• Beranda
  • ...
  • Games
  • Inilah Alasan Kenapa Game Jadul Lebih Sulit dimainkan dibandingkan Game Era Sekarang

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Inilah Alasan Kenapa Game Jadul Lebih Sulit dimainkan dibandingkan Game Era Sekarang


Bagi agan yang sudah hobi bermain video game sejak jaman konsol generasi ketiga atau keempat pasti merasakan perbedaan yang sangat terasa antara game jaman dulu dan sekarang. Grafik sudah pasti berbeda, tapi selain itu ada lagi perbedaan game dulu dan sekarang yaitu adalah tingkat kesulitan. Ya, game jaman sekarang tingkat kesulitannya lebih mudah dimainkan sehingga lebih mudah tamat walaupun ceritanya cukup panjang, bahkan untuk game single RPG sekalipun.

Mungkin bagi gamer yang lahirnya di atas era 2000an ke atas, tak pernah merasakan sulitnya menamatkan game jadul sampai-sampai membutuhkan bantuan Game Shark.

Sebenarnya, ada alasan kenapa game jaman dulu itu lebih sulit ditamatkan dari game era sekarang. Kira-kira kenapa ya?

1. Agar Durasi Game yang Lebih Lama


Karena keterbatasan teknologi yang belum secanggih sekarang, untuk memanjangkan durasi game adalah dengan mempersulit level gameplaynya. Contohnya game legendaris Super Mario Bros, sebenarnya levelnya sangat singkat tapi karena levelnya semakin sulit maka gamenya terasa sangat panjang. Begitu juga dengan game action di PS1. Contohnya seri Resident Evil yang sulitnya minta ampun dengan banyaknya puzzle yang harus dipecahkan. Jika tidak ada puzzle, maka gamenya akan lebih cepat tamat.

2. Belum ada Fitur Save


Untuk game yang sangat jadul seperti di NES atau Sega, dulu mayoritas gamenya belum ada save data kecuali game RPG yang bisa mengandalkan save data melalui baterai yang ada di cartridge video game tersebut. Game yang tidak punya sava data biasanya akan sangat lama untuk ditamatkan karena kalau mati atau berhenti di tengah jalan maka permainan harus dimulai lagi dari awal.

Fitur save data yang lebih canggih baru datang di konsol generasi 5 seperti Playstation dan itupun alatnya dijual terpisah.

3. Keterbatasan Storage


Semakin ke sini ukuran file game semakin besar saja hingga mencapai puluhan GB, yang tadinya hanya ratusan KB di era 8 bit. Keterbatasan storage di era cartridge dan CD membuat para developer kesulitan untuk membuat cerita dan durasi video game yang panjang sehingga memaksa mereka untuk mempersulit tingkat kesulitan semaksimal mungkin. Karena apabila dibuat lebih mudah, maka akan cepat tamat dan game tersebut akan terasa cepat membosankan. Para gamer jaman dulu pastinya akan boros uang jika game yang dibelinya sangat cepat tamat, bosan dan membeli game yang lainnya.

4. Game Jaman Sekarang Lebih Kompleks


Sejak era PS2, game AAA sengaja dibuat lebih kompleks seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi. Khususnya game open world yang memerlukan sumber daya yang banyak, membuat gameplaynya dinamis dan lebih mudah untuk ditamatkan. Bukan hanya durasi yang panjang melainkan mekanisme game yang juga semakin kompleks dan para gamer tidak mudah bosan walaupun untuk menamatkan gamenya relatif sangat mudah.

Selain itu biaya pembuatan game jaman dulu dan sekarang juga berbeda. Game jaman sekarang memerlukan lebih banyak orang dalam satu tim developer, membuat biaya produksi menjadi lebih mahal. Bayangkan jika para gamer malas memainkan game jaman sekarang karena terlalu sulit? Developer akan merugi karena gamenya tidak laku.

Gimana gan, komentarnya? Ada yang mau nambahin? emoticon-Big Grin

Referensi
robotomax
red.wangyi
Fey1985
Fey1985 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
10.9K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.