Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diesviAvatar border
TS
diesvi
Ini Daftar Kekejaman KKB di Papua Kurun Waktu 2018-2022
Sebanyak delapan karyawan PT. PTT (Palapa Timur Telematika) meninggal dunia akibat diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat melakukan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, pada 2 Maret 2022 lalu.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga menyayangkan insiden pembunuhan keji tersebut. Untuk kesekian kalinya tindakan brutal KKB terus terulang.

Terlebih lagi kekejaman di luar nalar dan akal sehat dengan mengabaikan rasa kemanusiaan dan hak asasi manusia (HAM) dengan dalih merasa teraniaya dan ingin merdeka serta hidup mulia. Tapi, kenyataannya malah memperpanjang penderitaan masyarakat Papua.

“Sudah tidak terhitung berapa kali KKB telah melakukan aksi kekejamannya, baik merudapaksa dan membunuh masyarakat sipil yang tidak berdosa. Guru, tenaga pengajar, dan tenaga kesehatan pun jadi korban sampai hilang nyawa,” ujar Aqsha kepada wartawan, Sabtu (5/3).

“Belum lagi menyerang, menembak, dan membunuh aparat keamanan TNI-Polri yang sedang bertugas mengabdi untuk rakyat Papua,” tambahnya.

Aqsha menambahkan, KBB juga sering berulah dengan membakar dan merusak fasilitas umum mulai sekolah, Puskesmas, fasilitas lainnya serta barang-barang milik pribadi masyarakat setempat. Padahal pemerintah daerah dan pemerintah pusat terus melakukan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah Papua. Namun, semua terus saja dirusak oleh KKB.

“Namun, semua dikacaukan dengan melancarkan aksi biadabnya dan sadis menghilangkan nyawa manusia yang bukan dari kelompoknya, bahkan membanggakan diri atas perbuatannya yang telah membunuh sesama manusia, menghilangkan nyawa manusia dengan ringannya serta tidak ada rasa cinta kasih Tuhan di dalam hati mereka,” kata Aqsha.

Pelanggaran HAM berat terus dilakukan oleh KKB. Nyawa begitu mudah dihilangkan. Perbuatan ini sejak dulu dilakukan, bahkan dengan bangganya memamerkan kekejamannya.

“KKB telah mengabaikan kasih Tuhan yang dianugerahkan kepada manusia. Para tokoh dan semua elemen masyarakat berharap kepada gerombolan KKB agar sadar dan insaf menjalani kehidupan beragama, hidup dengan kasih cinta damai tanpa kekerasan, hidup dengan aman dan nyaman, membangun Papua secara humanis untuk kesejahteraan seluruh masyarakat yang berada di wilayah Papua. Sadar, sadarlah,” harap Aqsha.

Berikut ini adalah rangkuman daftar kekejaman dan kesadisan yang dilakukan oleh KKB sejak 2018 sampai 2022 terhadap warga sipil di Papua.

– 16 Febuari 2018: KKB menembak Mobil LWB di Mil 61 Timika, mengakibatkan 1 Karyawan PT KPI Luka luka.

– 22 Maret 2018: KKB menembak pesawat Dimonim Air di Bandar Udara Kenyam, Kab. Nduga, 1 orang Co Pilot mengalami Luka-luka.

– 24 Maret 2018: KKB melakukan pembakaran terhadap bangunan sekolah SD, SMP dan Rumah Sakit di Banti, tidak ada korban jiwa.

– 13 April 2018: KKB menyandera, merampok, dan merudapaksa guru di Arwanop Tembagapura, 8 orang guru menjadi korban penganiayaan.

– 25 Juni 2018: KKB menembak Pesawat Trigana Air di Bandara Kenyam, Kab Nduga, mengakibatkan 1 orang pilot mengalami luka-luka, 3 orang meninggal, dan 1 anak kecil luka bacok.

– 2 November 2018: KKB melakukan penembakan terhadap warga sipil di Kampung Popome, Distrik Mokoni, Kab Lanny Jaya, mengakibatkan 1 orang sipil tukang ojek meninggal dunia

– 12 Nov 2018: KKB kembali serang tukang ojek di Kampung Yiwili, Distrik Wiringgambut, Kabupaten Lanny Jaya, mengakibatkan 1 orang tukang ojek terluka.

