Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Kesulitan Minum Obat? Berikut 3 Cara Yang Bisa Dilakukan, Agan Pilih Mana!

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Kesulitan Minum Obat? Berikut 3 Cara Yang Bisa Dilakukan, Agan Pilih Mana!
Hai, Gansist!
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal afiat.

Mendengar istilah sehat adalah hal yang seyogyanya harus disyukuri. Namun terkadang lupa diri dan lupa bersyukur pas ketemu dengan sehat. Saat ketiban yang namanya sakit, hati pun meraung-raung seperti dunia mau runtuh.

Nah, bagi Gansist yang sedang kurang beruntung karena mendapat anugerah berupa sakit dari Tuhan, semoga tetap sabar, semangat, dan tawakal.

Biar cepet sembuh buruan aja ke dokter. Ntar akan dikasih beberapa obat untuk mengobati sakit Gansist.

Cara minum obat pun ternyata beda-beda. Kalau obat bentuk sirup nggak usah repot tinggal minum kayak minum air putih biasa. Tapi bila obatnya dalam bentuk kaplet atau kapsul sedikit repot juga.

Barangkali Gansist ada yang merasa kesusahan saat minum obat?

Berikut ini ada tiga cara minum obat yang sering dilakukan orang di sekitar aku. Adapun tiga cara minum obat yang bisa Gansist praktikkan.

1. Digerus pakai sendok

Kesulitan Minum Obat? Berikut 3 Cara Yang Bisa Dilakukan, Agan Pilih Mana!dr twitter

Cara digerus dengan sendok ini biasanya dilakukan untuk anak kecil. Tapi orang dewasa pun terkadang ada yang menggunakan cara ini karena kesulitan menelan pil atau kapsul yang gede gaban itu.

Beda lagi dengan bapakku Gansist, mungkin malu kalau digerus kayak anak kecil, beliau langsung mengunyah pil-pil di dalam mulut. Sekiranya sudah lembut langsung minum air banyak-banyak. Gansist bisa membayangin kan betapa pahitnya di lidah.

2. Pakai pisang

Kesulitan Minum Obat? Berikut 3 Cara Yang Bisa Dilakukan, Agan Pilih Mana!ini

Banyak pula saat minum obat menggunakan bantuan pisang. Memilih pisah karena pisang mudah lembek dan licin saat ditelan. Dan hal tersebut dpercaya mampu membantu menelan pil atau obat saat kita sedang sakit.

Caranya: kunyah pisang sampai lembek. Pilih pisang yang sudah matang ya, Gansist, kalau mentah atos. Kemudian masukkan obat di atas pisang yang lembek tersebut dengan posisi masih di dalam mulut ya, Gansist. Selanjutnya telan pisang bersama pil-pil tersebut secara bersamaan.

3. Memakai air minum

Kesulitan Minum Obat? Berikut 3 Cara Yang Bisa Dilakukan, Agan Pilih Mana!ini

Menelan pil dengan menggunakan air ini mungkin paling banyak dilakukan di masyarakat seperti aku contohnya. Aku biasanya pakai air putih saat minum obat/pil.

Mungkin banyak yang salah saat menelan pil-pil tersebut. Kebanyakan akan mendongakkan kepalanya saat menelan. Padahal cara mendongakkan kepala saat mau menelan pil adalah cara yang salah. Sebab saat kita mendongak ke atas pil-pil tersebut akan mengapung di atas air dan saat menelan pil tersebut akan nyangkut di tenggorakan.

Cara yang baik saat minum pil dengan bantuan air yakni ambil air secukupnya, simpan dalam mulut. Kemudian masukkan pil-pil yang ingin ditelan. Sebelum menelan tundukkan kepala ke bawah (jangan mendongak) selanjutnya baru telan air yang di mulut. Otomatis pil tersebut akan terdorong masuk ke tenggorakan, karena saat menunduk pil-pil tersebut tepat berada di ujung tenggorakan.

Nah, itu tadi cara minum obat yang bisa Gansist praktikan. Silakan pilih yang paling praktis menurut Gansist. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada thread aku selanjutnya. Terima kasih.

Referensi: sumber
Narasi: opini pribadi

Cahayahalimah
evywahyuni
betiatina
betiatina dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.