curry30uaAvatar border
TS
curry30ua
Spesies Baru Dari Armored Dinosaurus Ditemukan Di China


Sebuah penemuan menakjubkan kembali dilakukan oleh beberapa ilmuwan yang masih mencari tentang keberadaan dan jenis-jenis binatang purbakala yang mempunyai bentuk dan karakteristik yang menarik yang dikabarkan pernah hidup ratusan jutaan tahun yang lalu sebelum manusia modern ada. Misteri satwa-satwa dinosaurus memang menjadi hal yang menarik untuk dibahas karena beberapa orang ada yang skeptis dan tidak percaya bahwa makhluk ini pernah berjalan dan hidup di permukaan bumi. 

Berdasarkan tim ilmuwan yang berhasil menemukan fosil-fosil dari armored dinosaurus ini ternyata sudah memberikan nama yang disematkan kepada jenis baru armored dinosaurus ini. Para ilmuwan menamakan nya dengan nama Yuxisaurus Kopchiki. Berdasarkan sumber yang ada, Yuxisaurus ini sudah ada semenjak sekitar 170 hingga 200 juta tahun yang lalu. Penemuan ini sangat menakjubkan dikarenakan Yuxisaurus ini masuk dalam keluarga Thyreoporan, dimana merupakan masih satu keluarga dengan armored dinosaurus yakni Stegosaurus dan Ankylosaurus

Menurut tempat ditemukan fosil jenis baru armored dinosaurus ini, dikabarkan menjadi salah satu penemuan yang krusial dikarenakan ternyata armored dinosaurus bisa hidup dan dapat tinggal di belahan bumi Asia. Ini menunjukkan bahwa populasi dinosaurus pada saat itu sangatlah besar dan hampir menyentuh beberapa bagian benua yang ada di planet bumi. 







Untuk lebih tepat nya, fosil-fosil ini ditemukan di daerah provinsi Yunnan lebih tepatnya di wilayah sekitar Yuxi. Berdasarkan sumber yang ada, memang tempat ini menjadi salah satu spot menarik akan temuan-temuan fosil-fosil purbakala yang sudah diteliti oleh beberapa ilmuwan sejak beberapa tahun kebelakang. Berdasarkan tulang-tulang yang ditemukan, diperkirakan bahwa armored dinosaurus ini memiliki panjang sekitar 6,6 sampai 9,8 inchi atau sekitaran 2 sampai 3 meter. 

Dan berdasarkan struktur tulang yang dipelajari oleh tim ilmuwan, ternyata Yuxisaurus ini bisa berjalan dengan ke empat kaki nya dan bahkan dengan hanya kedua kaki sekalipun. Tulang-tulang yang ditemukan adalah berupa relative secara keseluruhan berikut beserta tulang kepala, rahang, tulang belakang, tulang kaki dan tulang tangan juga plat dari bagian armored nya. 

Untuk jumlah tulang yang didapat dari upaya penggalian, dikabarkan tulang-tulang yang dikumpulkan mencapai 120 buah, yang mana membantu untuk mempermudah mengkonfirmasi jenis dari binatang dinosaurus ini. 



Dikarenakan Yuxisaurus ini termasuk golongan thyreoporan, maka bisa disimpulkan bahwa Yuxisaurus merupakan makhluk herbivora yang dimana mengkonfirmasi sebagai salah satu kerabat dekatnya Scelidosaurus dan Emausaurus. Berdasarkan co-author dari jurnal yang dipublikasikan bernama Xu Xing, bahwa, secara keseluruhan fosil yang ditemukan belum lah komplit ataupun sempurna. Maka dari itu Xu mengatakan akan melakukan simulasi 3D printed model sebagai bahan edukasi dan penelitian bersama tim ilmuwan nya. 

Atas penemuan menakjubkan ini beberapa rekan dari universitas di Inggris turut berkerjasama dan merasa puas akan temuan yang sangat membuka pengetahuan akan kehidupan dinosaurus di tanah benua Asia. Journal paper penemuan ini dikabarkan bisa kita baca dan sudah di report ke Journal eLife. 







Sekian ... emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Thank You ... !!! emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer 

Sumber : 
http://www.sci-news.com/paleontology...cki-10628.html 
https://www.globaltimes.cn/page/2022.../1255097.shtml
-https://edition.cnn.com/2022/03/17/w...scn/index.html


nomorelies
denjiro
Ekatakankatak
Ekatakankatak dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.3K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.