– 1-6 Desember 2018: KKB membantai pekerja Istika Karya (pekerja proyek jembatan Kali Yigi-Kali Aurak) di Jalan Trans Papua Distrik Yigi, Kab Nduga dan menyerang Pos TNI di Mbua, mengakibatkan 15 orang sipil meninggal dunia, 1 selamat, 3 terluka tembak, sedangkan prajurit TNI 1 meninggal dunia dan 1 terluka, serta pelaku dari KKB 1 Tewas.

– 28 Januari 2019: KKB menyerang dan menembak rmbongan Bupati Nduga di di Mapenduma.

– 6 Februari 2020: KKB membakar kios warga dan alat berat Distrik Sugapa Intan Jaya.

– 27 Maret 2020: KKB menyerang Koramil Persiapan di Distrik Hitadipa Intan Jaya, tidak ada korban jiwa.

– 19 Mei 2020: KKB menyerang prajurit TNI di Kampung Mbamogo Distrik Homeo Intan Jaya, tidak ada korban jiwa.

– 22 Mei 2020: KKB menembak petugas medis yang akan melaksanakan tugasnya demi masyarakat dengan mensosialisasi Covid-19 di Distrik Wandai Intan Jaya.

– 29 Mei 2020: KKB menembak masyarakat sipil tidak berdosa di Magataga tanpa sebab.

– 15 Agustus 2020: KKB menembak tukang ojek yg tidak berdosa di Intan Jaya tanpa sebab.

– 18 Agustus 2020: KKB membakar alat berat di Intan Jaya yang mengakibatkan sejumlah escavator terbakar.

– 14 September 2020: KKB menembak 2 tukang ojek di Distrik Sugapa Intan Jaya tanpa sebab.

– 17 September 2020: KKB melakukan penganiayaan terhadap masyarakat sipil di Kampung Bilogai distrik Sugapa, Kab. Intan Jaya.

– 18 September 2020: KKB menembak pesawat di Kab. Intan Jaya.

– 8 April 2021: KKB pimpinan Nau Waker membakar tiga sekolah yakni SD, SMP dan SMA di wilayah Kampung Julukoma, Distrik Boega, Kab. Puncak, Provinsi Papua. Aksi teror ini dilakukan sore hari setelah pada paginya menembak mati seorang guru SD yang punya tugas mulia mencerdaskan anak generasi penerus Papua.

– 17 April 2021: KKB secara biadab merudapaksa belasan gadis di Beoga, Kabupaten Puncak.

– 4 Juni 2021: KKB menembak mati 5 warga Puncak. Tiga di antaranya yakni Kepala Kampung Niporolome Patianus Kogoya, Petena Murib (perempuan), dan Nelius Kogoya.

– 2 September 2021: KKB membunuh dua pekerja yang sedang membangun jembatan di Sungai Brazza, Kampung Kribun, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

– 15 September 2021: KKB menganiaya 6 tenaga kesehatan di Kiwirok Pegunungan Bintang, mengakibatkan 4 orang di antaranya luka-luka, 1 orang tewas, dan 1 dinyatakan hilang.

– 5 Februari 2022: KKB menembak prajurit TNI Prada Giyade Ramadhani Fattah personel Satgas Kodim Yonif PR 328/DGH di Pos Titigi, Distrik Sugapa, Kab. Intan Jaya mengakibatkan luka tembak di bagian paha kanan tembus ke belakang.

– 19 Februari 2022: KKB melakukan penembakan anggota Kopasgat TNI AU di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kab. Puncak yang mengakibatkan Praka Firmasnyah tertembak dan luka di bagian bahu. Serta penembakan karyawan PT. Martha Tunggal Teknik (MTT) mengakibatkan 1 orang atas nama GM tertembak di bagian ketiak.

– 20 Februari 2022: Saat berlangsung kegiatan ibadah Minggu, KKB membakar pemukiman penduduk tidak berdosa di Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Papua.

– 2 Maret 2022: KKB membunuh karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) yang sedang menjalankan tugas untuk pembangunan masyarakat Papua. Mengakibatkan 8 orang karyawan terbunuh. Lokasi di Kampung Beoga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak berjarak sekitar 20 km dari lokasi penembakan prajurit TNI Pratu Heriyanto.

– 3 Maret 2022: KKB menyerang dan menembak aparat TNI Satgas Kodim Yonif R 408/SBH di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak yang sedang memperbaiki saluran air hingga mengakibatkan Prajurit TNI Pratu Heriyanto tertembak di bagian leher.


sumber : https://news.batampos.co.id/ini-daft...ktu-2018-2022/
priakuta
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan priakuta memberi reputasi
2
911
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.