Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pemukapemujaAvatar border
TS
pemukapemuja
Duh, Yusuf Mansyur hengkang dari paytren,pertanda apa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar Ustaz Yusuf Mansur masuk industri reksa dana sempat heboh tiga tahun silam. Ustaz kondang ini sempat ramai dibicarakan ketika memperkenalkan PayTren Aset Manajemen (PAM).
Kemarin Ustaz Yusuf Mansur mengumkan akan menjual kepemilikan saham di PAM kepada pihak lain. Perusahaan telah mengumumkan di media massa terkait rencana penjualan tersebut.
Selanjutnya pelaksanaan jual beli tersebut hanya akan dilakukan setelah diperolehnya persetujuan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta anggaran dasar perseroan dan pembeli, serta terpenuhinya kondisi-kondisi yang telah disepakati antara pembeli dan pemegang saham pengendali.

Dalam pengumuman disebutkan pemegang saham pengendali akan menjual 100% saham perseroan yang diterbitkan kepada pihak lain.

Selanjutnya pelaksanaan jual beli tersebut hanya akan dilakukan setelah diperolehnya persetujuan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta anggaran dasar perseroan dan pembeli, serta terpenuhinya kondisi-kondisi yang telah disepakati antara pembeli dan pemegang saham pengendali.

CNBC Indonesia mencoba menghubungi Yusuf Mansur melalui layanan pesan singkat. Namun Yusuf masih belum memberikan penjelasan terkait penjualan saham pengendali miliknya di Paytren.Direktur Utama Paytren Aset Manajemen Ayu Widuri mengungkapkan rencana penjualan saham itu memang dilakukan untuk mencapai tujuan atau visi-misi perusahaan.

Ayu menjelaskan Paytren Aset Manajemen ini merupakan manajer investasi syariah pertama di Indonesia. "Kita lihat potensi pasar syariah ini besar. Diharapkan bisa lebih besar lagi dan ini tentu perlu support dari pemegang saham pengendali. (Penjualan saham) ini tentunya menjadi pilihan pengendali," kata dia.

Dana Kelolaan PAM per Februari 2022 tinggal Rp 1,6 miliar. Turun dibandingkan periode tahun 2021 yang masih berada di kisaran Rp 13 miliar.

Pada 2020 AUM milik PAM ini sempat berada di level Rp 3 miliar. Puncak tertinggi AUM milik PAM ini berada pada 2019 yaitu sebesar Rp 33,9 miliar.

Ayu mengungkapkan memang sebelumnya PAM memiliki tiga produk reksa dana. "Sekarang tinggal 1 di pasar uang itu. Karena pandemi mungkin orang mengurangi investasi dan reksa dana pasar uang tinggal nasabah ritel dan new investor," kata dia.
Tiga tahun lalu, saat Yusuf Mansur memperkenalkan Paytren, ia mengatakan masuk ke industri reksa dana untuk meningkatkan jumlah investor.
Meski literasi keuangan saat ini masih terbilang rendah, Yusuf percaya, dengan dakwah yang disampaikannya sekaligus bisa digunakan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih melek investasi.

"Literasi kan bidang yang saya suka, saya kan ustadz jadi demen mengajar jadi (literasi) lewat dakwah, lewat apps dan banyak sekali saluran yang membuat masyarakat paham," kata Yusuf di Gedung Bursa Efek Indonesia, pada waktu itu. Menggunakan asset management miliknya, Yusuf Mansyur mengembangkan dua produk reksa dana berbasis 20 saham syariah dan obligasi. Dua produk reksa dana ini ditargetkan bisa memberikan imbal hasil (return) 14% untuk reksa dana saham dan 4%-5% untuk reksa dana pasar uang.

Yusuf Mansyur mengatakan reksa dana ini ditujukan untuk investor-investor ritel, khususnya pengguna Paytren Payment Gateway sehingga targetnya hingga akhir ini jumlah investornya bisa mencapai 10 juta, inline dengan target pengguna Paytren.

Sementara itu, hingga akhir tahun ditargetkan jumlah dana kelolaan (asset under management/AUM) dari dua produk reksa dana ini bisa mencapai Rp 3 triliun.

[img]https://kask.us/iL6Ka

Makin turun nilainya emoticon-Takut (S)
Diubah oleh pemukapemuja 23-03-2022 16:22
samsol...
za4d1
nomorelies
nomorelies dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.7K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.