• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pelajar Bandung Ditodong Jambret, Minta Tolong Nggak Ada yang Nolong, Lah???

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Pelajar Bandung Ditodong Jambret, Minta Tolong Nggak Ada yang Nolong, Lah???


Pada hari Sabtu kemarin sebuah kejadian yang cukup mengherankan terjadi di Bandung yang mana seorang pelajar Smp ditodong oleh dua orang tak dikenal dan dirampas barang-barangnya. Kejahatan memang bisa terjadi di mana-mana dan bisa menimpa siapa saja tapi anehnya kejahatan ini terjadi di siang bolong, terlebih lagi terjadi di tengah keramaian.

Sudah jelas si pejambret benar-benar nekad tapi hal yang paling aneh adalah saat si korban berteriak meminta tolong, tak ada siapa pun yang bahkan menoleh untuk menolongnya. Kejadian ini terjadi di pinggir sebuah jalan besar tapi sekali lagi orang-orang lebih memilih mengurus kegiatan mereka masing-masing dibanding menolong sang korban.



Rekaman cctv yang memperlihatkan kejadian itu memang benar-benar aneh. Setidaknya meski tidak membantu orang-orang biasanya akan menonton atau merekam kejadian untuk diunggah ke instagram, tetapi dalam rekaman tersebut orang-orang di tempat kejadian bahkan tidak menoleh seolah-olah semua itu hanyalah adegan sinetron yang payah.

Entah apa pun kebenarannya ada satu hal yang benar-benar membuat saya terganggu. Saya masih ingat jelas dengan kejadian seorang kakek yang dikeroyok hingga tewas karena dituduh maling. Saat itu orang-orang langsung ikut mengeroyok tanpa tahu apa-apa dan tanpa adanya bukti yang jelas, tetapi dalam kejadian si anak Bandung orang-orang sama sekali tidak bereaksi padahal kejahatan jelas-jelas terjadi di depan mata.



Ironis? Sudah pasti. Saya tak tahu apakah orang-orang sudah belajar dari kasus sang kakek agar tak main hakim sendiri, tapi tidak ikut campur saat kejahatan terjadi bisa dianggap sebagai sebuah kejahatan. Jika Anda berada dalam keadaan seperti itu dan melihat bahwa pelaku memegang senjata maka mungkin tak sanggup menolong korban tapi Anda tetap bisa melakukan hal-hal minimum seperti merekam atau setidaknya mengingat ciri fisik pelaku agar bisa dilaporkan ke polisi nantinya.

Tapi yang paling penting adalah, jangan ada rasa apatis di antara kita. Kita mungkin mengharapkan kehadiran superhero seperti Spiderman yang akan menolong semua orang yang membutuhkan tapi dalam kenyataan, tak ada yang namanya pahlawan. Orang-orang yang disebut pahlawan adalah orang yang berani mempertaruhkan nyawa mereka demi orang lain. Namun, jangan bertanya kapan pahlawan itu akan tiba, tanyalah kapan Anda bisa menjadi pahlawan seperti itu.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumursumur

Diubah oleh ih.sul 29-03-2022 03:19
ibelindua
6666661234
kulidekil.
kulidekil. dan 31 lainnya memberi reputasi
28
10K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.