Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

larvaclipoffAvatar border
TS
larvaclipoff
Menara Eiffel Sempat Mau " DIJUAL" Oleh Seseorang
Dibalik megah nan menjulangnya menara Eiffel ini ada fakta dan sejarah yang menarik. Berikut adalah fakta dan sejarah singkat seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.



1. Sempat Pernah "Dijual" oleh Penipu

Menara ini sempat ingin DIJUAL oleh penipu bernama Victor Lustig kepada dealer besi tua. Setelah membaca artikel tentang biaya pemeliharaan menara Eiffel yang terlalu tinggi, Lustig pun membuat dokumen palsu dan menipu dealer besi tua untuk memberikannya uang dalam jumlah banyak.

2. Pernah Menjadi Bangunan Tertinggi di Dunia

Dengan ketinggian yang mencapai 300 meter, Menara Eiffel sempat memegang gelar bangunan tertingi di dunia selama empat dekade.Namun Rekornya kini dipatahkan oleh Chrysler Building di New York yang pembangunannya selesai pada tahun 1930.

3. Sepupu dari Patung Liberty

Ketika seorang perancang Patung Liberty meninggal secara tiba-tiba pada tahun 1879, Gustave Eiffel pun dipekerjakan sebagai penggantinya. Ia kemudian merancang sistem rangka penopang Patung Liberty.

4. Hendak Dihancurkan Hitler

Ingin dihancurkan.pada saat Jerman menduduki Prancis saat Perang Dunia Kedua, Adolf Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz untuk menghancurkan Menara Eiffel dan bagian kota Paris lainnya. Untungnya von Choltitz menolak perintah tersebut.

5. Memiliki Tempat Tersembunyi Dalam Menara

Tempat tersembunyi itu adalah Laboratorium meteorologi di lantai tiga Menara Eiffel.di mana Gustave Eiffel membangun dan beberapa ilmuwan Prancis lainnya melakukan berbagai percobaan fisika, aerodinamika, bahkan membangun terowongan angin.

6. Menggunakan 20.000 Lampu di Malam Hari

Menara Eiffel terlihat sangat lebih menakjubkan di malam hari. Hal ini berdasarkan oleh statistik resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 lampu untuk menghiasi langit malam.

Bukan sembarang orang bisa menerbitkan foto Menara Eiffel saat semua lampunya dinyalakan, karena menurut undang-undang Uni Eropa desain pencahayaan ini merupakan karya seni. Fotografer diwajibkan & diharuskan mendapatkan izin dari Société Nouvelle d'Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu.

7. Bisa Tumbuh Saat Musim Panas

Menara Eiffel bisa tumbuh tinggi sekitar 15 cm saat musim panas karena dipengaruhi oleh matahari. Tentu ini tidak mengejutkan karena menara ini seluruhnya terdiri dari metal. Selain tinggi, puncaknya juga bisa bergeser dari matahari hingga 18 cm karena ekspansi termal pada sisi yang menghadap matahari.

8. Dibenci oleh Seniman Prancis

Namun saat ini Menara Eiffel merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat Paris, Menara Eiffel awalnya sempat dibenci oleh seniman-seniman di Paris.Namun pada tahun 1887, 300 seniman menandatangani petisi yang mendeskripsikan Menara Eiffel sebagai "tidak berguna dan mengerikan"

9. Seharusnya Hanya Berdiri Selama 20 Tahun

Menara Eiffel dibangun & dirancang oleh perusahaan milik Gustave Eiffel, Compagnie des Établissements Eiffel. Menara ini dibangun agar menjadi pusat perhatian saat event 1889 World's Fair di Paris.

Menara ini seharusnya dirobohkan pada tahun 1909 atau 20 tahun setelah berdiri. Tetapi dikarenakan menara ini memiliki antena radio yang berguna, pemerintah Paris mengurungkan niatnya untuk membongkar Menara Eiffel.

#menaraeiffel #dijual #paris
Diubah oleh larvaclipoff 25-12-2019 16:12
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 2 lainnya memberi reputasi
3
451
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.