cintadineAvatar border
TS
cintadine
Inilah Alasan Kenapa ANTV Seolah Jadi TV Negara India


Ane yakin sebagian besar Kaskuser di sini sudah jarang nonton tv dan lebih sering nonton Youtube, Netflix, Disney Plus dan juga yang lainnya. Tapi biar pun begitu masih tetap ada yang "mendengar" tv atau terpaksa menonton tv karena anggota keluarga seperti orang tua atau istri masih suka nonton acara di tv.

Di antara banyaknya stasiun tv di Indonesia salah satunya adalah antv sebagai salah satu stasiun tv swasta angkatan pertama di Indonesia. Lantas, pernahkah agan bertanya kenapa antv terus-terusan menayangkan serial India dari pagi sampai malam? Ya, antv sudah melakukannya sejak tahun 2014 yang lalu atau sejak serial Mahabharata saat itu mendapatkan rating yang cukup tinggi.

Menariknya, kini antv adalah satu-satunya tv Indonesia yang menjadi rumahnya serial India. Jika dibandingkan dengan tahun 2000an, program antv memang lebih berwarna dan berbeda dengan sekarang. Lalu, kenapa bisa demikian?

1. Karena Rating Tetap Tinggi


Tentu saja alasan yang pertama adalah rating yang tinggi dan mendatangkan banyak iklan. Tidak mungkin antv melakukan itu kalau tidak mendapatkan keuntungan yang banyak. Memang, rating serial India di antv tidak setinggi sinetron-sinetron yang ada di RCTI tapi tetap cukup tinggi dan mendatangkan keuntungan bagi antv.

Sebenarnya, antv juga tidak full menayangkan India sampai malam karena toh ada sinetron Indonesianya juga.

2. Episodenya Panjang


Serial India dan sinetron Indonesia itu seperti saudara kakak beradik, sama-sama bertele-tele dan episodenya juga sangat panjang. Ratusan episode. Menguntungkan sekali bagi antv untuk menayangkannya setiap hari dan lama tamatnya. Satu judul bisa sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Ya, sama seperti sinetron Indonesia. Mungkin karena selera orang India dan Indonesia itu mirip kalau soal sinetron.

3. Harga Murah


Serial India tidak sepopuler Drama Korea apalagi series barat, antv membeli hak tayang dari India dengan harga yang murah meriah dan mendapatkan keuntungan dari iklan karena rating yang cukup tinggi. Buat apa membeli yang mahal kalau beli yang murah bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi? Itulah kunci dari yang namanya bisnis.

4. Malas Bikin Acara Sendiri


Dulu antv cukup sering memproduksi acara sendiri, kini semakin jarang karena mungkin membutuhkan ongkos produksi yang cukup tinggi dan ratingnya tidak menjamin akan tinggi. Kalau pun membuat sendiri ya paling seperti Karma yang dulu sempat booming di tahun 2018. Mengimpor serial India lebih mudah daripada harus bikin acara sendiri.

5. Segmen Ibu-ibu penggemar India


Alasan nomor lima tentu saja karena antv memang mengkhususkan target pemirsanya para ibu-ibu yang doyan sinetron khususnya serial India. Karena antv sadar segmen anak muda milenial dan gen z sudah beralih ke digital dan lebih banyak yang nonton web series ketimbang tv. Ya, antv hanya memanfaatkan segmen yang masih ada sebagai pemirsa tv konvensional.

Nah, gan. Gimana nih komentarnya? emoticon-Big Grin

Quote:
EriksaRizkiM
orangemonkey
provocator3301
provocator3301 dan 22 lainnya memberi reputasi
19
13.4K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.