• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bayi Berselimut Lemak Saat Habis Lahir? Jangan Salahkan Ibunya, Pahami Vernix Caseosa

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bayi Berselimut Lemak Saat Habis Lahir? Jangan Salahkan Ibunya, Pahami Vernix Caseosa
Konten Sensitif
Bayi baru lahir terlihat berlemak? Ingat ini bukan karena si ibu tidak minum air kelapa melainkan Vernix Caseosa


Pada keadaan bayi baru lahir seringkali banyak orang melihat bayi dalam keadaan berlemak pada sekujur bagian tubuh sehingga terlihat kotor.

Melihat keadaan tersebut tidak jarang orang-orang yang menjenguk bayi memberikan beragam anggapan seperti si ibu kurang minum air kelapa saat hamil, terlalu banyak makan gorengan, bahkan terlalu sering makan baso dengan gajih atau lemak sapi.

Anggapan tersebut pun membuat ane penasaran GanSis dan timbul banyak pertanyaan, apakah benar lemak ada kulit bayi tersebut muncul karena si ibu tidak minum air kelapa dan sering makan makanan berminyak?

Usut punya usut ternyata ada beberapa penjelasan mengenai lemak pada kulit bayi baru lahir GanSis, dan masih banyak orang yang salah beranggapan terhadap keadaan tersebut.


sumber gambar

Gumpalan putih kekuningan yang sering terdapat pada kulit bayi tersebut dinamakan Vernix CaseosaGanSis.

Vernix Caseosa adalah gumpalan lemak atau zat lilin pada kulit bayi yang mulai ada sejak masa kehamilan bayi 20 minggu yang dihasilkan oleh kelenjar Sebaceous.

Adapun fungsi Vernix Caseosa sendiri bagi tubuh bayi sangatlah banyak GanSis, mulai dari untuk zat pelindung kulit tubuh bayi dari bakteri, menghalangi kerutan bayi pada masa kandungan, dan juga memberikan kemudahan bagi bayi saat proses kelahiran.

Perlu Agan dan Sista ketahuu, tidak semua bayi terlahir dalam keadaan masih terselimuti lemak atau memiliki Vernix Caseosa. Pada kebanyakan kehamilan Vernix Caseosa akan hilang saat bayi berusia kurang lebih 39 minggu dimana lemak larut dalam cairan ketuban dan bayi lahir dalam keadaan hanya memiliki sedikit lemat vernix caseosa pada kulit tubuhnya.




Itulah tadi GanSis fakta seputar lapisan putih kekuningan pada kulit bayi yang biasanya memunculkan banyak pertanyaan dan mitos-mitos kepercayaan yang disebarluaskan oleh para emak-emak saat menjenguk bayi baru lahir.

Tidak jarang emak-emak menyalahkan gaya hidup dari si ibu bayi ketika hamil sehingga menambahkan tekanan pada diri si ibu bayi yang mengakibatkan mereka stres sesaat setelah melahirkan.

Sekali lagi perlu digaris bawahi GanSis, lemak atau lapisan putih kekuningan yang ada pada bayi baru lahir itu bukan karena gaya hidup si ibu bayi ketika hamil tidak benar dan bukan juga karena terlalu banyak makan gorengan atau tidak minum air kelapa, melainkan memang si bayi sendirilah yang menghasilkan lemak untuk melapisi tubuhnya agar mereka aman saat berada di dalam kandungan.

Vernix Caseosa pada bayi ini akan hilang dengan sendirinya berganti dengan kulit normal setelah kurang lebih satu bulan setelah melahirkan jika memang lapisan lemak pada kulit bayi cukup tebal dan menyeluruh.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat memberikan sedikit pencerahan bagi Agan dan Sista yang masih sering beranggapan yang tidak-tidak saat ada bayi baru lahir.


Konten Sensitif


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3

cheria021
screamo37
thebalckhost
thebalckhost dan 21 lainnya memberi reputasi
22
7.1K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.