c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Minyak Goreng Mahal, Yuk Buat Minyak Kelapa Sendiri Dirumah!




Buat mereka yang memang tak bisa memakan sayuran, atau makanan yang direbus. Dan terbiasa dengan makanan gorengan, namun dari keluarga sederhana, yang merasa sulit kalau membeli minyak goreng harus mengeluarkan uang hingga Rp 50 ribu rupiah untuk seliternya, ini tentu menjadi masalah serius ketika harga minyak goreng menembus batas yang tak masuk akal.

Untuk yang wilayahnya dikelilingi pohon kelapa, baik itu dipantai atau wilayah gunung yang masih banyak pohon kelapa dan kalau membeli pun harga perbutirnya murah.





Maka, caranya memang tidak instant yaitu membuat minyak kelapa sendiri, memang perlu proses panjang tapi hasilnya dapat dirasakan dengan harga yang lebih dibawah minyak saat ini yang beredar.

Setidaknya minyak goreng mahal bukanlah kiamat bagi pecinta makanan gorengan, kalau untuk pedagang tips ini agak sulit juga karena akan memakan banyak waktu. Saran saja kalau untuk pedagang, bisa menaikkan harga dagangannya sesuai ekonomi pasar, tapi secara ekonomi juga masyarakat bisa memilih membeli atau tidak. Ini tentu dilema, tapi kalau tidak dilakukan jelas akan gulung tikar.

Konten Sensitif




Faktor yang sangat terdampak dengan adanya minyak goreng mahal adalah para pedagang kecil, keuntungan mereka akan menipis. Tentu ini pilihan sangat sulit, tapi kenyataannya negara ini gagal mengatasi mafia. Jadi, pemilihan umum nanti pilihlah mereka yang punya tujuan mulia membangun bangsa.

Dari leluhur nusantara, minyak kelapa sudah dibuat sejak dulu. Karena, sekarang ini sudah ada CPO dan perusahaan yang produksi, jadi masyarakat malas membuat minyak sendiri. Padahal caranya simple, dan sederhana. Apalagi kamu yang punya pohon kelapa di desa, atau dipinggiran pantai. Tentu bisa tinggal petik, dan harganya cukup murah bahkan bisa gratis kalau punya sendiri.



Sebenarnya harga kemasan minyak kelapa lebih mahal dari kelapa sawit, tapi kalau bisa mengolahnya sendiri tentu jatuhnya bisa lebih hemat. Karena minyak kelapa dinilai lebih sehat dari sawit produksi pabrik.

Tapi ada yang mengolahnya menjadi minyak kelapa murni, ini harganya cukup mahal karena VCO melalui proses ekstraksi santan dan memastikan kebaikan alaminya tetap utuh. Berbeda dengan minyak kelapa biasa, lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan?



Untuk 10 butir kelapa, dapat 3 liter santan dan di ekstrak menjadi 150 gram minyak kelapa. Lalu berapa harga kelapa di Indonesia? Setiap wilayah berbeda-beda harganya tergantung mudah atau tidak mendapatkan kelapa di wilayahnya.

Menurut daftar harga kelapa tua per butir 2022 untuk pengepul kisaran Rp 3.000 – Rp 4.000 per butir. Harga kelapa parut untuk konsumen akhir kisaran Rp 5.000 – Rp 7.000 per butir itu harga untuk wilayah perkotaan.

Sedangkan di desa bisa Rp 1.000 - Rp 2.000 per butir, jadi minyak kelapa kalau mau dibuat di wilayah kota agak sulit karena hasilnya sedikit.





Bayangkan untuk 50 gram minyak kelapa, dihasilkan dari 3-4 butir kelapa. Sudah mengeluarkan biaya Rp 20 ribu.

Quote:


50 ml minyak kelapa akan kurang cukup untuk menggoreng, lalu bagaimana proses pembuatan minyak kelapa?

{thread_title}


Prosesnya bisa dilihat pada video diatas, bagaimana mau membuat minyak kelapa sendiri dirumah?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950... 19-03-2022 23:21
provocator3301
kokonaga
nafta101
nafta101 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.