Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indoheadlinesAvatar border
TS
indoheadlines
Viral Black Sun, Simbol yang Dikaitkan dengan Nazi di Seragam Tentara Ukraina






Jakarta -

Dua foto prajurit Ukraina menjadi viral di media sosial karena mereka mengenakan simbol yang dapat dikaitkan dengan Nazisme di seragam mereka.

Dalam foto pertama, logo yang disebut "matahari hitam" atau black sun itu tampak di rompi seorang prajurit yang membantu evakuasi warga sipil di dekat Kyiv. Foto tersebut diambil oleh jurnalis foto Ukraina Anastasia Vlasova dan diunggah ke Twitter oleh Getty Images.

Foto kedua diunggah - dan kemudian dihapus - oleh NATO pada 8 Maret. Foto itu menunjukkan seorang perempuan mengenakan simbol black sun yang sama di seragamnya.

Seorang juru bicara NATO berkata kepada BBC: "Sebagai bagian dari kolase Hari Perempuan Sedunia untuk media sosial, kami mengunggah sebuah foto dari rekaman stok salah satu agensi internasional. Unggahan tersebut dihapus ketika kami menyadari ia memuat simbol yang tidak dapat kami verifikasi sebagai simbol resmi."


Apa makna simbol black sun?

Simbol black sun terdiri dari dua lingkaran konsentris, dan di pusatnya ada titik yang tampak seperti memancarkan sinar layaknya matahari.

Simbol itu digunakan dalam berbagai versi oleh berbagai budaya di seluruh dunia, termasuk masyarakat Nordik dan Keltik kuno.

"Kita jangan berasumsi" bahwa ia selalu menandakan "rasisme atau paham supremasi kulit putih", kata Anti-Defamation League (ADL), organisasi di AS yang melawan anti-Semitisme.

Namun demikian, black sun adalah salah satu "dari sekian banyak simbol Eropa yang digunakan oleh Nazi dalam upaya mereka untuk menciptakan ras Arya yang ideal," imbuh organisasi itu.

Detail simbol 'black sun' yang tampak di seragam seorang prajurit Ukraina. (Anastasia Vlasova/Getty Images)

Simbol yang paling sering dikaitkan dengan Nazisme adalah swastika, yang tidak tampak dalam foto-foto prajurit Ukraina tersebut.

Namun menurut organisasi HAM Freedom House, black sun kerap digunakan di Ukraina sebagai tanda ideologi ekstrem kanan.

Contohnya, simbol itu adalah salah satu lencana Batalyon Azov, batalyon nasionalis yang menjadi terkenal pada puncak konflik Ukraina dengan kelompok separatis sokongan Rusia di wilayah timur negeri itu. Unit tersebut awalnya adalah pasukan relawan, tapi sekarang sudah diserap oleh militer Ukraina, dan menerima perintah dari komandan Garda Nasional.




Warga sipil dilatih oleh milisi berhaluan sayap-kanan untuk melawan pasukan Rusia di Ukraina. (Anadolu Agency)

Secara elektoral, kelompok ekstrem-kanan masih merupakan minoritas di Ukraina - dalam pemilihan tahun 2019, para kandidat dan kelompok ekstrem kanan seperti Svoboda gagal memenuhi ambang batas 5% yang menjadi syarat untuk mendapatkan kursi di parlemen.



detik


Heil Hydra !



tepsuzot
tepsuzot memberi reputasi
1
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.