• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Diduga Mencuri Uang, Seorang Anak Kecil di Sulsel Dianiaya, Apakah Dibenarkan?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Diduga Mencuri Uang, Seorang Anak Kecil di Sulsel Dianiaya, Apakah Dibenarkan?
Diduga mencuri uang, seorang anak kecil di Sulawesi Selatan mendapatkan kekerasan dan penganiayaan, apakah manusiawi?


Publik tengah dibuat heboh dengan beredarnya sebuah video yang dibagikan oleh akun Instagram @makassar._iinfo, dimana dibagikan sebuah video yang menunjukkan seorang anak kecil perempuan mendapatkan perlakuan kasar dari seorang ibu-ibu karena diduga mencuri uang.

Diketahui kejadian tersebut terjadi di Bontonompo Selatan, Gowa, Sulawesi Selatan. Adapun kronologis kejadiannya belum dijelaskan secara pasti dan menurut informasi yang beredar anak kecil perempuan tersebut diduga mencuri sehingga mendapatkan kekerasan dari seorang perempuan yang belum diketahui identitasnya.

Dari caption unggahan Instagram dituliskan bahwa terjadi kesalahpahaman. Anak kecil perempuan yang mendapat perlakuan kasar tersebut ternyata hanya menjadi korban penuduhan karena faktanya si pemilik uang yang tidak dijelaskan siapa orangnya itu lupa menyimpan atau meletakkan uang.

Buntut dari viralnya video penganiayaan bocah perempuan tersebut netizen pun berbondong-bondong menandai atau me mention akun Polres Gowa untuk melakukan tindak lanjut atas kasus penganiyaan yang telah terjadi.




Apakah dibenarkan menganiaya seseorang yang diduga melakukan kejahatan?

Tentu tidak dibenarkan ya GanSis. Menganiaya atau melakukan tindak kekerasan kepada terduga pelaku kejahatan dinamakan sebagai tindakan main hakim sendiri, yang itupun juga dapat dikenakan sanksi hukum berdasarkan undang-undang yang berlaku di negara kita Indonesia.

Pentingnya rasa kemanusiaan untuk sesuatu hal yang masih menjadi dugaan, di era modern ini sangat perlu untuk digalakkan GanSis. Melihat banyaknya orang yang menjadi korban tindakan main hakim sendiriyang ternyata mereka adalah korban dan tidak bersalah.

Kenapa sih penting untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin tanpa emosi dan amarah?

Berikut ini alasan masuk akal yang bisa dipahami.




1. Rawan Salah Paham

Saat ada masalah namun diselesaikan dengan hati panas dan otak penuh amarah pasti akan terjadi kesalahpahaman yang membuat permasalahan akan semakin besar dan tidak ada titik temu kecuali sikap dan tindakan kekerasan.

Sangat penting dilakukan musyawarah untuk mengetahui duduk perkara dengan pemikiran jernih tanpa adanya emosi untuk menemukan titik temu baik itu untuk jalan keluar atau sanksi yang akan diberikan kepada seseorang jika orang tersebut memang melakukan kesalahan.

2. Mudah Terjadi Provokasi

Sering terjadinya kasus kejadian main hakim sendiri disebabkan karena adanya pihak-pihak yang memancing emosi dengan melakukan provokasi sehingga masa akan dengan mudah menganiaya atau melakukan kekerasan terhadap terduga pelaku.

Beberapa kali kejadian seseorang dituduh menjadi pelaku kejahatan sampai dihakimi masa namun ternyata itu adalah sebuah kesalahpahaman sedangkan yang diduga sebagai pelaku telah tewas dan menjadi korban tindakan main hakim sendiri.

3. Hak Pembelaan Diri

Setiap orang memiliki hak untuk melakukan pembelaan jika mereka mendapatkan tuduhan atau ancaman dari lingkungan sekitar.

Itulah kenapa main hakim sendiri tidak dapat dibenarkan karena melanggar hak orang lain yang berakibat merugikan.

4. Kemanusiaan

Mungkin akan banyak orang yang tidak sepakat jika seorang pelaku kejahatan mendapatkan hak kemanusiaan karena mereka tidak memanusiakan orang lain. Tapi faktanya HAM diberikan untuk semua manusia entah itu yang bersalah atau tidak bersalah GanSis, jadi sebelum melakukan sesuatu pikirkan tentang kemanusiaan ini.

sumber gambar

Itulah tadi GanSis alasan kenapa setiap ada permasalahan harus diselesaikan dengan pikiran dingin dan tidak main hakim sendiri.

Seperti halnya pada kasus tuduhan kepada anak kecil yang terjadi di Sulawesi Selatan ini. Saat telah dilakukan penganiayaan atau kekerasan namun ternyata salah paham, siapa kemudian yang salah?

Oke, mudah-mudahan kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi Agan dan Sista semua agar tidak mudah main hakim sendiri apapun itu permasalahannya.


Konten Sensitif


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
makiinun
garpupatah
gembelngehe
gembelngehe dan 21 lainnya memberi reputasi
22
7.5K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.