Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

renldnrmzdAvatar border
TS
renldnrmzd
Pemberontakan DI/TII
Pemberontakan DI/TII


Oleh Renaldi Nurmazid, dan Didi Sopyan Sutardi.
Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Subang.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.


Hallo guys,Pertama-tama perkenalkan saya Renaldi Nurmazid dari X RPL 1.


Dalam artikel pertama saya ini akan membuat artikel tentang pemberontakan DI/TII.Sebelum kita masuk ke pembahasan perlu kita ketahui Pemberontakan DI/TII merupakan salah satu pemberontakan tersulit yang pernah dihadapi Indonesia. Sebab, pemberontakan ini menyebar diberbagai wilayah Indonesia dari Jawa, Sumatra, Sulawesi maupun Kalimantan.


1. Pemberontakan DI/TII Jawa Barat

 

Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat merupakan pelopor gerakan DI/TII. Bahkan pemimpinnya SM. Kartosuwiryo didaulat sebagai imam/pemimpin tertinggi dari Negara Islam Indonesia, serta diakui oleh wilayah-wilayah pemberontakan lain.Pemberontakan DI/TII dilatarbelakangi oleh kekecewaan pasukan hisbullah dan fisabillah terhadap hasil perundingan Renville karena diperintahkan untuk meninggalkan Jawa Barat.
Pemberontakan DI/TII berlangsung cukup lama dari Februari 1948 hingga 4 Juni 1962.
Proses pemberontakan DI/TII Jawa Barat yakni:
a).Dimulai dari pengangkatan diri KartoSuwiryo menjadi pemimpin tertinggi pada Februari 1948.
b).25 Januari 1949 pertempuran antara pasukan divisi Siliwangi yang long march dengan pasukan TII di Malangbong.
c).7 Agustus 1949 Kartosuwiyo memproklamirkan berdirinya Negara Islam Indonesia(NII).
Penumpasan DI/TII Jawa Barat dilakukan dengan berbagai cara yakni:
a).Melakukan pendekatan pribadi yang dilakukan oleh Muhammda Natsir namun gagal.
b).Oprasi pagar betis,yakni strategi militer dengan mensertakan kekuatan rakyat,akibat strategi ini pergerakan pasukan TII semakin Sempit.
c).Pada 4 Juni 1962,Pasukan divisi siliwangi berhasil menangkap Kartosuwiryo.
d).Kartosuwiryo dijatuhi hukuman mati oleh Mahkamah Angkatan Darat Jawa-Madura.


2. Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah

Pemberontakan DI/TII

Amir Fatah sedang memimpin rapat DI/TII Jawa Tengah(Wikipedia)


Latar Belakang  Munculnya gerakan DI/TII di Jawa Tengah diawali dengan adanya perubahan situasi politik di daerah Tegal-Brebes akibat penandatanganan Perjanjian Renville.  Dalam perjanjian tersebut disebutkan satu pasal yang berisi bahwa semua kekuatan pasukan RI yang berada di daerah pendudukan Belanda harus ditarik dan ditempatkan di daerah RI.  Wilayah karesidenan Pekalongan termasuk daerah pendudukan Belanda, sehingga pasukan RI harus meninggalkan dan mengosongkan daerah tersebut.  Namun, meskipun demikian, rupanya tidak semua pasukan meninggalkan daerah mereka, seperti di Brebes dan Tegal.  Para pejuang di dua wilayah tersebut masih tetap bertahan dan menyusun strategi untuk melakukan perlawanan.  Mereka melakukan operasi militer dengan membentuk Gerakan Antareja Republik Indonesia (GARI) dan Gerilya Republik Indonesia (GRI).  Terbentuknya dua gerakan ini memicu timbulnya gerakan-gerakan lain yang menghasilkan pemberontakan di Jawa Tengah.

Sebelum adanya pemberontakan DI/TII di bawah kepemimpinan Amir Fatah, di Jawa Tengah sudah lebih dulu pernah muncul gerakan yang serupa dipimpin oleh Abas Abdullah.  Pasukan yang dipimpin Abas ini bernama Pasukan Hizbullah, di mana saat itu mereka memutuskan untuk pergi ke wilayah sengketa Indonesia-Belanda, yaitu Brebes.  Sampai di sana, pasukan ini membentuk pasukan baru bernama Mujahidin yang disebut sebagai Majelis Islam (MI).  Bukan hanya pasukan Hizbullah, Amir Fatah juga saat itu tengah mendatangi Brebes, minatnya untuk kemudian turut bergabung dalam pemberontakan ini adalah karena ia merasa memiliki cara pandang dan ideologi yang sama, khususnya dalam membentuk Negara Islam Indonesia. Akhirnya pada 23 Agustus 1949, Amir bersama teman-temannya memutuskan bergabung dengan NII yang dipelopori oleh Kartosoewirjo.  Sejak saat itu, Amir Fatah beserta kelompoknya melakukan penyerangan terhadap TNI dan beberapa desa, seperti Desa Rokeh Djati dan Pagerbarang. 



