cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 UI Smartphone Android Terbaik, Ternyata MIUI Termasuk

Android adalah sistem operasi perangkat mobile yang bersifat open source alias terbuka. Karena gratis dan terbuka, siapapun dapat memodifikasi tampilan alias antarmukanya (UI) Karena itulah kebanyakan vendor smartphone yang menggunakan Android lebih memilih untuk membuat UI sendiri ketimbang langsung menggunakan stock awal yang diberikan oleh Google. Hal ini menjadikan pengguna Android merasakan sensasi menggunakan UI yang berbeda-beda ketika memakai perangkat Android dari berbagai brand.

UI yang dibuat sendiri oleh pabrikan tidak semuanya enak digunakan karena beberapa di antaranya ada yang terlalu berat dan kaku seperti UI Samsung jaman dulu yaitu Touchwiz. Jadi, UI juga menjadi penentu nyaman atau tidaknya pengguna saat menggunakan smartphone. Nah, berikut ini adalah 5 UI Android terbaik berdasarkan salah satu situs yang sumbernya tertera di akhir thread ini.

1. OxygenOS

Beberapa reviewer Android menganggap OxygenOS sebagai UI terbaik Android saat ini. Oxygen OS disematkan untuk smartphone Android Oneplus yang sayangnya di Indonesia Oneplus memang kurang begitu digandrungi. OxygenOS punya tingkat stabilitas yang tinggi dan tidak terlalu boros dalam konsumsi RAM. UI ini pertama kali diluncurkan pada 2015 silam.

2. Stock Android

Yang original memang selalu lebih asyik. Stock Android adalah stock UI asli buatan Google dan belum dimodifikasi alias masih bersih. Sayangnya, UI original ini semakin tidak dilirik oleh banyak vendor karena mungkin karena gengsi. Google Pixel menggunakan Stock Android yang asli dan juga Nokia juga memilih memakainya daripada menciptakan UI sendiri. Selain itu, ada Sony yang juga lebih memilih untuk menggunakan Stock Android karena terbukti paling bersih, minimalis, dan paling ringan. Terkadang, pengguna MIUI dari Xiaomi juga lebih menginginkan Stock Android daripada MIUI.

3. One UI

One UI software antarmuka yang digunakan smartphone Android Samsung menggantikan Touchwiz dan Samsung Experience. UI Samsung lawas seringkali dikritik karena terlalu berat seperti yang terjadi pada Touchwiz. One UI pertama kali diluncurkan pada 2018.

UI dari Samsung ini termasuk ringan bahkan jika digunakan untuk smartphone kelas entry level sekalipun. Sebagian fitur Samsung Experience dipertahankan dalam One Ui dengan menambahkan efisiensi agar berjalan lebih optimal.

4. MIUI

Meskipun MIUI seringkali dikritik oleh sebagian pengguna, ternyata antarmuka milik Xiaomi ini termasuk yang terbaik kalau dibandingkan dengan UI dari vendor yang lain, sebut saja dari Infinix yang bahkan tidak masuk dalam 5 besar. MIUI pertama kali diluncurkan bersamaan dengan produk pertama Xiaomi pada 2010. Pembaruan terus dilakukan oleh Xiaomi di setiap waktu guna meningkatkan kualitas UI ini.

Dengan beragam fitur, MIUI memang agak berat namun itu sebanding dengan fitur yang dapat dinikmati oleh pengguna. Iklan? Sebenarya bisa dihilangkan dengan beberapa langkah mudah.

5. ColorOS

Pertama kali diluncurkan pada 2013, ColorOS adalah UI milik Oppo. ColorOS mulanua digunakan juga oleh beberapa smartphone Realme angkatan awal namun akhirnya Realme punya UI sendiri yang diberi nama Realme UI. Fitur yang ada dalam ColorOS terus bertambah seiiring berjalannya waktu dan kini telah sampai pada ColorOS 12. Versi Color OS meloncat dari 7 ke 11 agar namanya sama dengan versi Android yang sedang dipakai yaitu Android 11.

Nah, gan. Apa nih UI Android favorit agan? Kalau ane sih Stock Android karena bersih dan ringan. emoticon-Big Grin

Referensi



muhamad.hanif.2
nomorelies
provocator3301
provocator3301 dan 22 lainnya memberi reputasi
15
14.6K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.