c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Benarkah Etnis Tionghoa Istimewa Di Indonesia?




Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, bahkan termasuk dari berbagai macam etnis dari luar seperti arab, eropa, India, Jepang, Cina mereka berbaur dalam satu kesatuan yaitu Indonesia.

Etnis dari negara lain yang beranak pinak di bumi nusantara ini memang sudah hilang status tanah air di tempat tinggal leluhur mereka, kini mereka sudah menjadi bagian dari warga negara Indonesia.



Namun, dari beragam macam etnis di Indonesia ada yang menarik perhatian ketika netizen banyak bertanya apakah etnis Tionghoa itu istimewa di Indonesia?

Kata "istimewa" tentu menjadi perhatian ditengah banyaknya ras di Indonesia, sebenarnya mau ras apapun mereka istimewa, tapi bangsa Cina punya tradisi kuat agar bisa berpijak di negeri orang lain dengan tekat yang kuat, mempunyai politik ekonomi yang lebih baik dari kebanyakan ras di dunia.



Namun ketika tradisi dari bangsa lain khususnya etnis Tionghoa seperti Imlek, agama Kong Hu Cu, disahkan pemerintah Indonesia tentu akan membuat pertanyaan, begitu istimewakah bangsa ini di Indonesia? Sedangkan etnis Belanda, India, Arab hingga Jawa yang banyak tradisi tidak diperingati secara nasional?

Bagaimana juga nasib agama lokal di Indonesia yang sejak lama ada di nusantara?

Konten Sensitif


Tentu ini akan menjadi rumit, efek dari pemerintah bisa saja memberikan harapan dimasa depan kepercayaan mereka juga akan diakui negara.

Karena, agama lokal hingga saat ini tidak mendapatkan pengakuan. Banyak agama di Indonesia hasil dari import agama lain di dunia. Begitu istimewanya etnis asing dimata Indonesia hingga agama mereka disahkan, namun agama lokal malu diakui oleh negara ini.



Bahkan mereka yang menganut kepercayaan lokal, kehidupannya penuh dengan diskriminasi. Hingga ada saja ketika mereka bersekolah, akan susah untuk naik kelas akibat kepercayaan yang dianutnya.

Ketika ada pertanyaan itu, maka jawabannya simple bangsa atau etnis Cina di Indonesia ini memiliki kemampuan, hingga finansial yang dapat mempengaruhi kondisi politik dan ekonomi di Indonesia. Namun disisi lain sering mendapatkan image negatif di masyarakat.



Maka, pemerintah memberikan jalan yang lebih elegan, bahwa mereka diterima di Indonesia. Sehingga, tradisi mereka dan agama mereka pun diakui negara walau yang merayakannya di Indonesia hanya 0,07% sedikit tapi di istimewakan. Jawaban simple ini opsional, mungkin agan punya jawaban lain silahkan isi di kolom komentar.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950... 14-03-2022 00:38
K.Venom
andrerain5
trac0ne
trac0ne dan 26 lainnya memberi reputasi
7
9.7K
333
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.