pilotugal2an541Avatar border
TS
pilotugal2an541
Rasisme Media Barat dalam Peliputan Invasi Rusia ke Ukraina
Krisis rusia ukraina | 28 Februari 2022 | 18:06 WIB


Ilustrasi. Pengungsi Ukraina memasuki daerah Przemysl, Polandia pada Sabtu (26/2/2022). Dalam peliputan invasi Rusia ke Ukraina, tak sedikit media Barat yang meloloskan komentar rasis. (Sumber: Petr David Josek/Associated Press)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Invasi Rusia ke Ukraina adalah peristiwa besar yang menyedot perhatian media-media internasional. Namun, sayangnya, tak sedikit media Barat yang meliput isu ini dengan sudut pandang seorang rasis.

Sebagaimana diwartakan Middle East Eye, koresponden Barat tak jarang meliput konflik di Ukraina sembari menyinggung konflik bersenjata di Timur Tengah.

Umumnya, mereka menunjukkan keterkejutan karena konflik meletus di Eropa yang “lebih beradab” dibanding yang lain.

“Mereka terlihat seperti kita. Itulah yang membuat ini sangat mengejutkan,” tulis jurnalis dan mantan politikus Konservatif Inggris Raya, Daniel Hannan, dalam kolomnya untuk The Telegraph.

“Ukraina adalah suatu negara Eropa. Rakyatnya menonton Netflix dan punya akun Instagram, memilih dalam pemilu yang bebas dan membaca surat kabar tanpa sensor. Perang tidak lagi sesuatu yang menimpa populasi terpencil dan melarat. Itu bisa terjadi pada siapa saja,” tulisnya.

Sementara itu, koresponden senior CBS News, Charlie D’Agata, mengucapkan komentar rasis saat melakukan siaran langsung di Kiev.

“Ini bukanlah tempat, dengan segala hormat, yang seperti Irak atau Afghanistan yang telah melihat konflik berkobar selama berdekade-dekade,” kata D’Agata.

“Ini (Ukraina) relatif beradab, relatif Eropa—saya harus memilih kata-kata ini dengan hati-hati—kota yang mana kamu tidak akan menduga (perang) akan terjadi, atau berharap bahwa itu (perang) akan terjadi."


D’ Agata kemudian meminta maaf.

kompas.tv

udah jadi wartawan tapi lupa update otak
Diubah oleh pilotugal2an541 28-02-2022 16:06
skull18
bukan.bomat
cantona78
cantona78 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
3.1K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.