• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Info Bus] Sugeng Rahayu & Eka Buka Rute Surabaya - Solo Full Tol

deni.kaAvatar border
TS
deni.ka
[Info Bus] Sugeng Rahayu & Eka Buka Rute Surabaya - Solo Full Tol
Hari ini hari Jumat gan sist, bagi agan dan sista yang mungkin pada hari Sabtu dan Minggu libur; kesempatan libur tersebut bisa digunakan untuk kembali ke kampung halaman sejenak. Nah, mereka yang biasanya pulang ke kampung halaman ini sering disebut sebagai "penglaju." Ada juga yang menyebutnya sebagai PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) atau bisa disebut juga PSKA (Pulang Sabtu Kembali Ahad).

Biasanya para penglaju ini akan pulang dari berbagai kota-kota besar menuju kampung halaman mereka, dan biasanya transportasi yang paling umum digunakan adalah bus dan kereta api. Atau kendaraan pribadi untuk jarak dekat. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi terbaru soal pemberangkatan bus Surabaya-Solo full tol.

Saya berharap thread kali ini bisa bermanfaat untuk agan dan sista yang mungkin menjadi penglaju di Surabaya atau Solo. Di jalur ini Surabaya-Solo biasanya didominasi bus Sugeng Rahayu dan Eka. Baik kelas Patas atau Ekonomi. Tetapi kelas Patas sendiri jarang yang langsung full tol sampai Solo, biasanya bus akan keluar tol di Kertosono atau Madiun. Sementara jika memakai bus ekonomi jarak Surabaya-Solo bisa memakan waktu lebih dari 4 jam; terutama saat agan dan sista berangkat menjelang sore hari.


Quote:



Eka Surabaya - Solo Full Tol

Nah, berangkat dari hal yang saya sebut di atas; maka dua bus yang selalu menjadi saingan di Jawa Timur kemudian membuka rute Surabaya-Solo full tol dengan kelas bus Patas. Awalnya PO Eka yang memperkenalkan layanan ini mulai 4 Februari 2022. Dengan dua jam pemberangkatan, yakni jam 10:15 dan jam 17:40. Sementara full tol dari Solo jam 10:00 dan jam 12:30.

Sebagai informasi nih gan sist, bus Eka yang full tol sampai solo ini adalah bus tujuan Surabaya-Magelang saja untuk saat ini. Kalian bisa naik dari garasi PO Eka atau di pintu keluar bus terminal Bungurasih; untuk dari terminal Bungurasih agan sista bisa langsung ke jalur/shelter bus nomor 20. Atau bisa reservasi tiketnya melalui website resminya, yakni ekapatas.com.

Untuk tarif Surabaya-Solo adalah Rp 115 ribu, tarif ini sudah termasuk service makan di Rest Area KM 575 (Rumah Makan Duta)..Untuk tarif ke kota lain seperti Kartosuro, Klaten, Jogja dan Magelang; agan dan sista silakan lihat tabel di bawah ini.


Quote:



Dari beberapa postingan di Facebook, untuk Eka Patas Suarabaya - Solo menempuh waktu sekitar 4 jam. Itu sudah termasuk istirahat di Rest Area 575 selama kurang lebih 30 menit. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi agan sista yang kebetulan jadi penglaju di jalur Surabaya - Solo - Magelang. Untuk armada yang digunakan memakai Hino RN 285.


Sugeng Rahayu Surabaya - Solo Full Tol

Setelah Eka Patas membuka rute Surabaya - Solo full tol, sang rival Sugeng Rahayu juga menyusul dengan mengisi trayek yang sama. Sugeng Rahayu membuka trayek full tol Surabaya dari Solo pada 3 Maret 2022, dan full tol dari Surabaya dimulai pada 11 Maret 2022.

Dari terminal Tirtonadi bus berangkat jam 09.00 dan 15:00 gan sist, biasanya bus dari arah Cilacap dan Magelang yang mendapat jatah full tol ini. FYI jatah full tol Sugeng Rahayu masih agak membingungkan untuk saya pribadi, karena ada beberapa bus dengan tujuan berbeda yang dapat jatah full tol. Sementara jadwal kebrangkatan Eka cenderung lebih bagus karena armada yang full tol khusus jurusan Magelang saja. Pihak Sugeng Rahayu harus membenahi jadwal keberangkatan bus ini, agar tidak membingungkan penumpang.

Sementara dari arah Surabaya agan dan sista bisa langsung naik dari 3 titik yakni garasi, RM Koki Kita dan Bungurasih. Untuk keberangkatan dari Surabaya - Solo full tol diisi bus rute Surabaya - Bandung. Dengan dua jam pemberangkatan. Jam pertama dari RM Koki Kita jam 15:15 dan dari Bungurasih jam 15:45. Sementara jam kedua berangkat pukul 19:45 dari RM Koki Kita dan pukul 20:15 dari Bungurasih.


Quote:


Untuk Sugeng Rahayu Surabaya - Solo tarifnya Rp 100 ribu tanpa service makan gan sist, untuk armada yang digunakan dominan Hino seri RK 8. Nah, itu dia sekilas informasi untuk rute bus yang langsung ke Solo dari Surabaya. Semoga bisa jadi referensi agan dan sista. Hadirnya rute full tol ini tentu menjadi sebuah jawaban untuk Akas Group yang menawarkan rute full tol dari Solo ke Surabaya. Dan kini semakin banyak pilihan bus bagi para penglaju yang diburu waktu.

Mohon maaf untuk Sugeng Rahayu saya hanya bisa membagikan informasi tarif yang full tol Surabaya - Solo, untuk tujuan ke kota lain yang ikut armad full tol agan dan sista bisa bertanya ke agen atau mandor bus di terminal. Sebuah masukan juga untuk Sugeng Rahayu untuk menghidupkan kembali website resminya. Saya pikir PO Eka lebih baik dalam hal mengurus website resminya sebagai wadah informasi bagi para penumpang di jalur yang dilalui armada bus mereka.

Demikian sedikit informasi kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi agan dan sista. Bagi yang sudah merasakan naik bus Patas dari Sugeng Rahayu atau Eka yang lewat full tol ke arah Surabaya dan Solo, silakan nanti berkomentar di baeaj. Sampai jumpa emoticon-Hai


Sumber Tulisan: opini pribadi
Referensi Tulisan: ekapatas.com& Facebook
Sumber Foto: Facebook
Diubah oleh deni.ka 19-03-2022 04:07
emineminna
ridermini2021
jlamp
jlamp dan 17 lainnya memberi reputasi
18
13.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.