Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Ingatkan Taliban, Menlu Retno: Jangan Sampai Afghanistan Jadi Negara Gagal
Ingatkan Taliban, Menlu Retno: Jangan Sampai Afghanistan Jadi Negara Gagal

Kamis, 31 Maret 2022 19:09 WIB




X


Seorang siswa sekolah dasar kelas 4 di Kabul, Afghanistan, 25 Oktober 2021. Taliban melarang perempuan mengakses pendidikan sekolah menengah. REUTERS/Zohra Bensemra/File Photo

TEMPO.CO, Jakarta-Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan 'Neighbouring Countries of Afghanistan + Afghanistan' Foreign Ministers’ Dialogue dalam lawatan ke China pada Senin hingga Kamis, 29-31 Maret 2022.

Selain Afghanistan, pertemuan tersebut dihadiri oleh negara-negara tetangganya, seperti Cina, Rusia, Iran, Pakistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan.
Dalam forum tersebut, Indonesia, yang hadir dengan Qatar sebagai tamu, menyampaikan sebuah kesepakatan kedua negara untuk menawarkan beasiswa dan capacity building, terutama untuk kaum perempuan Afghanistan.

Perjanjiannya sendiri, secara formal sudah diteken pada 26 Maret lalu.

"Negara tetangga Afghanistan memiliki peran penting yang dapat dimainkan yaitu membantu rakyat Afghanistan agar dapat hidup damai dan sejahtera," kata Retno saat jumpa pers virtual Kemlu RI, Kamis, 31 Maret 2022.
Selain itu, Retno juga menyampaikan beberapa pemikirannya dalam forum tersebut, tentang bagaimana menciptakan Afghanistan yang damai, stabil, dan sejahtera. Menurut Retno, ada tiga hal yang perlu dilakukan Taliban supaya Afghanistan tidak gagal, yakni, pemenuhan janji, prioritas kemanusiaan, dan pembangunan ekonomi.

"Pemenuhan komitmen tersebut akan menciptakan enabling environment bagi dukungan internasional terhadap pembangunan ekonomi Afghanistan. Bantuan kemanusiaan saja tidak cukup, maka perlu mulai dipikirkan mengenai isu pembangunan."
"Saya sampaikan, trust atau kepercayaan ini tidak jatuh dari langit, namun harus dibangun dan dipelihara oleh Afghanistan. Trust akan tercipta apabila Taliban melakukan langkah maju, dan memenuhi semua komitmen yang telah disampaikan pada Agustus tahun lalu," tutur Retno.

https://dunia.tempo.co/read/1577045/...l/full&view=ok
bukan.bomat
muhamad.hanif.2
franco20
franco20 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.