Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

imamsaputAvatar border
TS
imamsaput
PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19
    
PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19

 
Halo semuanya Rizky Imam Saputra dari Universits Pamulang mau memberikan informasi loh mengenai Pendidikan di masa pandemi Covid-19. Yuk di simak penjelasan mengenai pendidikan di masa pandemi Covid-19!
Sudah hampir 2 tahun di semester 2 di tahun 2022 pandemi covid-19 yang melanda dunia telah mengubah sistem kehidupan manusia di segala bidang kehidupan, contohnya di bidang pendidikan. Adanya kebijakan untuk melakukan work from home (WFH), social dan physica distancing, yang mengharuskan masyarakat di manapun tetap dirumah saja, bekerja, belajar dan beribadah pun harus di lakukan di dalam rumah. Kondisi yang sedemikian itu menuntut lembaga pendidikan melakukan inovasi dalam proses ngajar mengajar. Dengan di mulai nya penghapusan Ujian Nasional, belajar di rumah menggunakan aplikasi, kuliah daring, bimbingan dan seminarpun dilakukan secara daring. Kuliah daring, seminar dan bimbingan merupakan contoh dari pelayanan di bidang pendidikan yang mempercepat teknologi dalam bidang pendidikan di tengah pandemi Covid-19 ini, para pengajar dan peserta didik diharapkan dapat menyesuaikan diri dan dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Untuk saat ini pemerintah masih menyarankan untuk melakukan kuliah bagi para mahasiswa atau sekolah untuk para pelajar di lakukan secara daring. Karena masih terlihat tingginya angka Covid-19 di indonesia ini tepatnya di ibukota indonesia itu sendiri yaitu DKI Jakarta.

MENGENAL PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah pendidikan formal yang berbasis lembaga peserta didik dan instrukturnya yaitu pengajar berada di lokasi yang terpisah dari peserta didiknya sehingga kita memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan antara keduanya yaitu antara peserta didik dan pengajar dan di perlukan berbagai sumber daya alam di dalamnya. Pembelajaran Jarak jauh ini biasa di sebut dengan istilah (E-Learning) atau pembelajaran daring (online) E-Learning merupakan bagian dari pendidikan yang secara khsus menggabungkan antara teknologi elektronika/gawai dan teknologi yang berbasis jaringan internet.
Munculnya grafik yang terus meningkat dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi memunculkan peluang maupun tantangan baru di dalam dunia pendidikan. Salah satu dari peluang baru yang muncul ialah akses sumber materi yang jauh lebih luas terhadap konten mutimedia yang lebih kaya, dan berkembang nya metode pembelajaran yang baru dan tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu untuk belajar. Di sisi lain kemajuan teknologi dengan beragam desain digital yang terus berkembang juga menghadirkan tugas-tugas yang baru bagi pemangku atau penyelenggara pendidikan untuk terus menyelaraskan kegiatan ngajar mengajar yang di lakukan secara daring (online).
 
 TANTANGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
            Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan utama dalam menyerap semua materi yang di pilih peserta didik pada masa pandemu covid-19 ini. Daring dan luring merupakan cara untuk bagaimana peserta didik melakukan proses PJJ. Penguasaan IT dan adaptasi siswa/siswi dalam mempelajari materi yang berbeda dengan yang biasa dilakukan, itu merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh penyelenggara pendidikan. Penguasaan teknologi dalam menggunakan laptop, handphone atau komputer dan berbagai jenis media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembelajaran daring tersebut menjadi hal yang sangat perlu untuk kita perhatikan. Apapun bentuk proses pembelajaran baik daring dan luring harus tetap dilakukan agar pembelajaran tetap berjalan dengan apa yang bisa dilakukan untuk saat ini. Berbagai cara telah dilakukan agar proses pembelajaran dapat berlangsung dan peserta didik bisa merasakan pendidikan walaupun menggunakan kurikulum darurat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendikan indonesia. Agenda kegiatan pembelajaran yang tertulis dalam rencana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berupa skema pembelajaran yang ditulis dalam sebuah tugas yang berfungsi untuk menjadi pengganti kegiatan peserta didik yang semula dilakukan secara tatap muka (luring) dilakukan dengan menggabungkan dengan peran orang tua peserta didik dalam proses pembelajaran yang dilakukan di rumah.
            Orang tua turut berperan penting sebagai pendamping bagi para peserta didik saat melakukan E-Learning/pembelajaran online yang dilakukan di rumah. Meskipun terdapat kendala di lapangan, misalnya kurangnya pengetahuan peserta didik dalam bidang IT, bahkan ada sebagian dari peserta didik ini yang tidak mempunyai gawai/handphone sehingga ini menjadi tantangan terberat siswa/siswi saat ini dalam melaksanakan belajar jarak jauh. Untuk itu peran dari pengajar, orang tua/wali dan peserta didik sendiri itu juga harus bisa bekerja sama dalam menumbuhkan semangat belajar yang tinggi dan juga mencari probem solvingdalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh siswa/siswi dala menyerap materi baik daring maupun luring. Peserta didik harus tetap belajar di rumah saat pandemi Covid-19 ini guna menjawab tantangan untuk pembelajaran di masa pandemi Covid-19 saat ini. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir agar tercipta pembelajaran yang normal seperti sebelumnya Aamiin.
Rizky Imam Saputra
Mahasiswa prodi Teknik Informatika
Universitas Pamulang
ferdinurrochim
ferdinurrochim memberi reputasi
1
673
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.