Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
74
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/622c0447e171046442493b4c/saat-rakyat-menderita-jutaan-liter-minyak-goreng-malah-dijual-ke-luar-negeri
KOMPAS.com - Meski sudah berlangsung berbulan-bulan lamanya, masalah tingginya harga dan kelangkaan minyak goreng belum juga terselesaikan hingga saat ini. Hal jadi ironi, mengingat Indonesia adalah negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Bagi rumah tangga, kelangkaan minyak goreng mungkin tak jadi soal karena konsumsinya tak besar. Namun bagi pelaku usaha, terutama kuliner, kelangkaan mi
Lapor Hansip
12-03-2022 09:24

Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...

Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
KOMPAS.com - Meski sudah berlangsung berbulan-bulan lamanya, masalah tingginya harga dan kelangkaan minyak goreng belum juga terselesaikan hingga saat ini. Hal jadi ironi, mengingat Indonesia adalah negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia.

Bagi rumah tangga, kelangkaan minyak goreng mungkin tak jadi soal karena konsumsinya tak besar. Namun bagi pelaku usaha, terutama kuliner, kelangkaan minyak goreng jadi pukulan berat di saat ekonomi sulit. 

Sejumlah kebijakan pengendalian harga minyak goreng di dalam negeri sebenarnya sudah digulirkan sepanjang awal tahun ini. Namun di lapangan, minyak goreng masih dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), di kisaran Rp 20.000 per liter. 

Sesuai HET, harga jual minyak goreng curah di pasaran seharusnya ditetapkan sebesar Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter. HET ini sudah berlaku sejak 1 Februari 2022. 

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi menduga ada oknum-oknum yang berani mempermainkan minyak goreng, sehingga menyebabkan masyarakat masih kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga murah. 

Padahal dia sesumbar, sebenarnya stok minyak goreng yang dimiliki pemerintah cukup bahkan melimpah yang dihasilkan dari penerapan kebijakan DMO (domestic market obligation) dan DPO (domestic price obligation). 

"Ini kita bicara seluruh Indonesia, 390 juta liter ini untuk seluruh Indonesia, per kemarin itu sudah 415 juta liter hanya dalam 20 hari," ujar Lutfi dalam keterangannya dikutip pada Sabtu (12/3/2022). 

Mendag berdalih, kelangkaan minyak goreng disebabkan dua faktor. Pertama kebocoran dari pabrik minyak goreng, dan kedua adalah karena adanya oknum yang menjualnya ke luar negeri secara ilegal. Baca juga: Ironi Negeri Kaya Sawit, Rakyat Saling Dorong Berebut Minyak Goreng 

"Jadi ada yang menimbun, dijual ke industri atau ada yang menyelundup ke luar negeri, ini melawan hukum. Ini akan saya tindak keduanya menurut hukum," tegas Lutfi. 

Meski di lapangan banyak warga saling berebut minyak goreng, mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat ini tetap meyakini, bahwa stoknya sangat melimpah di dalam negeri.

"Kami tegaskan bahwa stok minyak goreng melimpah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ujar Lutfi dikutip dari Antara. 

Minyak goreng langka sejak Januari 

Meski pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berulangkali berjanji bahwa pasokan minyak murah aman dan bisa tersedia di pasar, realita di lapangan menunjukan sebaliknya. Di jaringan minimarket, sejak beberapa pekan terakhir, sangat sulit menemukan minyak goreng program pemerintah. Bahkan, rak yang biasanya menampung minyak goreng, kini lebih sering kosong. 
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
Rak minyak goreng kini lebih sering diisi produk margarin dan minyak kelapa bermerek Barco. Padahal di pintu minimarket, kerap terpangpang jelas pengumuman bertuliskan bahwa toko tersebut menyediakan minyak goreng murah program pemerintah. Setali tiga uang, minyak goreng program pemerintah juga sukar didapatkan di pedagang pasar tradisional, termasuk warung-warung di sekitar pemukiman. 

Kalaupun tersedia, harganya berkisar Rp 20.000 per liter atau jauh di atas HET yang sudah ditetapkan pemerintah. Lantaran susahnya mencari minyak goreng sesuai harga yang dijanjikan pemerintah, banyak warga terutama ibu rumah tangga yang rela antre mendapatkan minyak dalam operasi pasar yang digelar sejumlah pihak. Tak jarang, antrean mendapatkan minyak goreng sesuai harga HET pemerintah berakhir kericuhan. 


Lihat Foto Ratusan warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, kembali berdesakan-desakan dan saling mendorong saat mengantre minyak goreng di depan toko distributor, toko bandung, Jumat ( 11/3/2022) siang.(DEFRIATNO NEKE)


 https://money.kompas.com/read/2022/03/12/084549126/saat-rakyat-menderita-jutaan-liter-minyak-goreng-malah-dijual-ke-luar-negeri?page=2.

Mau ngurus candi IKN, ngurus minyak aja ga becus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
motherparker699 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
19.1K Anggota • 634.1K Threads
Halaman 2 dari 3
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 11:10
Harus hemat kaya @khafidz99 beli minyak 1 liter buat oles oles aja biar awet sampe 6 bulan.
0 0
0
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 11:15
Hapus HET, pasti pasar dalam negeri kebanjiran minyak goreng. emoticon-Cool
profile-picture
Tiebo memberi reputasi
1 0
1
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 11:21
Itu konglomerat penguasa bisnis minyak di indonesia mesti ditekan, sisa2 kedekatan relasi orba
https://money.kompas.com/read/2022/03/11/191134726/ini-5-konglomerat-penguasa-minyak-goreng-ri-yang-diungkap-mendag?page=all

