ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Tato Digital, Efek Paling Buruk dari Internet


Siapa di sini yang masih ingat Hesti Sundari? Jika masih ingat maka selamat, ingatan Anda tajam. Jika tidak ingat maka coba search namanya di kolom pencari, silahkan, saya beri satu menit untuk mencari tahu siapa dia. Kata kuncinya adalah bunga lily.

Setelah Anda ingat maka coba renungkan hal ini sedikit; kira-kira apa yang akan terjadi pada Hesti jika calon suami atau anaknya di masa depan mengetikkan namanya di kolom pencari dan melihat apa yang dulu pernah dia lakukan? Tentunya dia tak akan bisa menyimpan rahasia tersebut karena seluruh kejadian itu sudah terekam pada lautan data besar bernama internet.



Kejadian itu terjadi sudah 7 tahun yang lalu, Hesti sendiri mungkin sudah benar-benar menyesal akan perlakuannya pada masa itu. Namun, hal itu sama sekali bukan jadi soal, kenyataan bahwa dia pernah melakukan itu tidak akan berubah dan dia tidak akan bisa menutup-nutupi hal itu. Karena itulah hidupnya pastilah amat was-was karena satu pencarian google saja bisa merusak hubungan yang dia buat dengan orang yang baru dia temui.

Bukan hanya hubungan pertemanan, bagaimana jika saat dia mencari kerja ada HRD yang iseng-iseng mencari namanya? Dia bisa dipecat karena masalah masa lalu itu. Suka tidak suka Hesti sudah memiliki tato di tubuhnya, tato berbentuk digital yang tak bisa hilang.



Internet memang banyak sekali gunanya, salah satunya adalah merekam setiap memori dari seluruh dunia. Orang-orang yang dulu pernah melakukan hal hebat akan senang dengan internet, tetapi mereka yang melakukan hal buruk akan terus dihantui ke mana pun mereka pergi.

Tato digital ini memang kejam sekali. Mari ambil contoh beberapa artis yang video bokepnya pernah tersebar di internet. Suatu hari di masa depan saat anak-anak mereka tumbuh besar, mereka akan bisa melihat seperti apa kelakuan ibu mereka dulu. Belum lagi jika teman-teman si anak ikut menonton dan akhirnya seluruh sekolah mengetahui hal tersebut, bisa-bisa kehidupan sekolah si anak akan menjadi neraka.



Dan apa yang bisa si anak lakukan? Tidak ada, tak ada apa pun selain menyalahkan orangtuanya. Dan apa yang bisa orangtuanya lakukan? Tidak ada, tak ada apa pun selain penyesalan. Semua itu ada di sana dan tak peduli berapa milenia terlewat, data itu tidak akan hilang (mungkin).

Jadi, untuk Anda semua yang namanya belum pernah viral dalam artian buruk, tetaplah jaga tingkah laku Anda. Tentunya Anda tak ingin anak Anda di masa depan melihat dosa yang pernah Anda lakukan di masa kini, dan karena itu teruslah berperilaku sopan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
S4ngpecinta
sodiqsiro
pixecute
pixecute dan 11 lainnya memberi reputasi
10
11.3K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.