Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masih Ingat Manusia Transplantasi Jantung Babi Pertama? Ia Telah Meninggal Dunia

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Masih Ingat Manusia Transplantasi Jantung Babi Pertama? Ia Telah Meninggal Dunia
Foto ilustrasi transplantasi jantung babi | onmanorama.com


Hai Agan dan Sista semuanya, semoga kita tetap dalam keadaan sehat dan diberikan rejeki yang berlimpah. Tulisan kali ini membahas tentang manusia pertama di dunia yang berhasil transplantasi jantung babi dinyatakan meninggal dunia, berikut informasi selengkapnya.

Dua bulan yang lalu dunia medis dibuat bangga dengan terobosan baru yaitu transplantasi jantung babi ke manusia, dan operasi ini dinyatakan berhasil karena pasien si penerima transplantasi tersebut selamat dan semuanya berjalan baik-baik saja.

Pada hari Selasa, 9 Maret 2022, pasien meninggal penerimaan transplantasi jantung babi tersebut dinyatakan meninggal dunia. Nama penerima jantung babi tersebut bernama "David Bennett," seorang pria asal Amerika yang tutup usia 57 tahun.

Foto David Bennett bersama dokter bedah yang nentransplantasi | the-sun.co.uk


David Bennett menjalani operasi transplantasi jantung babi karena ia tidak mendapat donor jantung manusia, untuk menyelamatkan nyawanya mau tak mau ia harus menyetujui penggunaan jantung babi yang sudah di modifikasi genetik untuk ditransplantasikan ketubuhnya.

Transplantasi jantung babi ketubuh David Bennett dilakukan pada bulan Januari lalu, meskipun operasi berjalan sukses. Dalam beberapa minggu setelah operasi David Bennett pun mengaku merasa sehat dan tidak ada keluhan terhadap jantungnya.

Kesehatannya David Bennett dikabarkan mulai memburuk beberapa hari yang lalu, namun penyebab dari penyakitnya belum diketahui secara medis apakah karena efek transplantasi jantung babi yang ia terima atau ada penyakit lainnya.

Menurut pengakuan dokter yang menangani mayat David Bennett di pusat medis Universitas Maryland mengatakan, bahwa saat ini tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan kematian David Bennett, dan oleh karena itu hingga saat ini belum diketahui apakah kematiannya ada hubungannya dengan transplantasi jantung yang lalu atau tidak.

Foto David Bennett berbaring di rumah sakit usai operasi transplantasi jantung babi | livescience.com


Pihak rumah sakit juga dikabarkan untuk segera mencari penyebab kematian dan memeriksa apakah kematiannya ada hubungannya dengan transplantasi jantung babi tersebut.

Anak lelaki dari David Bennett menulis sebuah pernyataan “Saya harap ini hanyalah awal dari harapan bagi semua yang menunggu, bukan akhir. Kami juga berharap bahwa pengetahuan yang diperoleh dari transplantasi ini akan membawa manfaat nyata bagi pasien di masa depan dan suatu hari akan mencegah siapa pun dari kematian karena kekurangan organ untuk transplantasi.”

Jadi, kesimpulannya belum bisa dipastikan secara medis apakah kematian disebabkan transplantasi jantung babi atau tidak.

Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya buat bapak David Bennett yang terlebih dahulu menghadap Yang Maha Kuasa, semoga semua amal ibadah beliau diterima dan ditempatkan di sisinya, Amin.



Penulis: Sambelterasi052
Referensi: washingtonpost.com - Patient who received a genetically modified pig’s heart has died, hospital says
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 11-03-2022 00:40
motherparker699
ridwan.safii
evywahyuni
evywahyuni dan 10 lainnya memberi reputasi
9
10.8K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.