1:wilmar (martua sitorus) Fortune dan Sania
Konglomerasi dengan jumlah produksi minyak goreng terbesar di Indonesia saat ini ditempati oleh Grup Wilmar. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini menyumbang DMO minyak sawit sebesar 99,26 juta liter.
2.Musim Mas Group
Peringkat kedua produsen minyak goreng terbesar di Tanai Air yakni Grup Musim Mas. Bachtiar Karim bersama dengan saudaranya, dan Bahari, adalah pemilik Grup Musim Mas.
3.Eka Tjipta (Filma)
PT Smart Tbk adalah perusahaan produsen minyak yang berada di bawah bendera Grup Sinar Mas yang dimiliki Keluarga Widjaya. PT Smart Tbk menyumbang DMO sawit sebesar 55,26 juta liter.
4.Asian Agri
Di urutan keempat, ada Asian Agri yang dimiliki Royal Golden Eagle International (RGEI) yang dulu dikenal sebagai Raja Garuda Mas. Grup perusahaan ini adalah milik taipan Sukanto Tanoto
5. Permata Hijau
Pemain besar industri minyak goreng di urutan kelima ditempati oleh Grup Permata Hijau. Tercatat, perusahaan ini menyumbang DMO sebesar 21,19 juta liter.
profile-picture
profile-picture
Tiebo dan pamansengkuni memberi reputasi
2 0
2
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 12:08
Yang diekspor keluar negeri itu bukan minyak gorengnya ndroooo...
Tapi crude palm oil (cpo) bahan dasar buat minyak goreng..

Harga cpo nya sendiri juga meningkat tajam beberapa bulan terakhir
Nih lihat...

Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...

Dan yang nentuin harga diatas ini ya pasar dunia.. bukan pemerintah

Pengusaha sawit ya jadi lebih tertarik buat ekspor.. karna cuan nya dalem dollar..

Ditambah lagi banyak spekulan dalam negeri yg timbun minyak goreng karna bisa dapet cuan banyak akibat kelangkaan.. tuh liat di tokped/shopee.. banyak kan yang jual minyak goreng harga 30-40rb?

Salahin siapa? Kadrun ya paling gampang.. tinggal salahin Jokowi..

Wkkwkkwkwk
Diubah oleh rs2006
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 12:38
Kalo memang gak dilarang eksport mau apa ?
0 0
0
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 13:47
Mau ngurus candi IKN, ngurus minyak aja ga becus.

Kemarin ke pasar beli minyak Barco dan Sunco..
Masih tersedia meski harganya naik,lalu apa yg diprotes??
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan Tiebo memberi reputasi
2 0
2
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 14:02
Negara dengan penduduk teebesar ke-4 di dunia, ngurusin polusi suara dari toak n minyak gorengpun tak sanggupemoticon-Cape d...
Diubah oleh Makati2019
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan buncitbubar memberi reputasi
2 0
2
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 14:12
Ulah PDIP lagi nih, dulu waktu masker langka jutaan masker di jual ke luar negeri, sekarang minyak goreng langka juga gitu
profile-picture
buncitbubar memberi reputasi
1 0
1
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 14:16
Intinya... Menteri ini ga bs kerja, kalo soal retorika dia memang jagonya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 14:28
Akibat Negara di kelola bak Perusahaan emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
Tiebo dan buncitbubar memberi reputasi
2 0
2
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 14:51
sumbernya kok beda judulnya?
profile-picture
Tiebo memberi reputasi
1 0
1
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 14:59
Quote:Mendag berdalih, kelangkaan minyak goreng disebabkan dua faktor. Pertama kebocoran dari pabrik minyak goreng, dan kedua adalah karena adanya oknum yang menjualnya ke luar negeri secara ilegal


Mendagri lupa Indonesia pernah kasus BBM premium. Ada barang subsidi dijual ke luar negeri harga normal
profile-picture
Tiebo memberi reputasi
1 0
1
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 15:20
Sebenarnya minyak langka cuma di super market tapi di jalanan banyak dari yang merk terkenal sampe merk gak jelas tapi harga lebih mahal yang merk terkenal 38-40rb yang merk gak jelas 35-37rb
profile-picture
Tiebo memberi reputasi
1 0
1
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 15:24
Pemerentah biadabemoticon-Thread Kacau
0 0
0
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 15:47
Kadrun akan bilang nya begini :
Coba kalo hukumnya pakai hukum islam
Coba kalo negara syariah
Coba kalo presiden nya Anies
Coba kalo presiden nya Rizieq
Coba kalo menteri perdagangan nya Rizal Ramli
Pasti semua beres..
Ya nggak drun? emoticon-Ngakak
emoticon-linux
Diubah oleh rs2006
0 0
0
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 15:47
salah siapa nih emoticon-Bingung
pedagang yg nimbun stok emoticon-Bingung
rakyat yg panic buying emoticon-Bingung
mafia migor yg maen ekspor emoticon-Bingung
babi yg suka beranak pinak emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 16:50
dicari ilmuwan jenius yg mau ber-tandem... punya ide untuk bikin minyak tapi bukan buat menggoreng tapi menghasilkan makanan rebus namun rasa seperti digoreng jadi rendah kalori kolesterol dan minyak tetap jernih bisa dipakai berulang kali.. berapa kali...?? ratusann..... !!! emoticon-Big Grin
0 0
0
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 17:03
kemping depan toko sembako

Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...

era sekarang banyak bocor data, sibuk ikn, kopet, bawa mobil sambil tembak tembakan, BPJS seenak jidat, literasi masih jeblok, minta tunda pemilu pula.

76 tahun merdeka masih kayak gini negara.

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 18:38
Mendag govlok
0 0
0
Saat Rakyat Menderita, Jutaan Liter Minyak Goreng Malah Dijual ke Luar Negeri...
12-03-2022 19:52
minyak ga beres mau 3 periode?? mikirr
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia