Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Menyedihkan, Lihatlah Kelakuan Warga Ukraina di Tengah Bencana
Menjelajahi internet terkadang membuat kita menemukan hal yang tidak mengenakkan. Semalam saya menjelajahi situs Reddit dan menemukan sebuah foto yang diambil langsung oleh warga Ukraina yang saat ini memang tengah mengalami gempuran keras dari Rusia. Foto tersebut memperlihatkan beberapa orang dengan celana melorot diikatkan pada tiang rambu lalu lintas.



Usut punya usut ternyata orang-orang yang diikat tersebut adalah mereka yang mengambil kesempatan dalam kesempitan di tengah kepanikan. Orang-orang ini melakukan kejahatan dengan menjarah toko-toko yang kosong ataupun masih ditinggali oleh pemiliknya dan mengambil sebanyak mungkin persediaan untuk mereka sendiri.

Menanggapi foto itu, ternyata banyak juga warga Ukraina yang membagikan pengalaman mereka di tengah konflik yang sedang mereka alami. Salah satunya menceritakan tentang hari pertama invasi Rusia ke Ukraina. Akun bernama siro4ok menceritakan bahwa ibunya pergi ke toko obat di hari pertama invasi untuk mendapat suplai obat-obatan dan saat tengah mengantri seseorang mencuri dompetnya si tengah kerumunan antrian tersebut.



Siro4ok juga menceritakan tentang orang-orang yang menggalang dana kemanusiaan yang ternyata digunakan untuk diri mereka sendiri. Ada juga beberapa warga yang menerima sejumlah uang dari prajurit Rusia untuk menjadi mata-mata atau melakukan demonstrasi. Singkat kata, warga Ukraina kini tengah berperang dengan negara mereka sendiri.

Kejadian semacam ini sebenarnya sering terjadi di tengah fenomena-fenomena serupa. Contohnya saat demonstrasi Black Live Matter di Amerika atau saat kerusuhan 98 di Indonesia. Sederhana saja, orang-orang melihat ada kesempatan dan kemudian mengambil keuntungan, that's how it is every day, all over the world.



Di saat-saat terdesak, manusia memang akan menunjukkan sifat aslinya. Karena itulah akan lebih baik jika manusia tidak sampai terdesak, dengan kata lain invasi Rusia-Ukraina ini harus segera dihentikan. Ada begitu banyak hal buruk yang terjadi karena perang, dan siapa pun yang menang kerugiannya akan tetap amat luar biasa. Make love, not war.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 21-03-2022 06:06
atmajazone
v3ah1307
screamo37
screamo37 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
25.5K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.