Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Memahami Makna "Kesabaran Ada Batasnya" Versi Saya


[ HT# 963 ]

Pergaulan di kehidupan sesama manusia memang selalu beragam, tidak melulu soal harta, tahta, wanita, dunia tapi yang sering orang lupakan adalah memotivasi untuk mewujudkannya.

Karena orang cenderung menilai proses akhir seseorang saja. "Dia sih enak, rumah ada, motor-mobil punya, tiap minggu jalan-jalan!". Mereka tidak tahu untuk mendapatkan itu semua seseorang melakukan banyak pengorbanan, kalau perlu kepala jadi kaki-kaki jadi kepala. Dan sekarang tinggal menikmati hasilnya.

Mereka yang cuma melihat hasilnya timbulah rasa iri dan dengki, terjadi permusuhan antar tetangga, antar level, antar jabatan dan seterusnya. Sampai-sampai orang yang terbiasa jujur yang 'sudah lelah berjuang' pun lama-lama teracuni dengan bisikan-bisikan negatif, si A pakai perewangan atau pesugihan.

Mereka yang sudah lelah, kesabarannya semakin menipis, dijalan pun akhirnya mudah terjadi gesekan, awal mulanya tertib dan sabar lama-lama hilang kesabaranya. Saling pepet, saling sikut, saling salip dan saling tabrak lalu terjadi adu ribut dan perkelahian ditengah jalan, bikin suasana jalan makin macet. Semua ikut stress.



Jargon "Kesabaran ada batasnya", memang benar tapi banyak yang kurang tepat memahami makna tersebut, umumnya makna kesabaran ada batasnya dianggap sebagai batas habis kesabaran sampai di titik 0 (nol) kemudian bertindak emosional sampai anarkis.

Kalau versi saya perlu ada tambahan satu lagi dalam memaknai arti kesabaran ada batasnya; seharusnya justeru untuk memotivasi dan mengubah mind set kita agar bergerak serius melakukan perubahan hidup.

Hidup bertahun-tahun tidak ada perubahan, umur makin tua, setiap hari makan nasi keras, tiap hari dilecehkan, tiap hari gali lobang tutup lobang, tiap hari melakukan hal sia-sia, tiap hari hanya melihat orang senang, cuma meratapi nasib. Lalu kapan kita bisa bahagia dan sukses seperti mereka? Lakukan perubahan dari hal kecil dulu!

Kesabaran ada batasnya; versi saya adalah melakukan perubahan hidup dari detik ini melangkah lebih cepat dan melompat lebih tinggi agar bisa mewujudkan impian kita, bisa kaya dan bahagia seperti mereka.

Bukan malah memaknai kesabaran ada batasnya tapi hanya jalan ditempat, yang ada kembali lagi ke pemikiran yang kerdil, bersumbu pendek, mudah dihasut, dan enteng menghasut.

Semoga kita menjadi bagian dari orang yang semangat untuk merubah hidup lebih baik dengan proses yang jujur, bijakasana, rendah hati, dan bermental pejuang.

Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. ( QS: Ar Ra’du ayat 11).

Selamat hari Jumat berkah. Aamiin Allahumma Aamiin (Ya, Allah SWT kabulkanlah doaku).




Sebuah opini
Img. Freepik, Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 05-03-2022 14:01
Aramina
SpecialCOM
asamboigan
asamboigan dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3.2K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.