ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Grandfather Paradox, Kebenaran Dari Perjalanan Waktu.


Paradoks adalah sebuah pernyataan yang bertentangan satu sama lain. Di satu waktu pernyataan tersebut merupakan kebenaran, tapi di waktu yang sama juga tidak benar. Paradoks sudah lama menjadi pembicaraan yang membuat banyak kepala meledak karena pusing memikirkan jawaban dari pertanyaan yang sebenarnya… tidak terlalu penting.

Salah satu paradoks yang paling terkenal adalah Grandfather paradox. Katakanlah, entah bagaimana, Anda berhasil kembali ke masa lalu dan membunuh kakek Anda sendiri. Apa yang akan terjadi? Tentunya jika kakek Anda mati, maka Anda tak akan pernah terlahir dan jika Anda tak pernah terlahir maka siapa yang membunuh kakek Anda? Kakek Anda tentunya tak akan mati dan karenanya Anda akan lahir dan kemudian Anda akan membunuh kakek Anda lalu Anda tak akan lahir dan kakek Anda akan selamat dan Anda akan lahir. Bingung? Yep, paradoks.



Jika menggunakan konsep multiverse maka pertanyaan ini menjadi lebih sederhana, tapi bagaimana jika waktu yang kita jalani ini tidak paralel melainkan hanya satu garis waktu?

Okay, pikirkan perlahan. Anda kembali ke masa lalu dan kemudian membunuh kakek Anda, berhenti dulu sampai di sini. Jika menggunakan konsep time travel dari film Back to the Future maka masa depan sudah berubah di mana orangtua Anda tidak pernah lahir, Anda juga tak pernah terlahir dan tak pernah kembali ke masa lalu. Lalu, apakah kakek Anda tidak akan terbunuh?

Sayangnya saya rasa tidak begitu. Garis waktu berubah setelah Anda membunuh kakek Anda, dengan kata lain kematian kakek Anda adalah sesuatu yang harus terjadi agar masa depan berubah. Anda membunuh kakek Anda dan waktu akan tetap berjalan seperti biasa. Kakek Anda mati, ayah/ibu Anda tak pernah lahir dan Anda tak pernah lahir. Anda lahir atau tidak itu tidak akan merubah apa pun karena kakek Anda sudah mati, titik. Siapa yang membunuh kakek Anda? Itu tidak penting karena yang penting adalah kakek Anda mati.



Contohnya begini. Anda kembali ke tahun 1950 dari tahun 2000 dan membunuh kakek Anda. Dengan kata lain 50 tahun yang terjadi antara 1950 dan 2000 akan lenyap, sejarah akan ditulis dari awal dengan kematian kakek Anda sebagai pacuan. Apakah Anda yang kembali ke masa lalu akan lenyap? Kemungkinan besar begitu, dengan kata lain Anda juga tak akan pernah ke masa lalu. Namun, apa yang 'seseorang' lakukan pada 1950 tidak akan hilang karena sejarah yang ditulis ulang hanya berawal dari kematian kakek Anda, fakta bahwa 'seseorang' telah membunuh kakek Anda tidak akan berubah.

Inilah pertanyaan yang sebenarnya, siapa yang telah membunuh kakek Anda? Anda tidak akan lahir, tapi orang itu akan membunuh kakek Anda. Rasanya seolah-olah ada tangan gaib yang tiba-tiba muncul dan menusukkan pisau ke jantung kakek Anda. Jika menggunakan istilah supranatural maka itu adalah 'karma' yang tercipta akibat seseorang yang merusak aliran waktu.



Istilah karma memang sulit diterima dan tidak masuk akal, karena itulah garis waktu paralel lebih mudah dimengerti dan secara sains lebih memungkinkan. Inilah jawaban dari Grandfather paradox, suka atau tidak pertanyaan ini memang menimbulkan rasa pusing dan juga tidak enak di otak.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 04-04-2022 08:34
Andriana7
anangf
dino668
dino668 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.9K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.