• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lakukan 5 Cara Ini Sekarang, Puasa Ramadanmu Inshaallah Lancar dan Sukses!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Lakukan 5 Cara Ini Sekarang, Puasa Ramadanmu Inshaallah Lancar dan Sukses!




[ HT# 990 ]

Sebagai ummat Muslim yang taat dan patuh pada perintah Tuhannya, Allah SWT, menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan adalah salah satu bukti kita beriman, sanggup melakukan, dan mengamalkan perbuatan baik dengan iklash dan tawakal.

Ramadan tinggal menghitung hari, bulan penuh berkah dimana ibadah atau perbuatan baik sekecil apapun akan mendapat ganjaran pahala berkalilipat dari bulan-bulan lainnya. Begitu istimewanya bulan Ramadan dosa-dosa kita akan dihapus 10 hari terakhir berpuasa, shalat sunah pahalanya shalat wajib, shalat wajib pahalanya 70x dll. Maka kita seharusnya berlomba mengerjakan ibadah wajib lebih khusu', perbanyak berbuat kebaikan, beramal, membaca Al Quran, perbanyak shalat sunnah, dan perbanyak dzikir.

Ummat Muslim sejati tentu akan menyambut antusias kedatangan bulan Ramadan ini. Untuk itu saya akan bagikan tips buat kamu yang mungkin masih menghadapi kendala ketika menjalankan ibadah puasa. Tentu saja puasanya orang dewasa berbeda dengan cara berpuasanya anak-anak. Lapar, haus, sabar, dan menahan nafsu keduniawian baru dasar dalam tingkatan berpuasa yang lebih tinggi.

Jadi, mari kita mulai pemanasannya dari sekarang.





Nah, supaya puasamu bisa lancar dan tidak 'bolong' di tengah jalan alangkah lebih baik kita mulai membiasakan diri dari sekarang seperti melakukan ibadah shalat tepat waktu, yang tadinya shalat dilakukan diujung waktu mulai sekarang lakukanlah tepat waktu dimasjid terutama bagi kaum laki-laki.

"Sebaik-baiknya melaksanakan sholat adalah di awal waktu. Atau ketika mendengar kumandang adzan atau pun menyadari telah masuk waktu sholat".




Kedua, mulai mengurangi porsi makan dan minum. Cobalah untuk melakukan ini secara bertahap agar disaat puasa ramadan dijalankan kita mulai terbiasa dengan rasa lapar dan haus. Lakukan setiap hari mengurangi jumlah porsinya, tidak perlu terlalu ekstrim tapi bertahap dalam 10 hari misalnya, dihari terakhir setidaknya terbiasa makan 3 - 5 suap sendok dalam 1 porsinya dan segelas air putih hangat. Jangan lupa makan buah, dan kurma jika ada.

"Makan dan minumlah kamu dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan".





Sedikit berbicara tapi banyak kerja. Perbanyak berkata baik atau diam. Dalam pergaulan adalah hal biasa ketika kita mungkin terlalu banyak bicara dengan topik yang 'tidak penting'. Mulai saat ini cobalah memfilter pembicaraan yang keluar dari mulut kamu dan kurangi durasi bicaramu. Gantilah dengan berdzikir didalam hati.

"Ghibah sangat dilarang karena berisiko menimbulkan fitnah. Perlu diketahui, seseorang yang berghibah bahkan diibaratkan seperti memakan bangkai saudaranya sendiri".




Membiasakan bangun lebih pagi dari biasanya. Kalau kita biasa shalat shubuh tepat waktu mungkin akan mudah beradaptasi dengan waktu sahur, tapi buat yang jam 'biologisnya' masih berantakan, tidur malam suka-suka, maka mulai sekarang lakukan tidur secara lebih tertib. Pasang alarm atau minta bangunkan orang rumah. Membiasakan bangun tidur lebih cepat dari biasanya maka disaat jam sahur datang kamu sudah terbiasa dan tidak merasa pusing melakukannya diawal bulan puasa.

"Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan. Selain itu mereka yang bangun subuh, juga mendapatkan doa selamat dari para malaikat".




Kapan terakhir kamu membuka lembaran Al Qur an? Nah, mulai sekarang, sesibuk apapun kamu cobalah kembali membiasakan diri membaca Al Quran. Beruntung saat ini Al Quran ada dalam bentuk aplikasi di hp, membacanya jadi praktis dan mudah dilakukan kapan saja. Jika ada waktu lebih cobalah untuk memahami makna arti bacaannya dan sambil melengkapi koleksi hafalan bacaan surah ibadah shalatmu.

"Membaca Al-Quran, memperoleh pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT, menjadi manfaat paling utama. Allah SWT memahami niat kita dalam membaca kitab suci tersebut walaupun kita tengah terbata-bata saat melaksanakannya".



Nah, itulah 5 hal yang biasa saya lakukan agar ketika kita menjalani puasa Ramadan tidak lagi mengalami kesulitan tapi menjalaninya tanpa beban dan seolah sudah terbiasa.

Sebelum mengakhiri thread ini saya mendoakan semua semoga ibadah puasa kita tahun ini diberikan kemudahan, segala amal perbuatan baik kita diterima-Nya, dan menjadi manusia berkepribadian muslim lebih baik lagi dan bermanfaat bagi sesama. Aamiin allahumma aamiin('kabulkanlah ya Allah kabulkanlah'). Semoga bermanfaat.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 03-04-2022 01:21
tome123
aldo12
gaul12
gaul12 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.5K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.