Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
73% Warga RI Belum Divaksin Punya Antibodi Covid, Kok Bisa?
73% Warga RI Belum Divaksin Punya Antibodi Covid, Kok Bisa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Dari riset Serologi Survey pada akhir tahun lalu, terungkap 73% penduduk Indonesia belum divaksinasi sudah punya antibodi COvid-19. Alasannya karena mereka sudah pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya.

Hasil riset tersebut juga menyebutkan 86,6% telah memiliki antibodi dari SARS-CoV-2. "Dari belum divaksin pada saat November-Desember 2021, 73,9% sudah memiliki antibodi SARS-CoV-2. Ini dari terinfeksi dari yang tahu atau tidak tahu terinfeksi," jelas Iwan Ariawan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, pada keterangan pers Hasil Serologi Survey Nasional, Jumat (18/3/2022). 

Dia juga menjelaskan jika orang dengan vaksinasi memiliki proporsi antibodi yang lebih tinggi. Untuk kelompok yang mendapatkan dua dosis vaksin menjadi proporsi yang paling tinggi.


Survey juga menjelaskan riwayat deteksi dan status vaksinasi pada proporsi penduduk. Di dua kelompok tersebut juga memperlihatkan bahwa setelah divaksinasi penuh mendapatkan antibodi tertinggi, dibandingkan yang belum divaksin atau baru satu dosis saja.
"Pernah terdeteksi tinggi, vaksin konsisten. Kelompok orang ini proporsi lebih tinggi cuman yang riwayat terinfeksi," kata dia.
Riset dilakukan pada sejumlah wilayah baik aglomerasi dan non-aglomerasi. Dia menjelaskan hasil antibodinya sama tinggi, termasuk pada kelompok yang belum divaksinasi.
"Menggambarkan Covid di daerah ramai dan mobilitas tinggi sudah menyebar ke semua daerah," kata Iwan.
Hal yang sama juga terjadi pada proporsi penduduk di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali. Sementara itu antibodi tertinggi terlihat pada perempuan dibandingkan laki-laki.
Secara umut, proporsi penduduk berusia anak-anak juga sudah memiliki antibodi. Padahal kelompok tersebut belum bisa mendapatkan vaksin Covid-19.
"Sebaran antibodi: hampir merata, Ada yang ekstrem di Papua, Jayawijaya dimana proporsi penduduk memiliki antibodi 45% paling rendah dalam survey," ujarnya. 


SUMBERL
samsol...
kelayan
kelayan dan samsol... memberi reputasi
2
1.2K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.