• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Alasan Kenapa Marvel Cinematic Universe Sukses Besar, Selalu Mendengarkan Fans

cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Alasan Kenapa Marvel Cinematic Universe Sukses Besar, Selalu Mendengarkan Fans


Marvel Cinematic Universe (MCU) telah berada di fase 4 setelah kesuksesan Infinity Saga yang puncaknya terjadi pada tahun 2019 lalu melalui Avengers Endgame. MCU milik Marvel Studios di bawah naungan Disney kini merajai dunia perfilman dari segi pendapatan dengan menjadi franchise film terlaris sepanjang masa sekaligus menjadi film dengan jumlah seri terbanyak dan akan terus bertambah ke depannya.

Kesuksesan Marvel dalam membangun semestanya di film tidak datang begitu saja. Sebelum Iron Man pertama diluncurkan pada 2008 yang lalu, Marvel terancam akan bangkrut dan menjual beberapa lisensi karakternya ke studio lain.

X-Men dan Fantastic Four jatuh ke tangan 20th Century Fox dan Spider-Man ke Sony Pictures. Marvel Studios yang masih punya sisa karakter lainnya di bawah kendali produser Kevin Feige mencoba peruntungan membuat sebuah share-universe. Iron Man (2008) adalah sebuah perjudian besar apakah Marvel berhasil atau justru nyungsep dalam kebangrkutan.

Disutradarai oleh Jon Favreau, Iron Man sukses besar. Menariknya, aktor terpilih yang berperan sebagai Iron Man adalah seorang aktor yang baru saja terkena masalah dan karirnya terpuruk, Robert Downey Jr. Film ini sukses di 2008. Incredible Hulk juga terbilang berhasil walaupun banyak dikritik.

Pada 2009 Walt Disney Company datang untuk membeli Marvel Studios membuat MCU diberikan dana yang melimpah. MCU pun kini berjaya.

Nah, apa ya kira-kira alasan MCU bisa sangat sukses besar seperti sekarang?

1. Pengembangan Karakter

Sebelum masuk ke puncak fase, film-film MCU terlebih dahulu membuat film solonya sehingga pengembangan karakternya akan terasa. Setiap karakter di MCU mempunyai ciri khasnya sendiri dan tidak akan tertukar karena mirip. Tony Stark pria tajir arogan yang tobat, Steve Rogers yang rendah hati dan pemberani, Thor si dewa yang super kuat dengan segala masalahnya, Bruce Banner yang mempunyai masalah dengan emosi, dan masih banyak lagi.

Semakin ke sini MCU karakternya semakin banyak namun juga semakin menarik karena para karakter baru diperkenalkan melalui filmnya sendiri.

2. Plot yang Saling Terhubung dengan Baik


Karena namanya shared-universe, tentu akan ada banyak cerita dan plot yang saling berhubungan satu sama lain. MCU melakukan semuanya dengan baik. Bagaimana cerita Iron Man bisa terhubung dengan Captain America dan Thor dihubungkan dengan SHIELD. Kemudian dihubungkan lagi dengan Ant-Man dan lalu Guardians of the Galaxy. Semuanya terkoneksi dengan rapih tanpa dipaksakan.

Hingga puncaknya di Endgame, semua karakter tampil secara bersama-sama dan memanjakan para penonton.

3. Kekuatan Disney

Tak bisa dipungkiri kalau ada kekuatan Disney di balik kesuksesan MCU. Dengan dana yang melimpah dan sumber daya terbaik, MCU menjadi lebih mudah dibuat oleh semua orang. Kita tahu Disney dikenal sebagai studio yang khusus memproduksi konten yang ramah bagi anak-anak dan keluarga. Hal ini membuat MCU bisa dinikmati oleh semua kalangan usia dari anak-anak sampai dewasa bisa menikmatinya.

Karena kekuatan Disney ini pula, Spider-Man bisa kembali berkat kerja sama dengan Sony. Kemudian tentu saja pembelian 20th Century Fox yang membuat Fantastic Four dan X-Men bisa bergabung ke MCU.

4. Nuansa yang Jelas (Cerah)

Kita sering mendengar kalau ciri khas Marvel adalah cerah, kebalikan dari DC yang gelap. Namun bukan berarti film Marvel tidak serius dan tidak punya bobot. Film-film MCU juga serius dan namun nuansanya cerah dan tidak digelap-gelapkan. Film MCU yang paling gelap adapah Thor: Ragnarok namun nuansanya dibikin lawak. Kalau mana yang benar-benar "gelap" mungkin adalah Infinity War.

5. Villain yang Menarik

Selain protagonis, MCU juga punya villain yang menarik. Mulai dari Loki yang ahli dalam menipu sampai Thanos yang punya motivasi yang unik.

Villain yang lainnya juga tak kalah menarik. Seperti Vulture dalam Spider-Man: Homecoming yang merupakan villain receh yang motivasinya hanyalah uang untuk menghidupi keluarganya.

6. Mendengarkan Fans
Konten Sensitif

Salah satu faktor MCU bisa sukses adalah mau mendengarkan keinginan fans. Seperti memasukan Spider-Man ke MCU sampai menghadirkan pemeran Spider-Man versi lawas ke dalam satu film. Kalau dipikir-pikir itu tadinya adalah impian fans yang kemudian diwujudkan menjadi kenyataan. Kini fans ingin X-Men masuk ke MCU dan pihak studio tengah memprosesnya lewat Multiverse of Madness.

7. Kevin Feige

Ya, orang inilah dibalik kesuksesan MCU. Feige sebagai presiden Marvel Studios diberikan kebebasan oleh Disney dalam berkreasi sehingga menghasilkan film-film yang sesuai dengan keinginan fans. Di sebelah (DC) kita tak menemui orang yang seperti Kevin Feige, yang ada hanyalah keegoisan para petinggi WB.


Nah, gan. Kira-kira apalagi ya faktor yang membuat MCU sukses besar? emoticon-Big Grin

Referensi
emineminna
tiada.tara
kadalgede878445
kadalgede878445 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.