Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
PM Malaysia Sebut Jokowi Setuju Perkuat Bahasa Melayu
Jakarta - Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Usai pertemuan, PM Malaysia menyatakan Jokowi juga mendukung penguatan bahasa rumpun Melayu.
"Kami juga setuju dan berterima kasih kepada Presiden karena setuju dengan Malaysia untuk memperkuat bahasa Melayu, bahasa Melayu yang merupakan bahasa serumpun," kata PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob dalam keterangan pers bersama dengan Presiden Jokowi, disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/4/2022).

Ismail Sabri Yaakob menjelaskan, bahasa rumpun Melayu digunakan di Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Thailand selatan, etnis Champa di Kamboja, Filipina, dan Singapura.

"Jadi, kami sepakat, siap dengan antarbangsa. Saya, seperti Presiden, akan menggunakan bahasa Melayu sebagai media komunikasi kita dan kita sepakat bahwa jika kita bekerja sama untuk memperkuat bahasa rumpun Melayu ini, bahasa rumpun Melayu, mungkin suatu saat bisa dijadikan bahasa ASEAN," kata Ismail Sabri Yaakob.

Ismail Sabri Yaakob yang berbicara menggunakan bahasa Melayu dialek Malaysia ini (sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia di berita ini) menggunakan istilah 'bahasa rumpun Melayu'. Dia berterima kasih kepada Jokowi lantaran sudah setuju dengan idenya ini, termasuk berterima kasih atas kesepakatan-kesepakatan dalam ranah lainnya meliputi kesepakatan buruh migran hingga soal perbatasan negara.

"Jadi terima kasih sekali lagi, Pak. Saya percaya apa yang kita lakukan hari ini akan menguntungkan kedua bangsa, kedua negara. Dan, saya yakin kita akan mempererat hubungan erat antara Malaysia dan Indonesia," kata Ismail Sabri Yaakob dalam jumpa pers jelang salat Jumat ini.

Sebelumnya, 24 Maret, Ismail Sabri Yaakob menyatakan soal usulan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN. Malaysia akan segera berbicara dengan pemimpin ASEAN untuk membahas usulan ini. Dan kini, dia bertemu Jokowi.

https://news.detik.com/berita/d-6011...bahasa-melayu.
Orang Malaysia paham apa yang diomongkan orang Indonesia dan sebaliknya
Ancaman bahasa Melayu terhadap bahasa asing lumayan dengan dicampurkan dengan bahasa Inggris. Apakah ada strategi untuk memperkuat bahasa Melayu/Indonesia terhadap bahasa asing?

Selain itu juga mau mengadlikan kendalikan sawit dunia!

Jreng! RI-Malaysia Tiba-Tiba Akur Mau Kendalikan Sawit Dunia
PM Malaysia Sebut Jokowi Setuju Perkuat Bahasa Melayu
Foto: Presiden Joko Widodo Menerima Kunjungan Kerja Perdana Menteri Malaysia, Istana Merdeka,1 April 2022. (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dan Malaysia sepakat mengendalikan harga minyak sawit dunia. Hal itu terungkap dari pernyataan Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta, Jumat, 1 April 2022.
Founder dan Direktur Eksekutif Palm Oil Agribusiness Policy Institute (PASPI) Tungkot Sipayung menilai, kesepakatan tersebut menjadi sinyal bagi arah peran dan kebijakan Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Yakni, dewan negara penghasil minyak sawit, Council of Palm Oil Producing Countries.

"Wow..berarti CPOPC mengarah menjadi kartel seperti OPEC dulu. Setiap tahun anggota CPOPC bersidang menetapkan harga CPO dunia, dan mengatur stok dan pasokan CPO ke dunia," kata Tungkot kepada CNBC Indonesia, Jumat (1/4/2022).

Didampingi Presiden Joko Widodo, PM Malaysia, PM Malaysia mengatakan, kedua negara sepakat bahwa harga sawit dunia memang harus ditentukan Indonesia-Malaysia. Sebagai, produsen utama minyak sawit dunia.

"Kami berdua bersetuju harga minyak kelapa sawit patut ditentukan bersama oleh pihak Malaysia dan Indonesia dan tidak bersaing dari segi penetapan harga. Karena Malaysia dan Indonesia merupakan dua negara yang menguasai keseluruhan dari segi ekspor minyak kelapa sawit," kata PM Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob dalam tayangan akun Youtube Sekretariat Presiden.

Tungkot mengatakan, jika mengacu pernyataan PM Malaysia tersebut, ke depan, rencana pasokan akan ditentukan dalam sidang CPOPC.

"Bahasa ekonominya kartel. Kartel nggak selalu negatif. Dengan kartel ini, CPOPC akan mengatur dan mengelola stok minyak sawit dunia. Tanpa kartel, harga sawit akan lebih rendah," ujarnya.

Sebab, imbuh dia, tujuan kartel adalah untuk mendongkrak harga jadi lebih tinggi.

Selanjutnya, kata Tungkot, perubahan peran CPOPC itu akan disertai perubahan-perubahan kebijakan di negara anggota, Indonesia dan Malaysia.

"Ini akan mempengaruhi harga internasional. Karena itu, akan berdampak pada perubahan kebijakan di Indonesia, PR-nya banyak. Mulai dari kebijakan tarif pungutan ekspor (PE) dan bea keluar (BK)," katanya.

Tungkot mengatakan, jika CPOPC menjadi seperti OPEC, [/B]peran Indonesia sebagai penentu harga sawit dunia semakin besar.[/B]

"Karena Indonesia adalah produsen terbesar. Siapa yang menguasai stok dia yang menentukan. Malaysia itu hanya separoh kekuatan," kata Tungkot.

Dia menambahkan, meski Malaysia memiliki bursa CPO sendiri, tidak menjadi jaminan kekuatan menentukan harga di pasar.

"Di Rotterdam juga ada bursa. Kuncinya stok," kata Tungkot.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...an-sawit-dunia

Semoga harga minyak goreng bisa diturunkan lewat ini
MasterSims
Sickmaster
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.