Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jhonlenon60Avatar border
TS
jhonlenon60
Keluh Warga Rusia di Bali : Tak Bisa Tarik ATM, Kini Berbagi Sewa Kamar


Badung, CNN Indonesia -- Natalie Kambaratova (23), perempuan asal Rusia menjalani kehidupan yang berbeda di Bali sejak negaranya menginvasi Ukraina. Natalie yang sudah tiga bulan berada di Bali mengaku mengalami kesulitan secara ekonomi sejak Rusia menduduki Ukraina.

Natalie berasal Kota Nizhny Novgorod, salah satu kota terbesar di Negara Rusia. Saat tiba di Bali, semua kebutuhan hidup dirasa sangat murah. Natalie bisa membeli apa yang dia inginkan.

Tetapi, kondisi itu tidak lama ia rasakan. Sejak invasi Rusia ke Ukraina, kurs uang Rubel Rusia rendah sementara dolar Amerika Serikat naik. Imbasnya, semua keperluannya menjadi mahal.

"Awalnya, di sini semuanya lebih murah, tapi sekarang jadi sedikit lebih mahal bagi saya. Karena USD naik tinggi dan kurs kami jadi lebih rendah. Tapi Bali masih lebih baik karena orang-orangnya baik," kata Natalie saat ditemui di Pantai Berawa, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (18/3).
Beruntung Natalie masih punya aset digital berupa kripto. Aset itulah yang saat ini jadi andalan Natalie bertahan di tengah tekanan ekonomi.Tekanan ekonomi itu ditambah dengan kesulitan lain imbas deklarasi perang Putin. Natalie dan warga Rusia lainnya di Bali kini tidak bisa menarik uang dari mesin ATM karena transaksinya diblokir.

"Semua orang Rusia tidak bisa menggunakan ATM-nya. Waktu itu, kita diberi tahu oleh bank bahwa kita tidak akan bisa menggunakan kartu kami untuk semua transaksi dan hanya diberi waktu lima jam untuk menarik uang di ATM,"
ujarnya.
"Kami sangat terkejut dan harus berusaha untuk mendapat uang kami dan kami sekarang menggunakan kripto. Rencana saya ke depannya, saya sudah bekerja di bidang online untuk mendapatkan uang dari klien saya. Dan saya juga punya kripto dan saat ini saya mempunyai kartu lokal (ATM Indonesia)," sambungnya.

Untuk survive di Bali dia kini lebih lebih berhemat keperluan sehari-hari. Ia tak lagi pergi ke kafe atau tempat lain untuk refreshing, kegiatan yang sebelumnya sering dia lakukan bersama teman-temannya.
Natalie dan kawan-kawannya juga mulai berbagi kamar di hotel atau menyewa satu kamar dan ditempati bersama.

"Saya harus lebih irit sekarang, share kamar hotel dengan teman, pergi ke cafe hanya sekali," ungkapnya.

Natalie mengaku masih bisa berhubungan dengan keluarganya di Rusia, kendati Facebook, Instragram, TikTok warga Rusia sudah diblokir. Untuk menghubungi keluarga Natalie mengandalkan WhatsApp dan Telegram.
Ia juga mengaku belajar beradaptasi saat ini karena tidak mempunyai sosial media karena sudah diblokir oleh negaranya. Selain itu, untuk saat ini ia memilih tinggal di daerah Canggu, Bali.

Natalie belum berpikir untuk kembali ke Rusia. Selain harga tiket mahal, kondisi politik di Rusia menurutnya masih belum baik.

"Saya bisa kembali ke Rusia kapan saja. Tapi kondisi Rusia dengan isu politik sedang tidak bagus. Sekarang tidak punya sosmed, saya harus berusaha beradaptasi," ujarnya.

"Kakak saya seorang freelance dan dia memberi tahu bahwa akses internet semakin terbatas tiap hari dan semua produk harganya dua kali lipat. Saya bisa saja pergi, saya sudah punya tiket, tapi saya tidak bisa pergi karena isu politik dan lebih aman tinggal di Bali," ujarnya.


https://www.cnnindonesia.com/interna...agi-sewa-kamar

Hidup lu susah sekarang di bali tapi tetap kagak mau balik ke kampung halaman, beginilah potret masyarakat rusia yg masih waras juga tidak sedikit dari mereka pada mengungsi dan tidak berniat balik ke kampung halamnnya, nasib rusia punya presiden sinting.

Warga Rusia Berbondong-Bondong Mengungsi ke Finlandia

Lucunya kadrun hidung pesek di mari malah teriak urraa urraa mendukung invasi rusia ke ukraina. emoticon-Gila
Diubah oleh jhonlenon60 18-03-2022 18:41
PneumonoCyclone
aloha.duarr
Veritonix
Veritonix dan 18 lainnya memberi reputasi
13
3.5K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.