapun yang GanSis lakukan atau miliki direkam dan dipamerkan di media sosial.

Orang-orang yang tidak suka akan nyinyir memberikan tanggapan mereka bahkan juga dapat mengakibatkan iri dengki orang lain.

5. Mengutamakan Dokumentasi dari Rasa Empati

Hilangnya rasa empati karena asik dokumentasi, ini juga sudah mulai banyak ditemui GanSis.

Saat melihat bencana alam, kecelakaan lalu lintas, orang kesusahan, yang diutamakan bukan lagi rasa empati untuk membantu orang yang tengah kesusahan melainkan berebut mendokumentasikan dan membagikan momen kenelangsaan atau kesusahan orang lain. Tentu hal ini sangat disayangkan dan tidak untuk diterus-teruskan ya GanSis.

sumber gambar

Itulah tadi GanSis beberapa bahaya yang wajib Agan dan Sista ketahui dari hobi atau kebiasaan merekam dan membagikan setiap momen di media sosial.

Agan dan Sista harus tahu mana momen yang bisa diabadikan dan dibagikan, mana momen yang tidak perlu direkam dan diabadikan, serta momen-momen yang hanya bisa didokumentasikan saja tanpa harus diunggah ke media sosial.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang dapat Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3


makola
tsubasagebok
screamo37
screamo37 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.3K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.