dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Duta Besar Ukraina Tak Senang Cina Dukung Moskow
Duta Besar Ukraina Tak Senang Cina Dukung Moskow

Sabtu, 5 Maret 2022 10:30 WIB




X


Vasyl Hamianin, Duta Besar Ukraina di Jakarta, dalam sebuah wawancara khusus dengan Tempo, Jumat, 4 Februari 2022. Sumber: TEMPO

TEMPO.CO, JakartaDuta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, blak-blakan terkait sikap Cina yang memilih mendukung Moskow dalam invasi Rusia ke Ukraina. Hamianin mengaku tidak senang dengan sikap Cina yang cenderung terlalu dekat dengan Moskow. 

Akan tetapi, dia melihat Beijing pun tampak sedikit menjaga jarak dan sedikit untuk terlibat secara langsung, karena tidak mau terdampak secara finansial.
 
"Saya tidak mengharapkan apa pun dari Cina. Seperti, dalam hal tekanan (krisis) ini. Namun, saya pikir mereka berbicara banyak tentang bahwa Cina adalah negara yang sangat peduli dengan kepentingan nasional. Mereka tidak peduli dengan orang Rusia," kata Hamianin dalam wawancara khusus dengan Tempo di kantornya, Jumat, 4 Maret 2022. 
 
Dalam kesempatan itu, Hamianin juga membenarkan adanya kerja sama penting antara negaranya dan Cina dalam bidang teknologi militer. Hamianin menyebut Cina memang pernah berbisnis di bidang itu dengan Ukraina. Di antarnya, transaksi kapal selam dan komponen mesin yang biasa digunakan untuk memproduksi pesawat atau helikopter.
 
 
"Mungkin ada juga, seperti misil, yang tentu baik. Ada juga perangkat, semacam self-targeting device. Kecil, tapi krusial, mereka mengimpor dari Ukraina," kata Hamianin 
 
Konvoi tank Rusia yang bergerak menuju Kyiv, Ukraina, 3 Maret 2022. Kementerian Pertahanan Rusia merilis video yang menampilkan deretan kendaraan militer Rusia berjalan menuju Ibu Kota Ukraina. Russian Defence Ministry/Handout via REUTERS
 
 
Hamianin menjelaskan Cina tidak begitu bergantung pada Ukraina soal teknologi militer ini. Begitu juga dalam bidang lainnya. Ukraina dan Cina tidak terikat apapun, hanya kerja sama internasional biasa. 
 
 
"Kerja sama kita (terutama), itu lebih kepada produk pertanian. Biji-bijian dan semacamnya. Dan mereka juga tidak bergantung pada ini. Jadi, itu hanya kerja sama antar teman, yang lumrah saja," ujar Hamianin.
 
 
  
Sebelumnya, analis di bidang militer mengungkap peran strategis Ukraina sebagai pemasok penting baik teknologi, peralatan dan sumber daya manusia untuk pengembangan peralatan militer, hingga jet tempur Cina. Dukungan Cina kepada Rusia dalam konflik saat ini, dinilai akan makin mempersulit hubungan dagang kedua negara.

https://dunia.tempo.co/read/1567334/...w/full&view=ok
nomorelies
muhamad.hanif.2
viniest
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
5
2.5K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.