• Beranda
  • ...
  • Buku
  • "Cinta Dua Kodi" Buku Tentang Cinta dan Perjuangan Bertahan Hidup

berbagi274Avatar border
TS
berbagi274
"Cinta Dua Kodi" Buku Tentang Cinta dan Perjuangan Bertahan Hidup

Quote:



Spoiler for Dokumentasi Pribadi:


Siapa yang tak mengenal Asma Nadia, karya-karyanya banyak yang menjadi best seller. Sebagian malah sempat menjadi film layar lebar, salah satunya Surga yang Tak Dirindukan yang diperankan oleh Fedy Nuril dan Laudya Chintia Bella yang berhasil memainkan emosi penontonya.

Saya mendapat rekomendasi buku ini dari penggemar berat Asma Nadia, yaitu istri saya. Niat banget merekomendasikannya. Katanya buku ini bagus untuk dibaca oleh pasangan suami istri, apalagi usia pernikahannya masih seumur jagung, wajibul kudu baca buku ini. Ya, tahun-tahun awal pernikahan terkadang cukup berat bagi beberapa pasangan. Proses penyesuaian diri dengan keluarga baru dari pasangan tak mudah dilakoni.

Harus diakui, saya baper baca novel ini. Saya membacanya saat perjalanan Cirebon - Purwekerto. Beberapa bab membuat saya meneteskan air mata, bukan hanya menetes tapi mengalir cukup deras. Karena malu, takut dilihat penumpang lain saya berhenti membaca sejenak dan menutup wajah saya, lalu pura-pura tidur.

Diksi yang dipilih bu Asma memang tidak terlalu sastrawi. Kata dan kalimatnya ringan, membuat enak dibaca. Namun, beliau paling pandai memainkan emosi pembacanya. Novel-novel yang saya kenal dan sebagiannya pernah saya baca hampir semua bercerita tentang perempuan dan cintanya yang tidak biasa saja.

Novel ini pun bercerita tentang dua sosok perempuan yang luar biasa. Ada Aryani, seorang ibu tangguh yang berjuang mengurus anak pertamanya, Suci yang merupakan anak berkebutuhan khusus. Ia berjuang sejak hamil. Suaminya lebih senang menghabiskan waktu untuk bekerja, nyaris tak pernah membantu pekerjaan rumahnya. Bahkan Aryani pun harus bekerja untuk menambah pundi-pundi keuangan dapur yang dikelolanya. Padahal suaminya seorang pejabat pemerintah yang gajinya tidak sedikit. Sayang, ia lebih mementingkan gengsi dan harga diri keluarga besarnya. 

Sosok perempuan kedua adalah Kartika, anak bungsu Aryani. Meski anak bungsu, tapi ia tidak pernah dimanja layaknya anak bungsu kebanyakan. Ayahnya dapat dikatakan pilih kasih. Kedua kakak laki-lakinya diberikan porsi lebih untuk mengembangkan diri, sedangkan untuknya ia hanya mendapat sekadarnya saja. Bahkan pujian pun tak pernah mampir padanya meski ia sudah menjadi anak yang baik dan berprestasi.

Ketangguhan yang diwarisi dari ibunya ia bawa hingga usia dewasa. Ia adalah perempuan idealis, principle, bekerja keras dan untuk urusan cinta ia perempuan yang setia. Sebelum menikah ia harus melalui hubungan cinta jarak jauh dengan calon suaminya. Ia di Jakarta, calon suaminya di Kalimantan.

Awal pernikahannya mendapatkan cobaan yang luar biasa, bahkan dimulai saat bertunangan. Ia dan suaminya terbentur dengan adat dan budaya yang berbeda. Ditambah ibu mertua Kartika dengan keras tidak merestui hubungan mereka. Alhasil Kartika harus menelai pil pahit dari hubungan mertua dan menantu yang tidak harmonis tersebut.

Bagian yang menurut saya paling menegangkan dan sangat menguras emosi itu saat ibu mertua Kartika memberikan ultimatum pada suaminya. Saat ia sakit, dan sakitnya cukup parah ia membinta suami Kartika untuk menceraikannya. Bahkan ketika mendengar bahwa Kartika hamil, ibu mertuanya meminta untuk menggugurkan kandungannya.

Kartika galau berat, begitu pun suaminya. Kartika harus memilih patuh pada suami yang menurut pemahamannya itu sebuah kewajiban, atau mempertahankan jabang bayi dalam perutnya yang itu juga sebuah tanggung jawab yang besar kepada Sang Pencipta.

Meski ujungnya sudah dapat ditebak pasti happy ending, tapi proses sampai ke ujungnya itu benar-benar membuat saya penasaran. 

Novel ini benar-benar syarat akan nilai-nilai untuk kehidupan sehari-hari. Menurut pembahasan di akhir novel, ide ceritanya berasal dari kisah nyata. Serius, bagi Agan dan Aganwati yang belum sempat membacanya, wajib deh pokoknya. 


Quote:






evihan92
suciasdhan
uliyatis
uliyatis dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.4K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.