Akhir Pemberontakan 

Demi melemahkan kekuatan para tentara Amir Fatah serta penyerangan mereka, TNI membentuk Gerakan Banteng Nasional (GBN). GBN adalah komando penumpasan pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah. Para pemimpin dari GBN sendiri adalah Letnan Kolonel Sarbini, Letnan Kolonel Bachrum, dan Letnan Kolonel Ahmad Yani.  Unsur penting yang ada di dalem GBN adalah Banteng Raiders, sebuah pasukan elit di bawah kepemimpinan Ahmad Yani untuk memburu gerilyawan DI/TII.  Selama proses pembekukan, pasukan Mujahidin serta Hizbullah sempat berhasil meloloskan diri dari tangkapan TNI.  Sampai akhirnya pada 22 Desember 1950, pasukan-pasukan ini berhasil ditangkap saat berada di Desa Cisayong, Tasikmalaya.  Amir Fatah yang juga ikut tertangkap dipenjara selama dua tahun.



3. Pemberontakan DI/TII Sulawesi Selatan

Latar belakang dari pemberontakan ini ialah kekecewaan Kahar Muzdakar karena pasukkannya yang tergabung dalam komando Grillya tidak dimasukan kedalam Angkatan Perang Republik Indonesia(APRIS).Peemberontakan ini berlangsung pada tahun1950-Februari 1965.

Proses pemberontakan Kahar Muzdakar dimulai setelah pasukannya ditolak keladam APRIS,Kahar Muzdakar beserta anak buahnya melarikan diri ke hutan.Ia menyatakan diri bahwa pasukannya menjadi bagian dari NII Kartosuwiryo.

Akhir pemberontakan yaitu penumpasan pasukan DI/TII Sulsel dengan Penyerbuan oleh pasukan batalyon 330/Kujang Siliwangi.Pada penggerebekan tersebut Kahar Muzdakar mati tertembak.



4. Pemberontakan DI/TII Kalimantan Selatan

Latar belakang pemberontakan ini keinginan bergabung dengan NII bentukan Kartosuwiryo.Pemberontakan ini berlangsung antara tahun 1950-1959.

DI/TII Kalimantan Selatan dialwali dari deklarasi Ibnu Hajar pada 10 Oktober 1950.Bahwa DI/TII Kalimantan Selatan merupakan bagian dari DI/TII Kartosuwiryo.Ia juga menamakan pasukannya Kesatuan Rakyat Yang Tertindas(KRYT).

Pemerintah melakukan berbagai cara untuk mengatasi Pemberontakan Ibnu Hajar yakni:

a).Cara persuasif,Pemerintah menyarankan agar Ibnu Hajar menghentikan pemberontakannya.Usaha ini gagal

b).Pada 1959,Oprasi militer dilaksanakan,pada oprasi ini DI/TII KALSEL berhasil ditumpas dan Ibnu Hajar ditangkap.



5. Pemberontakan DI/TII Aceh

Pemberontakan ini terjadi karena kekecewaan masyarakat Aceh karena diturunkannya status Aceh Aceh menjadi keresidenan dibawah Sumatra Utara.

Pemberontakan DI/TII ini berlangsung atara tahun 1953-1962.Pemberontakan dimulai dengan keluarnya maklumat yang menyatakan Aceh bagian dari DI/TII Jawa Barat pada 20 September 1953.Setelah itu pasukan Daud Bareureuh menguasai berbagai Kota yang ada di Aceh dan mempropagandakan rakyat Aceh untuk anti terhadap RI.

Lalu pemberontakan DI/TII Aceh berhasil dipadamkan dengan berbagai cara yakni:

a).Mendatangkan pasukan dari Sumatra utara dan Sumatra Tengah untuk mendesak pasukan TII Aceh hingga hutan.

b).Diadakan musyawarah kerukunan rakyat Aceh pada 17-28 Desember 1962 oleh kolonel M.Yasin.

c).Daud Bareureuh menerima hasil musyawarah dan kembali ke masyarakat.


Oke Guys mungkin itulah sejarah pemberontakan yang saya tau, mohon maaf atas segala kekurangan yang ada dalam konten ini mungkin kalian bisa crosscheck link di bawah ini(referensi artikel)

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Tragedi%20Nasional/Topik-2.html

https://www.kompas.com/stori/read/2021/04/26/130311579/pemberontakan-di-tii-di-jawa-tengah?page=all


Terimakasih atas segala perhatiannya sampai jumpa.


---------------------------------------------------------------------------------------
Renaldi Nurmazid 
merupakan siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak 1, dan Didi Sopyan Sutardi adalah guru mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Subang.



Diubah oleh renldnrmzd 15-02-2022 04:25
yoseful
a.dirnt
scorpiolama
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.8K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.